Menghadapi Rekan Kerja Yang Suka Menunda Pekerjaan

“Bete banget karena rekan kerja selalu menunda pekerjaan yang akhirnya aku yang harus menyelesaikan sendiri pekerjaannya sebelum deadline

Siapa yang pernah merasakan keadaan diatas? Kamu pasti kesal banget kan? Satu orang menunda pekerjaan, maka pekerjaan timmu pasti akan terhambat. Namun, perlu kamu ketahui bahwa kita tidak bisa sesuka hati memilih siapa rekan kerja kita dan bagaimana sifat dan perilaku mereka. Biasanya respon yang sering kita tunjukkan mungkin hanya sekedar marah sembari terus menagih pekerjaannya.

Baca Juga : Pindah Kerja Nggak Cuma Karena Alasan Gaji

Nah…daripada begitu, ada baiknya kamu melakukan tips manjur ini untuk menghadapi rekan kerja yang suka menunda pekerjaan;

1. Atasi Sejak Awal

Ketika kamu tahu bahwa dia suka menunda pekerjaan, maka jangan menunggu terlalu lama untuk mengkomunikasikan tugas pekerjaan. Hal ini dikarenakan bisa jadi temanmu adalah orang yang pelupa sehingga ada baiknya diskusi pekerjaan harus cepat dilakukan agar tim kamu juga cepat menemukan solusi. Jangan mudah menolerir kebiasaannya karena kamu justru tidak memberikan pemahaman dan pembelajaran baginya.

unsplash.com
2. Buat To Do List Sederhana

Selain pelupa, bisa jadi rekan kerjamu merupakan sesesorang yang kurang bisa memahami prioritas pekerjaan. Terlebih jika tim kalian akan mengerjakan proyek besar dengan jangka waktu yang lama. Maka dari itu, kamu bisa membuat to do list sederhana dan mendetail agar dapat dipahami oleh rekan kerjamu. Jangan lupa jika memberikan deadline, berikan jadwal deadline yang lebih awal daripada deadline aslinya.

3. Lakukan Follow Up Berkala

Follow up dilakukan bukan untuk menekan dia agar cepat menyelesaikan tugas, tetapi untuk menanyakan kendala apa yang mungkin dia temui. Ketika kamu melakukan follow up secara berkala maka bisa jadi rekan kerja kamu justru merasa didukung dan dibantu dalam menyelesaikan pekerjaannya.

unsplash.com
4. Lakukan Briefing Sebelum Mulai Kerja

Tidak ada salahnya untuk mencoba kebiasaan baru yaitu melakukan briefing sebelum memulai pekerjaan. Kegiatan ini membantu tim agar lebih terstruktur dan terarah untuk menyelesaikan pekerjaannya di hari itu.

5. Berikan Apresiasi Perkembangan

Memberikan apresiasi atas setiap perubahan besar maupun kecil yang sudah dilakukan oleh rekan kerjamu. Sebaiknya berikan apresiasi secara personal agar dapat memberikan semangat tanpa menarik perhatian dari rekan kerja yang lain.

Sesulit apapun situasi yang kita alami, pikirkan penanggulangan dan solusi yang bisa kita lakukan daripada terus menyalahkan orang lain atau keadaan.

Informasi seputar lowongan kerja terbaru, tips pengembangan diri dan psikotes gratis kunjungi EKRUTES.ID disini ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published.