Ingin Naik Jabatan? Lakukan 5 Tips Berikut Ini

kenaikan jabatan

Mungkin ada yang berpikiran kalau naik gaji lebih penting dibandingkan naik jabatan. Kerja lebih sedikit tapi dapat gaji lebih banyak. Padahal kenaikan jabatan salah satu tanda kalau karier kamu berkembang loh di dunia kerja. Dengan memiliki jenjang karier, seseorang akan mendapatkan berbagai manfaat salah satunya kenaikan gaji. “Kayanya nggak mungkin deh bisa naik jabatan, politik kantor kenceng.” Jangan pesimis dulu ya, kamu bisa kok naik jabatan dengan kemampuan diri kamu sendiri. Selalu ada tempat untuk orang-orang yang memiliki integritas.  Berikut tips naik jabatan yang telah EKRUTES.ID  rangkum.

5 Tips naik jabatan kerja yang bisa kamu coba dengan mudah

1. Berlaku jujur dalam kerja

Biasanya dalam bekerja, seringkali pekerja ingin mendapatkan hasil yang bagus tanpa mengeluarkan effort yang besar. Oleh karena itu, biasanya para pekerja melakukan kecurangan untuk mendapatkan alasan tersebut.

Jika terus dilakukan oleh pekerja tersebut, tentunya akan mendapatkan penilaian buruk dari atasanmu yang akan menghambat perkembangan karier. Hal ini karena perusahaan juga tidak ingin mengambil risiko kerugian karena tidak menjalankan amanah tersebut.

Oleh karena itu, penting bagi kamu untuk mengutamakan kejujuran dalam bekerja. Selain itu hindari persaingan yang tidak sehat dalam bekerja. Jangan ragu untuk melakukan minta maaf jika kamu membuat kesalahan di tempat kerja dan usahakanlah untuk bertanggung jawab dalam menyelesaikan masalah tersebut.

2. Tunjukan leadership

Semakin tinggi jabatan yang kamu jalani, maka kemampuan leadership-mu juga harus tinggi pula. Dengan begitu mulailah untuk menunjukan jiwa leadership-mu, melalui kegiatan kecil seperti melakukan koordinasi dalam rapat atau kegiatan perusahaan.

Memiliki kemampuan leadership yang baik, tentunya dapat menentukan apakah kamu bisa menjadi pemimpin yang dapat memajukan perusahaan atau tidak. Sehingga, kamu tidak akan sembarangan dalam memberikan perintah kepada bawahan.

3. Loyal kepada perusahaan

Setiap perusahaan tentunya akan memberikan jabatan penting kepada orang yang memberikan loyalitas dan kontribusi besar. Hal ini karena posisi penting dalam perusahaan, pastinya harus diisi oleh orang yang memberikan loyalitas besar kepada perusahaan.

Bayangkan jika posisi penting tersebut diisi oleh orang yang tidak mengetahui seluk beluk perusahaan, pastinya keberhasilan dalam perusahaan akan sulit diraih. Maka dari itu, penting bagi perusahaan untuk memilih pemimpin yang memang loyal kepada perusahaan agar mengetahui segala kebutuhan perusahaan.

Jika kamu ingin mendapatkan kenaikan jabatan, maka tunjukan rasa loyalitasmu kepada perusahaan agar kamu lebih cepat untuk naik jabatan.

4. Tunjukan performa terbaik

Jika kamu ingin mendapatkan kenaikan jabatan, pastinya penting bagi kamu untuk menunjukan performa kerja terbaik kamu. Apa pun tujuan utamamu dalam bekerja, tunjukanlah performa kerja terbaik yang kamu miliki.

Hindari kebiasaan menunda pekerjaan yang dapat menjadi nilai buruk dalam performa kinerjamu. Dengan begitu kamu juga dapat mengurangi beban kerjamu selanjutnya, sehingga kamu juga akan mendapatkan penilaian positif dari atasanmu di kantor.

5. Lakukan evaluasi diri

Jika kamu ingin menjadi pekerja yang sukses, penting bagi kamu untuk melakukan evaluasi diri untuk menetapkan tujuan karier yang jelas dan terukur.  Dengan begitu, kamu dapat meluangkan waktu untuk melakukan refleksi hasil kerja. Kamu juga harus menyesuaikan strategi perusahaan dengan performa kerjamu agar bisa mencapai target yang ditentukan.

Selain itu, kamu juga dengan mudah dapat menyesesuaikan nilai perusahaan dan dirimu. Oleh karena itu, jika kamu ingin mendapatkan kenaikan jabatan penting bagi kamu untuk melakukan evaluasi terlebih dahulu agar sesuai dengan nilai-nilai perusahaan.

Nah, itu dia 5 tips yang bisa kamu lakukan jika ingin mendapatkan kenaikan jabatan. Bagi kalian pekerja yang ingin mendapatkan kenaikan jabatan, jangan lupa untuk selalu melakukan evaluasi diri dan tunjukan performa terbaik dalam kerja.

Bagi kamu EKRUBuddy yang ingin mendapatkan informasi tentang dunia kerja, jangan lupa download aplikasi EKRUTES.ID dan dapatkan berbagai informasi seputar dunia kerja serta lowongan pekerjaan terbaru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *