Kenali Kepribadian Diri Agar Dapat Menemukan Karir yang Tepat

kenali diri untuk menentukan karir

Bagi kamu yang fresh graduate, mencari pekerjaan dengan karir yang menjanjikan menjadi prioritas utama.

Mencari pekerjaan dengan skill dan kebutuhan jurusan yang linier dengan ijazah menjadi salah satu solusi bagi kamu.

Selain itu, kamu juga harus mempertimbangkan kembali tentang lowongan dan karir yang ingin kamu ambil.

Jangan karena lingkungan kerja yang tidak sesuai dengan kepribadian kamu membuat pekerjaanmu tidak mendapatkan hasil yang optimal.

Tetapi bagi sebagian orang mencari karir yang sesuai dengan kepribadian terbilang cukup sulit.

Karena kondisi di lapangan dengan ekspektasi kamu bisa saja jauh berbeda. Belum lagi lingkungan kerja yang buruk membuatmu semakin terpuruk.

Bagi kamu yang ingin berkarir dan sesuai dengan passion dan kepribadian kamu bisa mengikuti cara menemukan karir yang cocok sesuai kepribadian di bawah ini.

Hubungan Karir dan Kepribadian

Sebelum berlanjut ke cara menemukan karir yang cocok sesuai kepribadian kita bahas dulu mengenai hubungan karir dan kepribadian mu.

Hubungan yang paling jelas adalah kepribadian seseorang dapat menunjukkan seberapa besar tingkat stres seseorang.

Kita ambil contoh orang dengan kepribadian yang optimis memiliki tingkat stres yang lebih rendah daripada orang yang pesimis.

Dengan kata lain orang yang memiliki kepribadian optimis dapat mengambil pekerjaan dengan tekanan pekerjaan yang tinggi bahkan intens.

Sedangkan orang yang pesimis bukan berarti tidak bisa mengambil pekerjaan yang sama, tetapi kurang cocok dalam pekerjaan dengan tekanan tinggi.

Hal ini disebabkan karena orang pesimis memiliki tingkat stress yang tinggi yang dapat menghambat pekerjaan yang memiliki tekanan tinggi.

Sebuah studi penelitian menghasilkan bahwa kepribadian terbagi menjadi 5 jenis yang sering disebut dengan The Big Five.

Lima diantaranya adalah neurotisme, kesadaran, extrovert, keramahan, dan keterbukaan. Kepribadian ini sangat berpengaruh pada tingkat kesuksesan karir.

Baca juga: 7 Pekerjaan yang Cocok untuk Introvert dan Bergaji Besar

Optimis dan Kesuksesan Karir

karir dan kepribadian

Seperti yang disebutkan sebelumnya bahwa dengan optimis tingkat stres akan semakin rendah. Hal itu akan menunjang kesuksesan karirmu.

Orang yang memiliki kepribadian ekstrovert biasanya lebih optimis, sebaliknya orang yang memiliki kepribadian neuroticism biasanya lebih pesimis.

Kestabilan emosi dan pengaturan stres para ekstrovert akan membantu dalam pekerjaan. Dengan emosi yang stabil pekerjaanmu bisa lebih cepat selesai.

Jika kamu memiliki prosentase dan hasil pekerjaan yang baik akan membuka peluang mu dilirik atasan, naik gaji, bahkan naik jabatan.

Maka dari itu optimis memang Menunjang kesuksesan karirmu. Sedangkan saat kamu memiliki pesimisme yang tinggi akan menghambat pekerjaanmu.

Saat kamu lebih banyak melakukan dan memikirkan hal negatif terhadap pekerjaan dan hasil dari pekerjaan yang sedang kamu lakukan akan membuat ekspektasimu melayang.

Hal ini akan sangat berpengaruh pada jenjang karirmu, kenapa bisa begitu? Hal ini bisa terjadi karena saat ekspektasi tidak sesuai dengan kenyataan akan membuatmu tertekan.

Saat kamu stres pekerjaanmu akan terhambat. Saat pekerjaanmu terhambat kinerjamu akan menurun dan membuat peluang kamu sukses karir semakin kecil.

Lalu bagaimana kamu harus menyikapi kepribadian yang kamu punya dan karir. Jawabannya sangat sepele, yaitu menentukan karir sejak awal.

Cara Menemukan Karir yang Cocok sesuai Kepribadian

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa kepribadian sangat berpengaruh pada jenjang karir. Maka dari itu, menentukan dari awal adalah salah satu caranya.

Berarti kamu harus dapat menemukan karir yang cocok dengan kepribadian yang kamu miliki sedari awal kamu berkarir.

Hal ini dapat meminimalisir kesalahan kerja, perbedaan ekspektasi dan realita, dan juga meningkatkan peluang sukses pada karirnya.

Lalu bagaimana cara menemukan karir yang cocok sesuai kepribadian kamu. Ikuti beberapa rekomendasi caranya berikut ini!

1. Berdamai dengan Diri

Dengan berdamai dengan diri kamu dapat menggali potensi paling dalam pada diri.

Dan kamu dapat menyesuaikan kepribadian dengan karir yang akan kamu pilih.

Berdamai yang dimaksud adalah menerima segala kekurangan dan mengerti akan kelebihan diri, untuk dapat terus ditingkatkan dan menjadi lebih baik.

2. Temukan Aktivitas sesuai Hobi

Kamu dapat menemukan hobi dan aktivitas yang dapat mengisi waktu luang.

Hal ini dapat membantumu melepaskan penat dan membuatmu lebih positif.

Selain itu dengan melakukan aktivitas sesuai hobi akan membuka koneksi baru.

Dengan bertambahnya koneksi dapat menjadi keuntungan kamu di kemudian hari.

Baca juga: Cara Mengenali Potensi Diri Agar Dapat Memilih Karir Yang Tepat

3. Asah Keterampilan yang Sesuai dengan Diri

Selain itu kamu perlu mengasah skill atau keterampilan yang sesuai diri.

Dengan begitu kamu dapat mencari pekerjaan yang sesuai untuk kepribadianmu.

Mengasah keterampilan yang sesuai dengan kepribadian akan mempermudah meningkatnya skill dan meningkatkan peluang mendapat karir yang sesuai.

4. Gali Potensi Tersembunyi

Terkadang hanya karena kurangnya kepercayaan diri membuat potensi dalam diri juga terhambat dan susah keluar.

Dengan mengikuti minat akan membuka potensi yang sudah lama terpendam.

Saat potensi sudah tergali kamu juga harus mengembangkan dan mencegahnya kembali.

5. Lakukan Observasi pada Karir yang Akan Kamu Lakukan

Kamu harus meneliti tempat kerja dan pekerjaan yang kamu lakukan.

Dengan harapan mendapat hasil optimal kamu harus meneliti nya dengan seksama.

Dengan mengetahui informasi mengenai tempat kerja dan pekerjaan akan menambah peluang lolos pada sesi wawancara dan menunjang kesuksesan karirmu.

6. Memperluas Koneksi

Koneksi dapat menambah persentase keberhasilan kamu. Apalagi dengan banyaknya koneksi akan menambah wawasan dan banyaknya bank informasi.

Selain itu kamu dapat melakukan interaksi dan aktivitas baru dengan koneksi baru.

Hal ini juga dapat membantu kamu stress release.

Baca juga: Tipe Kepribadian dalam DISC Personality, Yang Manakah Kamu?

7. Mengikuti Seminar 

Mengumpulkan sertifikat pelatihan dan mengikuti sertifikat adalah salah satu cara terbaik menggali potensi, menambah koneksi, dan menambah peluang lolos wawancara.

Selain itu dengan bertambahnya wawasan karena mengikuti seminar membantumu dalam kesuksesan berkarir. Karena pekerjaan akan semakin cepat selesai.

8. Upgrading Skill

Skill yang kamu miliki sekarang harus selalu kamu upgrade dengan mengikuti berita terkini terkait passion dan pekerjaanmu. Mengikuti pelatihan jadi salah satu jalan.

Dengan meningkatnya skill akan meningkatnya skill akan membantu pekerjaanmu lebih cepat selesai serta pemecahan masalah yang bisa terjadi pada karirmu.

9. Update Berita Terkini

Selalu mengupdate berita terkini terkait pekerjaan dan juga karirmu. Dengan begitu dapat membuatmu lebih semangat dan memperbanyak bahan pembicaraan.

Kamu harus selalu tahu perkembangan terhadap pekerjaan dan karirmu. Hal ini juga dapat menjadi evaluasi untuk kamu di kemudian hari.

10. Stress Release

Terkadang kamu juga harus melakukan stress release seperti berlibur dan piknik. Hal ini dapat membantumu berpikir tenang dengan kepala dingin.

Jika kamu berpikir dengan tenang dan tidak terburu buru tingkat kebersihan pada pilihan karirmu dapat lebih optimal. Jadi stress release seperlunya terkadang juga diperlukan

Nah, demikianlah artikel tentang hubungan karir dengan kepribadian. Informasi tersebut bisa kamu pakai sebagai cara untuk menemukan karir yang cocok sesuai kepribadian kamu.

11. Melakukan Tes Asesmen

Setelah mengetahui betapa pentingnya menjalani karir yang sesuai dengan karakter dan kepribadian, maka kamu perlu melakukan asesmen.

Tujuannya supaya lebih mengenali karakter dan potensi kamu dalam dunia kerja. Salah satu asesmen yang jitu adalah psikotes.

Kini, psikotes bisa kamu lakukan secara online lewat laptop atau smartphone tanpa perlu kamu keluar rumah berkat Ekrutes.id

Jadi lebih aman dan menghemat waktu serta tenaga. Platform mana lagi yang menyediakan psikotes online dengan mudah, cepat, dan hasilnya pun terbukti valid dan reliabel?

Tinggal download aja aplikasi Ekrutes.id yang sudah tersedia di Playstore!

Leave a Reply

Your email address will not be published.