4 Cara Cegah Konflik Internal di Kantor

Kalian pernah nggak besinggungan dengan partner kerja kalian? Nah…itu salah satu konflik internal yang bikin mood kita untuk ngantor jadi turun. Dengan lingkungan kerja yang sehat secara tidak langsung dapat mempengaruhi performa kinerja kita di kantor. Berikut ini cara-cara untuk mencegah konflik internal di kantor.

Baca Juga : Lulusan Sastra Bahasa Asing Bisa Kerja Apa?

1. Tahan Emosi

Pernah nggak sih kesel sama teman kerja kita sendiri? Apalagi yang bikin kesel ketika berdebat karena urusan pekerjaan. Kalau sudah seperti ini, kalian harus bisa tahan emosi. Hindari marah-marah di lingkungan kantor kalian ya. Selain hubungan kerja akan menjadi canggung, image kalian yang temperamen juga nggak bagus untuk perkembangan karir kalian nanti.

unsplash.com
2. Masalah Pribadi Adalah Privasi

Boleh kok berteman akrab dengan teman kalian di kantor, tapi jangan sampai detail masalah pribadi kalian dirumah juga ikut diceritakan ya. Hal ini untuk menghindari diumbarnya masalah pribadi kalian di lingkungan kantor. Selain kalian juga malu, hubungan pertemanan kalian juga memungkinkan jadi tidak bagus.

3. Konsultasi Dengan Atasan

Kalau ternyata konflik dengan teman kerja kalian tidak bisa diselesaikan secara pribadi, kalian boleh kok konsultasi dengan atasan untuk memperoleh solusi yang terbaik bagi kalian. Hal ini dilakukan agar konflik yang terjadi tidak berkepanjangan dan mengganggu kinerja kalian.

unsplash.com
4. Kerja Sesuai SOP dan Jobdesc

Penting juga untuk kita bekerja sesuai SOP dan job description yang sudah diatur oleh perusahaan. Hal ini bertujuan untuk mencegah adanya konflik internal di perusahaan seperti terjadinya gesekan antar divisi terkait penyelesaian pekerjaan, karena masing-masing divisi pasti memiliki cara dan prosedur yang berbeda-beda.

Dengan terciptanya lingkungan kerja yang tanpa konflik pasti membuat kalian akan lebih bersemangat untuk bekerja lagi. Perusahaan juga wajib mengantisipasi hal ini agar keseimbangan lingkungan kerja yang sehat dapat terjaga.

Informasi seputar lowongan kerja terbaru, tips pengembangan diri, dan psikotes gratis, kunjungi EKRUTES.ID disini ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *