8 Tipe Pekerja Kantoran, Kamu Tipe yang Mana?

tipe pekerja kantoran

Setiap orang memiliki sifat dan karakter masing-masing, sehingga setiap individu berbeda-beda, begitu pula dengan tipe pekerja kantoran.

Dalam dunia kerja seperti perkantoran, setiap pekerja memiliki karakternya masing-masing. Nah, karakter pekerja ini juga bisa mempengaruhi performa kerja dan perkembangan karir.

Selain itu, tipe pekerjaan juga berpengaruh dalam cara pandang perusahaan terhadap karyawannya.

Pasalnya, melalui tipe-tipe pekerja kantoran, perusahaan bisa mengetahui cara kamu berkomunikasi, bekerjasama, dan hal baik apa saja yang bisa kamu berikan kepada perusahaan.

Selain itu, sejumlah tipe pekerja kantoran juga bisa mempengaruhi lingkungan tempat ia bekerja yang bisa membuat lingkungannya merasa kurang nyaman.

Oleh karena itu, penting buat kamu tahu tipe pekerja seperti apakah kamu ketika bekerja di kantor.

Yuk, langsung saja cari tahu tipe-tipe pekerja kantoran berikut ini.

Tipe Pekerja Kantoran 

tipe pekerja kantoran 2

Setidaknya, ada 8 tipe pekerja di kantor yang perlu kamu ketahui agar bisa mengembangkan karir lebih baik lagi.

1. Penuh Semangat

Tipe yang pertama yaitu pekerja kantoran yang penuh semangat. Pada umumnya, karyawan dengan tipe ini lebih suka bekerja dengan rekan kerja lainnya dibandingkan sendirian.

Selain itu, tipe karyawan yang penuh semangat juga lebih banyak berbicara dan selalu memulai pekerjaan lebih dulu.

Namun, biasanya orang dengan tipe ini butuh motivasi atau dorongan lebih agar bisa menyelesaikan pekerjaannya.

Tipe pekerja kantoran satu ini juga multitasking atau bisa mengerjakan banyak hal pada waktu yang sama.

Namun, kekurangan lainnya adalah meja kerja karyawan satu ini biasanya terlihat berantakan.

Baca juga: Kenali Apa Itu Multitasking Serta Tips untuk Meningkatkan Skill Ini

2. Sistematis

Tipe orang yang bekerja di kantor selanjutnya yaitu tipe sistematis. Karyawan dengan tipe ini biasanya lebih menyukai meja yang rapi.

Selain itu, ia juga lebih suka menyelesaikan satu pekerjaan terlebih dahulu, lalu melanjutkan ke pekerjaan lainnya.

Karyawan yang sistematis juga lebih menyukai bekerja sendirian daripada bekerja secara tim.

Tipe ini juga memiliki ciri terlihat rapi, namun terkesan kaku jika bergaul dengan rekan kerja lainnya.

Jika melihat ciri-cirinya, tipe pekerja kantoran sistematis sangat berbanding terbalik  dengan tipe pekerja yang penuh semangat.

3. Mikromanajer

Apa itu tipe pekerja mikro manajer? Sebutan ini biasanya diberikan kepada pemimpin perusahaan yang terlalu ketat dalam mengawasi bawahannya.

Akan tetapi, orang yang memiliki tipe ini tidak menyadari bahwa ia bersikap demikian. Selain itu, mikro manajer juga lebih berorientasi pada hal detail.

Rekan kerja atau orang di sekitar pekerja mikro manajer biasanya tidak menyukai hal ini. Jadi, sebaiknya kamu meminta pendapat bawahanmu tentang cara mereka melihat kamu.

Jika mereka menyebut kamu sebagai pekerja tipe ini, maka mulailah untuk berubah lebih baik dan tingkatkan kepercayaan kepada bawahan kamu.

4. Anti Sosial

Tipe pekerja kantoran yang satu ini memiliki ciri yang cukup jelas terlihat yakni tidak suka bergaul dengan orang di sekitarnya.

Mungkin, buat kamu yang lebih suka bergaul akan berpikir bahwa tipe pekerja anti sosial merasa kesepian karena kurangnya pergaulan.

Tapi, kenyataannya tidak demikian. Pasalnya, mereka memang lebih suka sendiri dibandingkan berbincang-bincang dan menghabiskan waktu dengan orang lain.

Kekurangan dari tipe pekerja yang anti sosial dalam hal pekerjaan adalah sulit bekerja sama dan berkomunikasi dengan timnya.

5. Humoris

Tipe pekerja kantoran yang juga sering dijumpai yaitu tipe humoris. Pekerja yang humoris suka sekali bercanda dan bisa mencairkan suasana menjadi lebih seru.

Oleh karena itu, pekerja humoris memiliki pribadi yang menyenangkan, sehingga bisa membuat nyaman orang di sekitarnya.

Akan tetapi, tipe yang satu ini juga bisa saja dibenci oleh rekan kerjanya, jika ternyata ia tidak lucu tapi tetap meneruskan untuk melucu. Tentu hal ini akan meresahkan.

6. Pemimpin

Tipe pemimpin juga salah satu tipe pekerja yang sering ditemui di kantoran.

Pekerja dengan jiwa pemimpin berarti memiliki pribadi yang mempercayai, mendengarkan, menghormati, dan mengagumi.

Pekerja kantoran yang memiliki jiwa pemimpin juga menganggap serius setiap pekerjaan yang ia lakukan.

Tidak jarang juga kalau tipe pekerja pemimpin menjadi motivasi dan inspirasi untuk rekan kerjanya karena antusiasme yang ia miliki.

Ciri tipe pekerja kantoran satu ini juga memiliki pemikiran yang lebih dewasa serta bisa menjaga keseimbangan hidupnya.

Baca juga: Bagaimana Kriteria Pemimpin yang Baik Bagi Perusahaan?

7. Pemalas

Mungkin kamu bertanya-tanya kenapa tipe satu ini masuk ke dalam salah satu tipe pekerja di kantor.

Tapi, kenyataannya memang demikian. Masih banyak pekerja kantoran yang malas-malasan ketika bekerja.

Tipe pekerja pemalas bukan berarti tidak melakukan pekerjaannya, tapi hanya mengerjakan pekerjaan seadanya.

Selain itu, pekerja pemalas juga tidak banyak berkontribusi dalam kerja tim. Orang seperti ini juga tidak mau terlibat dalam persiapan sebuah acara di kantor.

Pekerja pemalas lebih suka menghabiskan waktunya untuk mengobrol hal yang tidak penting, dibandingkan dengan melakukan pekerjaannya dengan baik.

Jika kamu tergolong ke dalam tipe ini, maka sebaiknya segera ubah sikap kamu karena perusahaan tidak akan mempertahankan pekerja kantor yang pemalas.

8. Overcommitted Worker

Tipe pekerja kantoran yang terakhir yaitu overcommitted worker. Tipe pekerja satu ini sangat berbanding terbalik dengan tipe pemalas.

Orang dengan tipe pekerja ini selalu mengerjakan pekerjaannya dengan serius dan baik. Ia tidak akan menolak jika diperintah untuk melakukan banyak pekerjaan.

Terkadang, keberadaan pekerja tipe ini menjadi ancaman bagi rekan kerja lainnya. Pasalnya, pekerja overcommitted worker selalu mengambil kesempatan yang ada.

Namun, pekerja dengan tipe ini juga bisa menguntungkan karena bisa membantu menutupi pekerjaan dari pekerja tipe pemalas.

Baca juga: Kenali Ciri-Ciri Workaholic yang Sebaiknya Dihindari

Pengaruh Tipe Pekerja Kantoran terhadap Karir

Dalam dunia kerja, khususnya perkantoran, motivasi dan kepribadian karyawan menjadi salah satu faktor yang sangat mempengaruhi perkembangan karir kamu.

Kepribadian juga menjadi salah satu syarat untuk mendapatkan posisi tertentu yang lebih baik.

Jadi, jika kamu menjadi seorang karyawan yang memiliki kepribadian buruk, seperti pemalas, maka jangan berharap banyak terhadap perkembangan karir kamu.

Sebaliknya, orang dengan kepribadian dan motivasi kerja yang tinggi memiliki peluang yang lebih besar untuk menempati posisi pekerjaan tertentu yang lebih baik dari tipe pemalas.

Baca juga: Kenali Kepribadian Diri Agar Dapat Menemukan Karir yang Tepat

Prestasi kerja juga menjadi salah satu faktor yang bisa mempengaruhi perkembangan karir kamu.

Jadi, sebaiknya kamu selalu memberikan yang terbaik untuk pekerjaan kamu agar kamu memiliki prestasi kerja dan penilaian yang baik dari atasan.

Hal ini tentu tidak bisa kamu capai jika kamu hanya bermalasan-malasan ketika bekerja. Maka dari itu, ubahlah hal-hal negatif pada diri kamu mulai saat ini.

Nah, jadi kamu termasuk tipe pekerja kantoran yang seperti apa? Jika kamu kurang yakin, kamu bisa mengenali diri kamu lebih baik lagi dengan menggunakan Ekrutes.id.

Ekrutes.id memiliki layanan tes asesmen dan tes psikotes online yang bisa membantu kamu untuk mengenal diri kamu lebih baik lagi.

Tujuannya yakni agar kamu bisa mengembangkan potensi diri kamu dan mengubah hal negatif pada diri kamu untuk perkembangan karir yang lebih baik.

Yuk, langsung aja download aplikasi Ekrutes.id di ponsel kamu melalui Play Store dan kenali kamu tipe pekerja kantoran yang seperti apa.

Leave a Reply

Your email address will not be published.