17 Deretan Soft Skill yang Mempengaruhi Kesuksesan Karirmu

soft skill adalah

Kemampuan soft skill identik dengan keterampilan sosial, kecerdasan sosial, komunikasi, dan kemampuan beradaptasi dengan lingkungan kerja dan kehidupan sosial.

Keahlian ini bisa memperlihatkan bagaimana cara orang bersosialisasi dan berinteraksi dalam dunia kerja.

Jadi seperti apa contoh kemampuan yang perlu dipelajari demi mencapai kesuksesan dalam berkarir?

Berikut ini adalah 17 daftar soft skill yang perlu diasah demi kesuksesan karirmu, antara lain:

1. Memiliki kesadaran diri

Mempunyai kesadaran diri itu berarti seseorang tahu letak kekurangan dan kelebihannya.

Ketika seseorang memahami hal tersebut, mereka bisa melangkah lebih jauh demi kesuksesan karirnya.

Kemampuan seperti ini akan membuatmu tidak hanya berlari di  satu tempat, namun segera menemukan solusi kelemahan yang bisa membuatmu menjadi semakin berkembang.

2. Memiliki sopan santun 

Orang yang pintar tidak akan ada artinya bila mereka tidak punya sopan santun saat di depan orang lain.

Bersikap sopan lebih baik daripada hanya memiliki ilmu tinggi saja.

Orang bisa lebih menghargai orang lain, termasuk yang lebih tua darinya meski gelarnya tinggi.

Soft skill seperti ini sangat dibutuhkan untuk membuat seseorang bisa menangani tugas di kantor dengan baik.

Selain itu, sikap seperti ini akan membuat seseorang menjadi tidak sombong meski mungkin mereka lebih pintar dari yang lainnya.

3. Memiliki empati termasuk soft skill penting

soft skill

Empati adalah sikap terpenting ketika sudah memasuki dalam dunia kerja.

Karena itu akan membuatmu bisa membaca situasi dengan baik.

Sehingga kamu bisa beradaptasi terhadap lingkungan, terhubung dengan baik bersama orang lain, dan membangun kepercayaan diri yang lebih tinggi.

4. Memiliki kecerdasan secara emosional

Tidak hanya harus memiliki kecerdasan intelektual saja, namun setiap orang harus punya kecerdasan secara emosional.

Itulah kenapa banyak perusahaan selalu memberikan tes psikotes untuk mengetahui kecerdasan intelektual dan kestabilan emosi para calon karyawannya.

5. Selalu berpikir positif dan memiliki rasa ingin tahu tinggi

Selalu berpikir positif dan punya rasa ingin tahu yang tinggi juga termasuk soft skill yang perlu diasah dengan baik.

Sehingga kamu tidak hanya stuck disitu saja dalam meniti karir.

6. Mau mendengarkan 

Tidak semua orang mau menjadi pendengar aktif. Kebanyakan orang hanya ingin didengarkan tanpa mau mendengarkan.

Padahal bila kamu mau mendengarkan orang lain, itu akan membuatmu bisa mempelajari sesuatu dari orang tersebut.

Itulah kenapa sikap ini dibutuhkan perusahaan supaya bisa terbentuk kerja sama tim dengan baik demi kemajuan perusahaan.

7. Rendah hati merupakan salah satu soft skill penting

Sayangnya banyak lulusan baru seringkali bersikap angkuh saat baru saja diterima kerja.

Itulah kenapa sikap rendah hati para calon karyawan itu dibutuhkan oleh perusahaan.

Jadi jangan heran bila kamu bersikap rendah hati, pasti memiliki peluang diterima yang lebih besar oleh perusahaan.

Bila perlu tanyakan pendapat yang lain sebelum memberi pendapat.

Baca juga: 6 Tips Mencari Kerja untuk Fresh Graduate Paling Ampuh

8. Memiliki keterampilan dalam berkomunikasi

Keterampilan dalam berkomunikasi secara profesional itu termasuk cara berbicara dengan bijak, cerdas, mau mendengarkan orang lain dengan sungguh-sungguh, dan bisa menjadi tim yang memiliki jiwa kepemimpinan.

Bahkan bila lulusan baru memiliki soft skill yang kritis dan bisa memecahkan masalah dengan baik, itu bisa memberi poin plus untuknya supaya berpeluang diterima di sebuah perusahaan.

9. Bisa memberikan pemecahan terhadap masalah dengan kreatif

Setiap hari kita selalu dihadapkan dengan masalah. Bagi calon karyawan yang akan melamar, kamu perlu menjadikan masalah sebagai peluang.

Kamu harus berpikir bahwa setiap permasalahan pasti bisa diselesaikan.

Jadi perlihatkan potensi tersebut kepada perekrut dan manajer bahwa kamu bisa memecahkan masalah dengan baik menggunakan cara yang kreatif.

10. Loyalitas

Merasa tergoda dengan banyak pilihan karir yang menarik adalah hal yang wajar.

Maka dari itu sikap bisa berkomitmen dan bertahan dengan pendirian ini penting sekali dan dibutuhkan oleh perusahaan.

Jadi jangan pernah menyerah terhadap situasi yang melulu itu-itu saja.

Tapi pelajari setiap kondisinya supaya tidak kehilangan pelajaran berharga di dalamnya.

11. Kemampuan dalam mengkontekstualisasikan

Kamu perlu belajar membuat keputusan dalam berorganisasi dengan baik.

Semakin bisa membuat keputusan secara kontekstual, maka itu bisa memberikanmu poin plus yang berbeda dari orang lain.

12. Tidak malu bertanya

Sebagai orang yang baru masuk ke dalam dunia kerja perlu mempelajari banyak hal.

Itulah kenapa sebaiknya hilangkan rasa malu bertanya kepada rekan kerja yang pengalamannya lebih banyak darimu.

Meski mungkin akan dianggap bodoh karena tidak paham apa saja, namun kamu harus berpikir positif, bahwa semua orang ahli pasti awalnya juga tidak tahu apa-apa.

13. Berani membuat rekomendasi

Selain tidak boleh malu bertanya, soft skill berani membuat rekomendasi itu juga penting sebagai bukti bahwa kamu ikut berkontribusi demi kemajuan perusahaan.

Namun sebaiknya jangan berkecil hati dan jangan mudah tersinggung saat perusahaan tidak memperhatikan rekomendasimu.

Kamu hanya perlu memberitahukan niatmu untuk memecahkan masalah dan menemukan solusinya.

14. Bisa membangun hubungan, coba pelajari soft skill ini

Supaya bisa sukses, kamu harus bisa membangun hubungan dengan baik bersama orang lain.

Sayangnya banyak calon karyawan terkadang acuh dengan orang lain karena merasa sudah punya banyak pengalaman di lingkungan perguruan tinggi.

Padahal dunia pendidikan itu berbeda sekali dengan dunia kerja.

Maka dari itu bangun hubungan dengan baik di dunia kerja supaya kamu bisa belajar pengalaman dari mereka yang sudah lebih dulu menggeluti dunia kerja.

Baca juga: 10 Skill yang dibutuhkan di tahun 2021

15. Bisa diandalkan

Setiap perusahaan selalu membutuhkan kemampuan soft skill calon pelamar yang bisa diandalkan dan tidak mudah menyerah. Sehingga karyawan bisa memberi kinerja yang terbaik untuk perusahaan.

Bisa diandalkan ini meliputi dapat menyelesaikan pekerjaan tepat waktu, hasil pekerjaannya bagus, dan dapat memenuhi target yang ditetapkan oleh perusahaan.

16. Bisa kerja tim

Supaya bisa menciptakan perusahaan yang besar, dibutuhkan kerja sama tim yang baik.

Maka dari itu perusahaan selalu memilih calon karyawan yang dapat bekerja sama dengan tim supaya bisa mengerjakan semua tugasnya dengan baik.

Jadi setiap calon pelamar harus bisa bersahabat dengan rekan kerja lain, saling menghormati, mau mendengarkan, dan mau berjuang mencapai visi misi perusahaan bersama-sama.

17. Bisa bekerja secara profesional

Setiap perusahaan pasti memerlukan karyawan yang bisa bekerja secara profesional.

Karena diharapkan agar karyawannya bisa memenuhi standar nilai yang ditetapkan oleh perusahaan.

Dengan memiliki keterampilan di atas, tentunya itu akan membuatmu semakin berkembang dan berpeluang besar mendapatkan pekerjaan yang bagus.

Untuk itu bila sekarang ini sedang membutuhkan tips karir, produktivitas dalam bekerja, dan apa saja yang berkaitan dengan potensi diri, silahkan kunjungi blog Ekrutes.id dan media sosialnya.

Di situs inilah kamu bisa menemukan beberapa hal tersebut dengan mudah.

Selain itu tersedia pula tools psikotes online untuk mengasah soft skill yang membuatmu semakin mudah menemukan perusahaan yang tepat dengan cepat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *