Tips Meningkatkan Teamwork di Lingkungan Kerja

tips meningkatkan teamwork adalah

Dalam dunia kerja, kemampuan kerja tim (teamwork) sangat dibutuhkan dan penting sekali keberadaannya. Bagaimana cara mengembangkan skill teamwork agar dapat menciptakan lingkungan kerja yang baik? Ini tipsnya!

Nah, kamu juga harus memiliki kemampuan kerja tim yang baik jika ingin terjun ke dalam dunia kerja dan memiliki karir yang bagus.

Buat yang belum bisa membangung kemampuan kerja tim yang baik, jangan khawatir karena artikel ini akan menjelaskan caranya ke kamu. 

Yuk, langsung saja simak dulu penjelasan tentang apa itu teamwork.

Apa itu Teamwork?

Kemampuan kerja tim (teamwork) adalah salah satu soft skill yang bisa menunjang kinerja saat bekerja. 

Mengapa demikian? Hal ini karena meski kamu memiliki hard skills yang sangat baik, tetap saja kamu tidak bisa melakukan pekerjaan semuanya dengan sendirian. 

Jadi, apa itu teamwork? Teamwork adalah suatu kemampuan untuk mendengarkan, berkomunikasi, dan melaksanakan pekerjaan secara terkoordinasi.

Baca juga: Tips Mengembangkan Critical Thinking (Berpikir Kritis)

Pentingnya Teamwork di Dunia Kerja

tips meningkatkan teamwork adalah 3

Nah, setelah kamu tahu apa itu teamwork, kamu juga harus tahu betapa pentingnya kerja tim dalam dunia kerja. 

Berikut ini adalah sejumlah manfaat atau pentingnya kerja tim untuk kinerja kamu. 

1. Bekerja lebih efektif

Manfaat pertama yaitu kamu bisa bekerja dengan tim menjadi lebih harmonis dan efektif. Dengan demikian, suasana kerja menjadi lebih kondusif. 

Mengkomunikasikan pendapat, masalah, dan kesulitan lainnya terkait pekerjaan dengan rekan tim pun menjadi lebih mudah, sehingga pekerjaan kamu bisa selesai lebih cepat. 

2. Mendapatkan lebih banyak ide

Meskipun kamu lebih suka bekerja sendirian, bekerja dengan orang lain membuat kamu bisa mendapatkan lebih banyak ide untuk menyelesaikan suatu masalah. 

Melakukan diskusi dengan tim kerja juga bermanfaat untuk meningkatkan kreativitas dan kemampuan untuk memecahkan suatu masalah. 

Proses pemecahan masalah pun menjadi lebih cepat dan mudah jika kamu bertukar pikiran dengan rekan kerja kamu lainnya. 

Oleh karena itu, teamwork sangat bermanfaat dalam dunia kerja. 

3. Bisa mengandalkan satu sama lain

Bekerja tidak selalu mulus tanpa hambatan, kadangkala kamu akan menemukan kesulitan ketika melakukan pekerjaan. 

Nah, di masa sulit inilah teamwork bisa membantu meringankan beban kamu dengan mengandalkan rekan-rekan kerja. 

Baca juga: Perbedaan Keterampilan Interpersonal dan Intrapersonal, Apa Saja?

10 Skill Teamwork yang Harus Dikuasai

Nah, karena kamu sudah tahu apa itu teamwork dan pentingnya teamwork, maka selanjutnya ketahui juga skill apa saja yang perlu kamu kuasai untuk membangung kerja tim yang bagus.

1. Komunikasi tim

Kemampuan pertama yang harus kamu miliki yaitu kemampuan komunikasi tim yang baik. 

Komunikasi tim yang baik adalah komunikasi yang bisa meningkatkan efisiensi teamwork dan kualitas kerja seseorang. 

Nah, maka dari itu kamu dan rekan kerja harus memiliki komunikasi yang baik, baik itu secara lisan maupun tulisan.

2. Tanggung jawab

Kemampuan selanjutnya yang juga harus dimiliki untuk meningkatkan kerja tim yaitu tanggung jawab. 

Jika kamu bisa mendistribusikan tanggung jawab kepada setiap anggota tim atau rekan kerja, maka hal ini bisa  meningkatkan teamwork secara efektif.

Nah, kemudian akan tercipta keinginan untuk dapat membuktikan yang terbaik dari setiap individu, sehingga perusahaan pun dapat mencapai keberhasilan dengan lancar dan lebih mudah.

3. Kejujuran sesama rekan kerja

Kejujuran juga merupakan salah satu unsur kemampuan yang harus kamu miliki jika melakukan kerja tim. 

Jadi, kamu dan rekan kerja atau anggota tim harus memiliki sikap jujur. Hal ini berfungsi untuk menyampaikan setiap ketidaknyamanan yang dirasakan sehingga bisa didiskusikan secara transparan. 

Oleh karena itu, apapun yang terjadi, kamu dan rekan kerja harus bisa mengkomunikasikan hal tersebut dengan jelas dan transparan demi terbentuknya teamwork yang lebih baik.

4. Mendengarkan dengan baik

Kemampuan mendengar yang baik juga harus kamu miliki karena setiap diskusi yang terjadi harus dilakukan secara dua arah. 

Jadi, setiap anggota tim atau rekan kerja harus bisa saling mendengar dan berbicara. Dengan demikian, maka akan tercipta bentuk kerja tim yang solid dan harmonis.

Baca juga: 7 Tips Jitu Membangun dan Meningkatkan Skill Leadership

5. Empati kepada anggota tim

Memiliki sikap empati kepada rekan kerja juga salah satu kemampuan yang harus kamu miliki jika ingin membentuk kerja tim yang baik. 

Bersikap empati berarti bisa bisa memahami perasaan setiap anggota tim dan tindakan rekan kerja. 

Nah, jika kamu bisa memahami hal tersebut, maka akan menciptakan metode pendekatan paling baik untuk membentuk kerja tim yang kompak.

6 Kolaborasi ide

Dalam dunia kerja, kamu dan reka kerja kamu tidak boleh bersikap egois. Jadi, setiap individu harus bisa paham apa maksud dari saran dan ide rekan kerjanya. 

Maka dari itu, kamu harus punya kemampuan kolaborasi ide yang baik jika ingin meningkatkan kualitas kerja tim. 

7. Rendah Diri

Memiliki sikap rendah diri juga penting untuk menghindari perasaan menjadi yang paling baik diantara anggota tim lainnya. 

Mengapa demikian? Hal ini karena sebuah tim terbentuk dengan tujuan untuk bisa saling bersinergi dan bekerjasama. 

Sebuah tim dibentuk bukan untuk saling memamerkan kemampuan yang dimiliki satu sama lain. Dengan demikian, kamu bisa tahu apa makna dari apa itu teamwork. 

Baca juga: Apa itu SWOT? Ketahui 4 Cara Analisis SWOT Diri Sendiri

8. Semangat teamwork

Setiap manusia memang terlahir sebagai makhluk sosial. Artinya adalah manusia tidak bisa hidup sendiri dan pasti membutuhkan bantuan orang lain.

Nah, konsep tersebut juga berlaku dalam sebuah perusahaan. Jadi, tidak ada individu yang bisa bekerja tanpa bantuan atau kerja sama dengan orang lain. 

Oleh karena itu, penting untuk memiliki semangat teamwork  yang tinggi agar tujuan perusahaan juga tercapai sesuai harapan. 

9. Saling menghargai

Sifat saling menghargai juga salah satu kemampuan penting yang harus kamu miliki untuk menciptakan teamwork yang baik dalam suatu divisi atau perusahaan. 

Kamu harus memiliki sifat saling menghargai khususnya ketika ada rekan kerja yang  mengutarakan suatu opini.

Jika kamu atau rekan kerja tidak bisa menghargai hal yang diutarakan oleh rekan lainnya, maka tingkat kepercayaan antar tiap anggota pun akan menurun, sehingga teamwork pun tidak akan solid.

10. Sabar

Memiliki sifat sabar juga berfungsi untuk meningkatkan kerja tim. 

Sebagai contoh, ketika ada anggota tim yang melakukan kesalahan, maka kamu tidak menghakiminya tanpa memberikan penjelasan. 

Nah, buat kamu yang sedang mencari lowongan pekerjaan yang sesuai dengan minat dan bakat atau ingin menilai kemampuan diri sendiri, maka kunjungilah Ekrutes.id.

Ekrutes.id menyediakan layanan Job Portal yang berisi  lowongan pekerjaan dengan menggunakan sistem terbaik dan tes asesmen yang bermanfaat untuk menilai kemampuan diri kamu. 

Apa itu Ekrutes.id? Nah, buat yang belum tahu, Ekrutes.id merupakah perusahaan di bidang digital talent management platform

Ekrutes.id juga platform yang memiliki jasa lainnya seperti psikotes online. 

Sekarang kamu juga dapat mengunduh aplikasi Ekrutes.id di Play Store, lho! Yuk, buruan download aplikasinya dan dapatkan informasi lowongan pekerjaan dan layanan menarik lainnya. 

Sekian penjelasan tentang apa itu teamwork, manfaat, dan cara membangunnya. Semoga artikel ini bermanfaat buat kamu. 

Leave a Reply

Your email address will not be published.