Pentingkah Skill Public Speaking di Dunia Kerja? ini 6 Tipsnya

public speaking

Suka gugup ngomong di depan orang banyak? Artikulasi jadi nggak jelas, keringet dingin, sehari sebelumnya jadi nggak bisa tidur. Well, kemampuan public speaking memang tidak dimiliki oleh semua orang. Tidak semua orang memiliki kepercayaan diri yang baik di depan umum.

Nah bagi sebagian orang, mempelajari public speaking memang bukan hal yang mudah. Tapi perlu kamu ingat, mempelajari skill ini bisa memberikanmu banyak manfaat baru khususnya dalam dunia kerja.

Oleh karena itu, penting bagi kamu untuk mengetahui tips apa saja yang harus kamu lakukan dalam mempelajari public speaking. Namun sebelum itu, berikut ini EKRUTES.ID akan berikan kamu informasi mengenai public speaking.

Apa itu public speaking?

Dikutip melalui Massachusetts Institute of Technology, public speaking atau berpidato di depan umum merupakan bagian dari seni komunikasi. Biasanya terdapat berbagai alasan mengapa seorang melakukan public speaking seperti mempresentasikan hasil penelitian, memberikan hasil penelitian perusahaan agar klien terkesan, ataupun dalam memberikan edukasi.

Dalam public speaking, kamu perlu melibatkan banyak audiens dan menyampaikan pesan dengan jelas. Sehingga, dalam public speaking terdapat dua kompenen utama yakni content yang ingin kamu sampaikan dan penyampaian pesan tersebut. Penyampaian pesan juga dapat berpengaruh besar pada informasi yang akan kamu berikan.

Jika kamu tidak memberikan penyampaian yang kuat dan menarik, tentunya kamu akan kehilangan perhatian dari audiensmu dan gagal dalam mengkomunikasikan pesan tersebut. Oleh karena itu, penting bagi kamu untuk berlatih bagaimana cara penyampaiannya dan hal yang ingin kamu katakan.

Public speaking sangat diperlukan dalam dunia kerja karena dapat memberikan image profesional yang tentunya memberikan dampak positif kepada kariermu. Selain itu, tentunya juga meningkatkan rasa percaya diri dalam menyampaikan informasi kepada banyak orang.

6 Tips meningkatkan public speaking

Untuk mempelajari public speaking ada baiknya kamu mengetahui tips agar lebih mudah untuk mempelajarinya. Berikut 6 tipsnya:

1. Kenali audiens

Sebelum kamu melakukan public speaking, penting bagi kamu untuk mengetahui dan mengenali siapa yang menjadi audiensmu, termasuk dengan tujuan dan alasan yang menjadi kehadiran mereka pada acara tersebut.

Untuk mengetahui cara tersebut, kamu dapat melakukan riset terlebih dahulu mengenai latar belakang audiensmu. Hal ini berguna agar kamu paham cara membangun interaksi dengan audiens pada saat acara berlangsung, dan lebih mudah dalam menarik perhatian audiens.

2. Buat susunan materi

Ketika kamu hendak melakukan public speaking, penting bagi kamu untuk menyiapkan poin-poin pesan yang ingin kamu sampaikan terlebih dahulu. Kamu dapat memasukan poin-poin tersebut ke dalam power point presentasi, selain itu kamu juga dapat membuat catatan yang berguna kecil mengenai poin pembicaraanmu.

Oleh karena itu, penting bagi kamu untuk mencatat dan membuat rangkuman kecil mengenai poin-poin apa yang ingin kamu sampaikan nantinya. Sehingga, hal ini dapat membantu kamu dalam meningkatkan kepercayaan diri.

3. Kuasai materi pembicaraan

Dengan menguasi materi secara baik, tentunya akan membuat kamu akan merasa lebih percaya diri. Oleh karena itu, sebelum melakukan presentasi penting bagi kamu untuk memahami pesan yang ingin kamu sampaikan.

Sehingga tentunya akan meningkatkan kepercayaan dirimu dalam melakukan public speaking. Selain itu, akan lebih mudah bagi kamu untuk melakukan penyampaian dengan baik tanpa terbata-bata.

4. Siapkan alat bantu

Memiliki alat bantu dapat membantu kamu dalam meningkatkan skill public speaking. Alat bantu ini dapat berupa catatan, ataupun slide presentasi yang telah kamu persiapkan.

Dengan begitu akan lebih mudah bagi kamu untuk memahami materi apa yang akan kamu sampaikan pada saat acara tersebut berlangsung.

5. Perhatikan body languge

Perlu untuk kamu ketahui, body language merupakan aspek penting dalam public speaking. Kamu harus memperhatikan kontak mata dan bahasa tubuh agar tidak kaku ketika menyampaikan pesan.

Selain itu, ketika kamu mendapatkan pertanyaan penting bagi kamu untuk memperhatikan mimik muka. Terlebih jika wajah kamu terlihat tidak menarik dan melipat tangan ketika menerima pertanyaan, tentunya audiens akan merasa tidak nyaman dengan sikapmu.

6. Percaya diri

Percaya diri merupakan aspek yang penting untuk kamu miliki. Dengan merasa yakin bahwa kamu telah mempersiapkan materi dengan baik, untuk menyampaikannya pesan tersebut penting bagi kamu memiliki kepercayaan diri yang baik.

Sehingga kamu akan lebih percaya diri dan tidak gugup ketika menyampaikan informasi di depan banyak orang. Dengan begitu, audiens akan nyaman mendengarkan seluruh informasi yang kamu berikan.

Itulah 6 tips yang dapat kamu lakukan untuk meningkatkan skill public speaking di dunia kerja. Dengan memiliki kemampuan public speaking yang baik, tentunya akan lebih mudah bagi kamu untuk meningkatkan kariermu agar lebih baik lagi. Selain itu, kamu juga dapat mendapatkan informasi seputar dunia kerja lainnya melalui aplikasi EKRUTES.ID. Yuk, download sekarang!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *