Perbedaan Keterampilan Interpersonal dan Intrapersonal, Apa Saja?

keterampilan intrapersonal interpersonal

Penasaran apa perbedaan antara keterampilan interpersonal dan intrapersonal? Simak selengkapnya disini!

Manusia pada dasarnya adalah makhluk sosial di mana dalam kehidupan sehari-hari harus berinteraksi dengan sesama.

Salah satu cara agar bisa menjalin hubungan yang baik dengan orang lain, maka kamu dapat mengembangkan keterampilan yang disebut dengan interpersonal dan intrapersonal.

Banyak yang hanya fokus di antara salah satu skill ini, padahal, keduanya penting untuk dilakukan.

Ketika kamu memiliki keterampilan interpersonal dan intrapersonal yang kuat, hal ini dapat membantu kamu dalam karir serta membuat kamu jauh lebih bahagia.

Interpersonal vs Intrapersonal: Apa Bedanya?

Singkatnya, keterampilan interpersonal kamu adalah skill yang membantu kamu dalam berkolaborasi dan bekerja sama dengan orang lain.

Sementara keterampilan intrapersonal membantu kamu mengenali kekuatan dan kelemahan kamu sendiri.

Keduanya adalah soft skill yang berkontribusi besar pada pertumbuhan pribadi kamu.

Kemampuan ini berguna dalam menetapkan dan mencapai tujuan kamu, serta menjamin kesuksesan kamu secara keseluruhan baik dalam kehidupan pribadi maupun profesional.

Apa Itu Keterampilan Interpersonal?

intrapersonal skill

Keterampilan interpersonal yang baik didasarkan pada kelebihan kamu untuk berkomunikasi secara efektif, bekerja secara kolaboratif, dan menciptakan hubungan yang baik dengan teman, rekan kerja, dan klien.

Oleh karena itu, keterampilan interpersonal yang baik dapat memudahkan jalan, baik secara pribadi maupun profesional.

Tanpa keterampilan interpersonal yang baik, kamu mungkin merasa sulit untuk menyesuaikan diri di mana saja atau membaca situasi.

Kamu dapat secara tidak sengaja merusak lingkungan kerja atau menciptakan masalah yang dapat mengurangi kreativitas, produktivitas, dan nilai bagi tim dalam perusahaan.

Seseorang dengan keterampilan interpersonal yang kuat tahu bagaimana cara bekerja dengan orang lain.

Mereka sadar bagaimana harus berinteraksi, mulai dari bahasa tubuh hingga nada suara mereka, bukan hanya pesan yang mereka sampaikan melalui kata-kata mereka.

Beberapa keterampilan interpersonal yang kamu butuhkan dalam lingkungan kerja adalah:

  • Empati: Kemampuan kamu untuk terhubung dengan perasaan dan pikiran orang lain dapat membantu kamu menjalin ikatan dengan rekan kerja, meningkatkan moral, dan menginspirasi loyalitas.
  • Inklusivitas: Bagian penting dari pembangunan tim, inklusivitas membangun budaya pertumbuhan dan mendorong pemikiran kreatif. Ini membantu orang lain merasa aman mengekspresikan ide-ide mereka.
  • Pengaruh: Kemampuan kamu untuk membuat orang lain mendengarkan dan membuat perubahan positif dapat memastikan lingkungan kerja yang lebih baik dan membantu kamu mencapai hasil yang lebih baik.
  • Ketanggapan: Ketika kamu menanggapi permintaan informasi atau masalah dengan segera dan jelas, kamu meredakan frustrasi orang lain dan menunjukkan bahwa kamu menghargai waktu, pikiran, dan energi mereka.

Selain yang telah disebutkan di atas beberapa contoh lain dari keterampilan interpersonal adalah kejujuran, kepemimpinan, kemampuan mendengarkan orang lain, komunikasi, dll.

Baca juga: 17 Deretan Soft Skill yang Mempengaruhi Kesuksesan Karirmu

Apa Itu Keterampilan Intrapersonal?

Keterampilan intrapersonal adalah bagaimana kamu dapat berkomunikasi secara internal dengan diri kamu sendiri.

Keterampilan komunikasi intrapersonal yang baik membantu kamu mengelola emosi kamu secara efektif, menetapkan tujuan, memotivasi diri sendiri, mengatasi gangguan, menyusun strategi, dan menyesuaikan pendekatan kamu terhadap situasi apa pun sesuai kebutuhan.

Beberapa keterampilan intrapersonal yang paling penting dalam lingkungan kerja meliputi:

  • Produktivitas: Kemampuan kamu untuk menangani beban kerja dan menghasilkan hasil di atas rata-rata berasal dari kekuatan internal dan motivasi inti kamu.
  • Ketahanan: Ketika kamu bangkit kembali dari kekecewaan dan kemunduran dengan mudah, kamu menunjukkan kepositifan dan kekuatan batin kamu.
  • Resourcefulness: Mengetahui cara mengoptimalkan apa yang kamu miliki menginspirasi kreativitas dan membantu kamu menghasilkan ide-ide baru.

Bagaimana Kedua Keterampilan Ini Dapat Mempengaruhi Karir kamu?

Keterampilan intrapersonal dapat mempengaruhi langung keterampilan interpersonal.

Jika kamu tidak memahami kebutuhan kamu sendiri, kamu tidak dapat dengan mudah mengenali kebutuhan orang lain.

Jika kamu belum mengurus diri sendiri, tidak mungkin untuk memusatkan perhatian pada orang lain.

Keterampilan intrapersonal kamu, seperti kesadaran diri, ketahanan, dan kepositifan, memungkinkan kamu untuk berkontribusi lebih baik kepada tim atau perusahaan kamu.

Kepercayaan diri yang kamu bangun melalui komunikasi intrapersonal dapat membuat orang lain juga lebih percaya dengan kamu.

Orang umumnya percaya dan senang bekerja dengan orang lain yang tampaknya penuh dengan kepositifan dan kekuatan.

Sehingga, keterampilan intrapersonal yang kuat cenderung menginspirasi kepercayaan dan kerja sama yang lebih kuat.

Pada dasarnya, keterampilan intrapersonal melibatkan kesadaran diri dan dialog internal dengan diri sendiri yang menginformasikan keterampilan interpersonal dan interaksi yang kamu miliki dengan orang-orang di sekitar kamu.

Bersama-sama, mereka membentuk kecerdasan emosional yang dapat membedakan kamu dari orang lain.

Baca juga: Cara Mengenali Potensi Diri Agar Dapat Memilih Karir Yang Tepat

Cara Meningkatkan Keterampilan Interpersonal

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, keterampilan intrapersonal adalah kunci untuk membuka potensi penuh keterampilan interpersonal.

Jika kamu sadar dengan kemampuan selama berinteraksi dengan orang lain, kamu juga tahu bagaimana reaksi orang lain sehingga penting pengembangan keterampilan interpersonal kamu.

Masalah yang sering ditemui adalah, kamu mencoba untuk terlalu mencocokkan visi kamu dengan orang lain. Padahal ada baiknya kamu berpegang teguh dengan kepercayaan kamu.

Tanpa feedback yang teratur, tidak mungkin untuk menetapkan tujuan aktual untuk meningkatkan keterampilan interpersonal kamu, mengukur kemajuan kamu, dan mencari cara untuk meningkatkan.

Kabar baiknya adalah kamu selalu dapat meminta feedback. Kebanyakan orang bersedia untuk berbagi pemikiran dan persepsi mereka jika kamu bertanya kepada mereka.

Kamu tidak dapat mengembangkan keterampilan interpersonal sampai kamu pertama kali mengetahui di mana kamu unggul dan di mana kamu perlu meningkatkan.

Setelah menerima saran, kamu dapat meminta klarifikasi dan mengasah keterampilan dan kemampuan yang perlu kamu tingkatkan.

Kamu dapat menggunakan informasi ini untuk memandu pertumbuhan diri kamu dengan cara yang paling penting bagi kesuksesan.

Itulah penjelasan singkat tentang perbedaan keterampilan interpersonal dan intrapersonal, semoga kamu dapat lebih memahami tentang keduanya.

Jika kamu ingin mengenali diri, apakah kamu memiliki salah satu dari keterampilan yang telah disebutkan tadi, kamu bisa melakukan psikotes atau asesmen online di Ekrutes.id.

Ekrutes.id adalah digital talent management platform yang yang dilengkapi dengan metode asesmen valid dan akurat.

Dengan mengenali diri, kamu pun dapat mengetahui karir yang sesuai dengan minat dan bakat.

Download aplikasinya sekarang juga!

Leave a Reply

Your email address will not be published.