Ini Kemampuan Yang Harus Dimiliki Posisi CRM Specialist

Pernah melihat lowongan untuk posisi CRM Specialist? Sebenarnya posisi apakah itu?

CRM merupakan singkatan dari Customer Relationship Management. CRM sendiri merupakan strategi atau teknik yang digunakan perusahaan untuk membangun, mempertahankan, dan mendapatkan pelanggan baru.

Posisi CRM Specialist di perusahaan memiliki tugas untuk mengolah data dan melakukan analisis data pelanggan untuk memahami pola transaksi dari pelanggan. Berikut beberapa deskripsi kerja seorang CRM Specialist;

Baca Juga : Ini Cara Menghadapi Rekan Kerja Yang Suka Menunda

  1. Menjalankan sistem CRM untuk memastikan aktivitas CRM berjalan lancar dan mendapatkan informasi penting dari pola transaksi pelanggan.
  2. Memastikan update database dan menggolongkan database agar aktivitas marketing terarah dan sesuai dengan target penawaran.
  3. Memonitor dan memkasimalkan profitabilitas.
  4. Melakukan komunikasi dengan pelanggan untuk kebutuhan layanan dan survei kebutuhan.
  5. Rekapitulasi keluhan pelanggan dan analisa masukan perbaikan.

Data-data yang didapatkan CRM biasanya digunakan sebagai dasar untuk merancang kembali suatu produk atau program yang sesuai dengan kebutuhan pasar.

Lalu, kemampuan apa saja kemampuan yang dibutuhkan untuk posisi CRM Specialist?

unsplash.com
1. Teliti dan Rapi

Tugas dari CRM Specialist salah satunya adalah memasukkan dan melakukan pengolahan data. Kamu akan sering melakukan input data pelanggan yang berupa narasi, angka hingga skala. Nah…untuk bisa melakukan ini, kamu harus dapat bekerja dengan teliti dan rapi agar tidak ada kesalahan memasukkan data, mengubah data, atau membaca data.

2. Kemampuan Analisis

Selain melakukan input data, seorang CRM Specialist juga harus dapat melakukan analisis data. Analisis data dilakukan dengan cara mengolah data agar dapat memvisualisasikan data, menganalisis hubungan 2 variabel, membuat dan menguji hipotesis, hingga menarik kesimpulan dari analisis data. Tentu bukan pekerjaan mudah. Kamu harus mampu berpikir secara kritis ketika bekerja.

3. Teamwork

Kemampuan ini merupakan kemampuan dasar yang harus dimiliki seseorang yang posisinya sebagai CRM Specialist. Tugas bekerja CRM bukan tipe bekerja mandiri. Kamu harus dapat berkomunikasi dengan pelanggan dan divisi lain. Maka dari itu, CRM harus bisa bekerja secara teamwork. Memiliki komunikasi interpersonal yang cukup baik, rasa empati, kejujuran serta keterbukaan.

4. Problem Solving

Sebagai CRM Specialist, kamu harus bisa mengambil keputusan atau problem solving. Hal ini membantumu saat kamu harus berhadapan dengan pelanggan yang mengalami kendala atau memberikan keluhan. Sebagai CRM kamu harus dapat merespon secara sopan, positif dan solutif.

Pada umumnya, posisi CRM tidak berpatokan pada lulusan tertentu. Namun perlu ditekankan lagi bahwa setiap perusahaan memiliki syarat dan ketentuan. Pastinya, jika kamu ingin melamar posisi ini penuhi kemampuan diatas dan pahamai deskripsi kerjanya ya.

Info seputar lowongan kerja terbaru, pengembangan diri dan psikotes online gratis kunjungi EKRUTES.ID disini ya!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.