Kosakata Yang Sering Digunakan Dalam Dunia Kerja #2

Beradaptasi di kantor bukan hanya sekedar adaptasi pekerjaan dan peraturan, tetapi juga adaptasi dalam berkomunikasi. Memasuki dunia baru yaitu dalam karir professional, tentu terdapat kosakata-kosakata baru yang mungkin belum pernah kamu dengar sebelumnya.

Untuk pembahasan kosakata yang sering digunakan dalam dunia kerja bagian pertama, klik disini.

Nah…simak kosakata-kosakata lainnya di bawah ini agar dapat memperluas pengetahuan kamu!

1. Framework

Framework merupakan kata lain dari kerangka kerja. Framework digunakan untuk membuat rencana kerja yang akan dilakukan, mulai dari persiapan hingga eksekusinya. Kosakata ini lebih sering digunakan oleh tim teknis, IT, ataupun developer dalam membuat kerangka kerja ketika akan melakukan koding, design, dll.

2. Quotation

Mungkin saat sekolah, kamu jarang mendengar kata Quotation. Sebenarnya quotation adalah rincian harga dalam transaksi keuangan. Biasanya quotation sendiri berbentuk suatu surat penawaran yang didalamnya terdapat rincian harga. Quotation dibuat untuk memberikan penawaran barang atau jasa dalam bisnis B2B.

3. Reimburse

Jika berbicara tentang reimburse, erat kaitannya dengan bagian keuangan atau finance. Reimburse merupakan usaha mengganti biaya yang dikeluarkan oleh pegawai secara sengaja ataupun tidak sengaja untuk kepentingan perusahaan, seperti biaya transportasi, bensin, tol, atau konsumsi.

Baca Juga : Tertarik Dengan Dunia Psikologi?

4. Cluase

Clause sering dikenal dengan klausul perjanjian. Klausul perjanjian ini di dalamnya terdapat ketentuan-ketentuan yang disepakati dari kedua belah pihak yang akan bekerjasama. Jadi, jika kamu saat bekerja diminta untuk membuat clause, itu berarti kamu diminta untuk membuat ketentuan-ketentuan kerjasama.

5. Allowance

Allowance merupakan tunjangan diluar gaji utama sebagai bentuk imbalan atau apresiasi atas performa kerja karyawan dari perusahaan. Terdapat bermacam-macam allowance, seperti holiday allowance, overtime allowance, meal allowance, dll.

unsplash.com
6. Service Level Agreement

Kosakata ini sering disebut SLA. Service Level Agreement merupakan kontrak atau kesepakatan antara perusahaan dengan penyedia layanan yang menyatakan dengan rinci terkait permintaan dan kewajiban dari hubungan tersebut. SLA berguna sebagai blueprint layanan yang disediakan vendor dan dapat melindungi aset perusahaan.

7. Board of Directors

Mungkin ketika kamu masuk ke dunia kerja, akan mendengar kalimat seperti “besok lusa dipersiapkan ruangan untuk jajaran BOD ya”. Board of Directors atau BOD merupakan sekelompok pengawas, dan pengelola perusahaan yang terdiri dari perwakilan pemegang saham mayoritas, pendiri usaha, kreditor utama, dan orang-orang lainnya yang berjasa atas berdirinya perusahaan.

8. Stockholder

Stockholder merupakan pemangku utama dalam suatu perusahaan. Stockholder bisa jadi sebuah individu atau badan usaha yang memiliki saham dala suatu perusahaan. Peran stockholder sendiri yaitu mengembangkan modal perusahaan. Biasanya memiliki hak khusus tergantung dari jenis sahamnya.

Semua kosakata ini bisa kamu hafalkan dan kamu pahami untuk memperkaya pengetahuan kamu ketika masuk ke dunia kerja professional.

Untuk mendapatkan informasi lengkap seputar pengembangan karir, informasi lowongan kerja, dan psikotes online gratis, temukan sekarang juga disini ya!

Hi, I’m Ekrutes Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *