5 Pertimbangan Sebelum Melamar Kerja

Mungkin kamu sudah terlalu lama berusaha mendapatkan pekerjaan, kesana kemari melamar pekerjaan tapi belum juga mendapatkan pekekerjaan. Pada akhirnya kamu akan berada pada titik, “ah… dimana aja pokoknya dapat kerja”. Kamu pasti merasa lelah sampai pada akhirnya apapun pekerjaannya, dimanapun kerjanya akan kamu lamar.

Baca Juga : Ini Cara Menghadapi Konsumen Marah!

Perlu diingat walaupun kamu sangat membutuhkan pekerjaan, melakukan pertimbangan sebelum melamar pekerjaan adalah hal wajib. Pertimbangan yang kamu lakukan ini bukan untuk membatasi kesempatan, tapi justru untuk memperbesar kesempatan kamu mendapatkan kerja dan juga dapat terhindar dari lowongan kerja palsu. Lebih jelasnya, simak pertimbangan – pertimbangan ini sebelum melamar kerja!

1. Pastikan Bukan Lowongan Kerja Bodong

Banyak sekali platform job portal maupun sosial media yang memberikan informasi tentang lowongan kerja dari berbagai perusahaan. Lakukan double-check untuk memastikan lowongan yang kamu dapat berasal dari perusahaan yang benar. Kamu dapat mengunjungi website dari perusahaan tersebut untuk menemukan info seputar kesempatan karir yang tersedia. Selain itu, kamu juga dapat memastikannya dari alamat email. Biasanya dalam proses rekrutmen, perusahaan menggunakan email resmi dengan domain nama perusahaan, seperti rekrutmen@ekrutes.id. 

2. Seberapa Jauh Lokasi Kantor

Permasalahan jarak menjadi pertimbangan wajib sebelum melamar kerja. Jika kamu merasa ideal untuk mendapatkan kerja yang tidak jauh dari rumah, maka carilah pekerjaan yang lokasi penempatannya sesuai dengan domisilimu. Namun, jika kamu tidak masalah mendapatkan penempatan kerja yang berbeda dari domisili, maka pikirkan rencana tempat tinggal kamu kedepannya.

3. Lowongan Kerja Sesuai Dengan Rencana Karir

Kecenderungan kita sebagai pencari kerja adalah langsung melamar kerja dengan harapan adanya keberuntungan. Padahal tidak semua lowongan kerja dapat mendukung rencana karir jangka panjang kamu. Contohnya, pekerjaan yang kamu lamar tidak sesuai dengan rencana karir kamu ataupun pekerjaan yang kamu lamar tidak menawarkan pengalaman karir yang meningkatkan kemampuan professional.

unsplash.com
4. Kesesuaian Kualifikasi Yang Dibutuhkan

Baca baik-baik lowongan kerja yang akan dilamar, dan lihatlah kualifikasi yang dibutuhkan perusahaan. Dalam sebuah lowongan kerja, biasanya perusahaan mencantumkan deskripsi pekerjaan, pengalaman, keterampilan, dan latar belakang yang dicari dalam kandidat. Kalau kamu dirasa tidak sesuai dengan kualifikasi yang dibutuhkan, sebaiknya urungkan niatmu. Apa yang sudah ditulis pada lowongan kerja merupakan standar minimal rekruter dalam screening CV.

5. Gaji Yang Ditawarkan Sesuai Dengan Kebutuhan

Informasi gaji biasanya tidak ditulis dalam lowongan kerja, namun hal ini akan dibicarakan setelah terjadi perbincangan dengan rekruter. Jika perusahaan tidak memberikan informasi gaji, kamu dapat melakukan riset di Google terkait rentang gaji pada tugas pekerjaan dan level jabatan yang sedang diperlukan. Pertimbangan gaji ini dimaksudkan agar kamu mengtahui apakah gaji yang ditawarkan dapat memenuhi kebutuhan sehari-hari, menabung, dan kebutuhan lainnya.

Begitulah beberapa pertimbangan sebelum kamu melamar kerja. Nah…setelah kamu mengetahui ini, selanjutnya coba terapkan pertimbangan-pertimbangan tersebut ya.

Untuk mendapatkan informasi seputar lowongan kerja terbaru, tips pengembangan diri dan karir, serta psikotes online gratis, kunjungi EKRUTES.ID disini ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *