Ingin Naik Gaji? Berikut 5 Cara yang Harus Kamu Lakukan

minta naik gaji

Sebagai seorang pekerja, naik gaji tentu adalah hal yang diinginkan. Kenaikan gaji sendiri sebenarnya merupakan suatu hal lumrah yang diinginkan para pekerja. Namun, banyak perusahaan yang masih enggan untuk menaikan gaji karyawan karena suatu alasan tertentu.

Dari sisi karyawan, meminta kenaikan gaji sering dianggap sebagai sebuah pembicaraan yang kurang mengenakan dengan atasan. Tidak mengherankan jika karyawan biasanya menghindari topik ini meskipun sebenarnya dirinya layak untuk mendapatkan kenaikan gaji.

Meski begitu, mendapatkan kenaikan gaji merupakan hak setiap karyawan terutama  bagi karyawan yang mendapatkan tanggung jawab baru dalam perusahaan. Jika kamu ingin meminta kenaikan gaji kepada atasanmu, EKRUTES.ID akan beri tahu lima cara yang harus kamu lakukan. Yuk, di simak!

5 Cara agar naik gaji dengan mudah

1. Tentukan angka yang tepat

Ketika kamu ingin mengajukan kenaikan gaji, hal penting yang kamu lakukan adalah mengetahui angka yang tepat untuk posisi saat ini. Kamu bisa mencari tahu dulu berapa rata-rata gaji untuk posisi tersebut dan berapa UMR kota tempatmu bekerja, hal ini tentu berpengaruh terhadap gaji yang akan kamu terima.

Selain itu, kamu juga bisa menanyakan terkait gaji untuk posisi tersebut dengan rekan kerja atau temanmu yang bekerja pada posisi tersebut. Dengan begitu kamu dapat memiliki nominal harga yang memang sesuai dengan posisi dan tanggung jawab yang akan kamu jalani ke depannya.

2. Meneliti tren gaji

Kamu perlu meneliti tren gaji sebelum memutuskan untuk meminta kenaikan gaji. Hal ini berguna untuk mengetahui nilai gaji pada posisi tersebut. Selain itu, kamu juga bisa mengetahui tingkatan gaji pada posisi tersebut, sehingga memudahkanmu untuk memperkirakan berapa gaji yang akan kamu minta nantinya.

Terdapat beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk meniliti tren gaji, salah satunya melakukan riset pada situs-situs lowongan pekerjaan yang melampirkan gaji, seperti EKRUTES.ID, Glints, Jobstreet, Indeed, dan lainnya. Kamu juga bisa melakukan riset dengan bertanya kepada teman/rekan yang telah lebih dahulu berada pada posisi ersebut.

3. Buat rencana cadangan

Ada kemungkinan bahwa kantormu mungkin tidak mau memberikan kenaikan gaji, meski kamu memang berhak untuk mendapatkannya. Oleh karena itu, sebelum meminta kenaikan gaji usahakan untuk memiliki rencana cadangan jika ternyata perusahaan tidak menerima permintaan tersebut. Terlebih jika kamu telah memiliki planning keuangan jangka panjang seperti membayar cicilan rumah/kendaraan, menabung, membayar biaya pendidikan anak dan lainnya.

Kamu juga dapat mempertimbangkan untuk bertahan ataupun pindah ke kantor yang bisa memberimu gaji yang sesuai. Jika kamu masih merasa nyaman dengan lingkungan dan pekerjaanmu di kantor saat ini, kamu bisa melakukan negoisasi dengan pihak perusahaan untuk memberikanmu bonus tambahan untuk hasil kerjamu.

Namun, jika kamu memang merasa bahwa perusahaan tempatmu bekerja sudah tidak menghargaimu lagi, mulailah untuk mencari perusahaan lain yang dapat memberikanmu bayaran sesuai dengan tanggung jawab yang kamu terima. Biasanya, ketika kamu meminta ijin untuk resign, perusahaan justru akan memberikan count offer ketika mereka merasa kamu masih harus dipertahankan oleh perusahaan.

4. Sampaikan pencapaianmu

Ketika kamu ingin mendapatkan kenaikan gaji, kamu perlu menyampaikan alasan yang logis terkait alasan yang tepat agar permintaanmu diterima. Oleh karena itu, berikan alasan berupa pencapaianmu selama bekerja. Sampaikan keberhasilan apa saja yang telah kamu lakukan bagi keberlangsungan perusahaan.

Kamu dapat memulai dengan menyampaikan mengenai kinerjamu selama bekerja dalam perusahaan dan juga kemampuanmu dalam menyelesaikan tanggung jawab yang diberikan. Kamu juga perlu melampirkan bukti valid terkait hasil kerjamu yang berkontribusi besar pada kemajuan perusahaan. Selain itu, berikan misi yang ingin kamu lakukan untuk perusahaan ke depannya sehingga atasanmu semakin yakin untuk menaikan gajimu.

5. Sampaikan pada waktu yang tepat

Perlu bagi kamu menentukan waktu yang tepat untuk meminta kenaikan gaji. Oleh karena itu, ada baiknya jika kamu mengatur pertemuan terlebih dahulu sebelum meminta hal tersebut. Ajak atasanmu berbicara dan lakukan review terhadap hasil kinerjamu sebelum waktu tersebut.

Kamu juga perlu melihat situasi kantor apakah atasanmu tengah sibuk untuk mengerjakan tugasnya atau tidak atau memperhatikan mood-nya pada hari itu. Hal ini tentunya berpengaruh kepada hasil yang kamu terima ketika meminta kenaikan gaji. Ketika atasanmu tengah mendapatkan mood yang baik, kamu akan lebih mudah untuk berbicara dari hati ke hati bersama atasanmu.

Nah, itulah lima cara yang dapat kamu lakukan ketika ingin meminta naik gaji. Sebagai seorang pekerja, meminta kenaikan gaji bukanlah hal yang salah untuk dilakukan. Namun, ada beberapa hal yang perlu untuk kamu perhatikan terlebih dahulu sebelum meminta kenaikan gaji. Yuk, download apps EKRUTES.ID dan dapatkan berbagai informasi terbaru seputar dunia kerja serta ratusan lowongan pekerjaan terbaru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *