Kosakata yang Sering Digunakan dalam Dunia Kerja

Pernah nggak sih kamu menemukan kosakata baru ketika baru kerja untuk pertama kalinya?

Supaya kamu bisa beradaptasi dengan cepat, salah satu caranya adalah memperbanyak komunikasi dengan para rekan-rekan kantor kamu. Kamu perlu mengamati dan mempelajari cara dan tipe komunikasi mereka. Nah, sekedar informasi buat kamu yang baru lulus, terkadang di dalam dunia kerja terdapat beberapa kosakata yang mungkin baru kamu dengar dan ketahui.

Daripada kamu kebingungan ketika berbicara dengan rekan atau atasan kamu, ada baiknya kamu simak beberapa bocoran kosakata yang sering digunakan dalam dunia kerja,

Baca Juga : Kenali Lingkungan Kerja Toxic!

1. Probation

Kata ini berarti masa percobaan. Kata probation sebenarnya untuk menggambarkan status seseorang ketika belum menjadi pegawai tetap. Probation sendiri biasanya diberlakukan selama 3 bulan. Selama masa probation, perusahaan akan memberikan pelatihan untuk karyawan baru dan juga melaksanakan penilaian karyawan.

Unsplash.com
2. Training

Kata ini memiliki arti pelatihan. Biasanya kata-kata ini digunakan untuk mendeskripsikan suatu kegiatan yang difasilitasi oleh perusahaan untuk meningkatkan kemampuan para karyawannya.

3. Overtime

Kamu perlu tahu kosakata ini sih kalau udah kerja. Yap! Overtime artinya bekerja diluar jam kerja atau lembur. Setiap perusahaan memang memiliki kebijakan yang berbeda, tapi beberapa perusahaan akan memberikan uang tambahan atau upah kepada pegawai yang overtime.

4. Invoice

Kalau kamu sering diminta tolong untuk membelikan suatu barang/jasa untuk keperluan kantor, kamu wajib mengetahui kosakata ini. Invoice berarti kwitansi pembayaran. Invoice berbentuk kertas pembayaran yang terdapat informasi seperti barang/jasa apa yang kamu beli, jumlah, dan harga. Nantinya, invoice ini akan kamu berikan kepada finance sebagai bukti bahwa transaksi ini dilakukan untuk keperluan kantor.

5. Annual LeaveĀ 

Sebenarnya ini kosakata yang juga cukup sering terdengar. Maksud dari annual leave adalah cuti. Semua karyawan memiliki hak atas annual leave.

Bagaimana? Sudah siap masuk kerja? Sekarang sudah tidak perlu bingung lagi kalau rekan atau atasan kamu mengatakan kosakata-kosakata tersebut ya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.