Tips Jitu Membuat Cover Letter Agar Cepat Dapat Kerja

tips membuat cover letter

Dalam hal mencari pekerjaan baru, cover letter atau surat lamaran mungkin merupakan bagian yang paling dibutuhkan dari keseluruhan proses lamaran.

Oleh karena itu surat lamaran harus kamu tulis dengan baik untuk membedakan diri kamu dengan calon karyawan lain, terutama untuk kamu yang masih fresh graduate.

Selain itu, surat lamaran yang bagus berpotensi meyakinkan HRD bahwa kamu adalah orang yang tepat untuk posisi pekerjaan yang kamu lamar.

Untuk memastikan Anda berhenti meremehkan milik Anda, berikut adalah beberapa hal yang harus Anda ketahui tentang surat lamaran.

Maka dari itu, artikel ini akan membahas tentang serba serbi cover letter, mulai dari definisi, fungsi, hingga tips membuat cover letter yang efektif untuk kamu yang fresh graduate.

Simak pembahasannya berikut ini!

Apa Itu Cover Letter?

tips membuat cover letter 3

Cover letter merupakan sebuah dokumen tertulis yang biasanya diajukan dengan lamaran pekerjaan yang berisi profil singkat dan minat pelamar pada posisi pekerjaan tertentu.

Dokumen ini seringkali merupakan salah satu dari hanya beberapa dokumen yang dikirim ke perekrut, seperti CV dan portofolio, guna mempengaruhi dan meyakinkan mereka.

Tujuan pembuatan cover letter adalah untuk memperkenalkan diri kamu secara singkat serta meringkas latar belakang profesional kamu.

Rata-rata, surat lamaran terdiri dari 250 hingga 400 kata. Surat lamaran yang baik dan efektif dapat memicu minat perekrut dan membuat mereka membaca resume kamu.

Sedangkan surat lamaran yang kurang efektif, akan membuat perekrut kurang tertarik untuk membaca resume kamu lebih lanjut, bahkan langsung ke mesin penghancur kertas.

Jadi, untuk memastikan ini tidak terjadi, penting untuk mengetahui cara menulis surat lamaran yang efektif dan meyakinkan.

Namun, perlu diingat bahwa surat lamaran adalah pelengkap resume kamu, bukan pengganti.

Artinya, kamu tidak perlu mengulangi yang sudah disebutkan di resume ke dalam surat lamaran kamu.

Jika kamu termasuk salah satu fresh graduate dan menulis surat lamaran untuk pertama kalinya, mungkin tampak cukup sulit.

Namun kamu tidak terlalu membutuhkan kreatifitas atau keahlian dalam menulis untuk membuat surat lamaran yang efektif.

Cukup dengan menyoroti dan fokus pada keterampilan dan pengalaman yang kamu relevan dengan posisi pekerjaan yang kamu lamar.

Isi surat lamaran kamu dengan menguraikan kualifikasi, pengalaman, dan sifat kerja positif yang kamu miliki.

Surat lamaran yang ditulis dengan baik juga menunjukkan bahwa kamu punya skill komunikasi tertulis yang kuat.

Cover letter memungkinkan perekrut untuk lebih baik dalam memahami tentang kesesuaian kamu dan potensimu untuk suatu posisi.

Ketika surat lamaran kamu sedang ditinjau, di situlah titik di mana kesan pertama dibuat sehingga menjadikannya bagian penting dari aplikasi kamu.

Baca juga: t8 Tips Sukses Walk In Interview Bagi Fresh Graduate

Apa Saja Fungsi Cover Letter?

Surat lamaran yang baik akan meningkatkan peluang kamu untuk diundang ke wawancara kerja. Selain itu, apa saja fungsi dari cover letter yang wajib kamu ketahui?

1. Menonjolkan Minat dan Bakat Pelamar

Minat sangat berhubungan dengan bakat dan skill yang paling cocok untuk pelamar. Disini juga menjadi salah satu fungsi cover letter.

Dengan menonjolkan minat dan bakat para perekrut akan lebih dimudahkan. Dengan demonstrasi minat ini penempatan pelamar bisa lebih diarahkan.

Dengan penempatan yang tepat akan membuat kinerja lebih membaik dan kondusif. Hal ini juga sangat berhubungan dengan fungsi lain dari cover letter.

2. Memudahkan Perekrut untuk Memahami Potensi Kerja Kamu

Melalui surat lamaran yang kamu kirim, perekrut dapat mempelajari dan memahami lebih banyak tentang diri, kepribadian, minat kerja kamu.

Selain itu, pihak perekrut akan memperoleh gambaran tentang alasan kamu melamar dan menginginkan suatu jabatan.

Dan lagi, perekrut bisa mendapat pandangan yang lebih rinci tentang pencapaian kamu.

3. Untuk Merangkum Latar Belakang Profesional Kamu

Sebagian besar lowongan pekerjaan sekarang ini dilakukan secara online dan tidak lagi memerlukan aplikasi fisik.

Namun kamu tetap perlu untuk mengirim cover letter melalui email kepada perusahaan.

Cover letter merupakan cara untuk merangkum pengalaman profesional dan akademik kamu.

Hal ini mencakup pengetahuan dan keterampilan yang kamu peroleh selama menempuh pendidikan, misal pencapaian akademik, organisasi, dan sebagainya.

Baca juga: Noted! Inilah Perbedaan CV dan Resume yang Perlu Kamu Ketahui!

4. Self Branding Sebagai Pelamar yang Ideal

Sebagai pelamar yang baik pastinya memiliki self image yang unggul. Self branding dapat dibentuk melalui cover letter.

Surat lamaran harus ditulis dengan baik agar para perekrut berpeluang lebih merekomendasikan pelamar dengan profil lebih unggul.

Kamu harus membuat surat lamaran dengan efektif agar kamu menjadi pelamar yang lebih ideal.

5. Memudahkan Penentuan Pasar

Dengan lebih mengenal diri kamu akan memudahkan penentuan pasar. Dengan begitu kamu dapat menentukan mau melamar kemana.

Kamu harus dapat menyesuaikan penentuan pasar sesuai dengan minat, bakat, skill dan juga latar belakang professional.

Dengan begitu potensi dan peluang diterima dalam pekerjaan yang kamu pilih akan menjadi lebih besar lagi.

6. Membuat Resume Kamu Lebih Profesional

Dengan mempresentasikan cover letter dengan baik, akan membuat resume kamu lebih professional.

Hal ini akan membuat peluang diterima kerja akan lebih tinggi lagi. Semakin banyak jam terbang akan menambah pencapaian dalam cover letter kamu.

Dengan begitu resume kamu dapat lebih diprioritaskan oleh perekrut.

Baca juga: Tips Interview Kerja Agar Peluang Diterima Makin Besar!

Tips Membuat Cover Letter yang Meyakinkan

Bagi sebagian orang mungkin membuat cover letter terlihat sangat sulit. Hal ini bisa saja terjadi karena kurangnya pengalaman dalam dunia kerja secara langsung.

Membuat cover letter ini memang tidak bisa sembarangan. Kamu harus menonjolkan minat, bakat, skill dan latar belakang professional kamu.

Bagi kamu yang merasa hal serupa. Ada beberapa tips yang bisa mempermudah kamu dalam membuat cover letter untuk sebuah perusahaan

Berikut beberapa tips membuat cover letter anti gagal yang bisa kamu aplikasikan pada resume kamu.

  1. Cari Tahu Informasi Perusahaan dan Divisi yang Dituju. Dengan mengetahui informasi akan membuat kamu lebih percaya diri saat melakukan sesi wawancara kerja.
  2. Mengenal Diri dan Passion Diri Kamu. Dengan mengenal diri dan passion kamu akan lebih mudah memilih divisi dan perusahaan yang sesuai
  3. Buat Agar Mudah Dibaca. Cover letter tidak harus panjang. Buat lebih pendek tetapi mudah di baca dan mudah di mengerti.
  4. Presentasikan dengan Menarik dan Mudah Dipahami. Gunakan simbol, flag, catatan merah, atau hal yang menarik pada sesuatu yang ingin kamu tonjolkan. Gunakan kata-kata dan kalimat yang mudah dipahami untuk menyampaikan maksud kamu sehingga perekrut tidak perlu menghabiskan terlalu banyak waktu untuk membacanya.

Nah, itu tadi beberapa ulasan terkait tips membuat cover letter yang meyakinkan untuk kamu para fresh graduate yang bisa kamu praktekkan.

Untuk cover letter sebenarnya tidak diwajibkan ada pada setiap resume yang kamu buat untuk melamar sebuah perusahaan.

Namun dengan membuat cover letter dengan baik, akan membuat perekrut lebih yakin terhadap potensi kamu.

Buat kamu yang masih fresh graduate yang notabenenya kurang pengalaman dalam dunia kerja, perlu banget nih menggali potensi kamu.

Salah satu caranya adalah dengan tes asesmen secara online bersama Ekrutes.id yang merupakan platform asesmen yang mudah, cepat, dan efektif.

Dengan mengetahui bakat dan potensi kamu, maka kamu akan dengan mudah mengisi cover letter dan meningkatkan peluang kamu untuk diterima dalam sebuah perusahaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *