Ini Kelebihan Dari Lulusan Sekolah Kejuruan

Siapa disini yang merasa minder hanya karena kamu lulusan SMK?

Mungkin karena selama ini SMK banyak dipandang sebelah mata oleh sebagian masyarakat. Nyatanya, lulusan dari Sekolah Kejuruan atau SMK justru memiliki lkelebihan dalam menguasai suatu bidang secara mendalam dan tentunya sudah memiliki pengalaman magang di perusahaan – perusahaan besar loh!

Jadi sebenarnya apa saja kelebihan dari lulusan SMK?

Baca Juga : Yuk Upgrade Skill Tahun 2022!

1. Menguasai Bidangnya

Masuk SMK itu tidaklah mudah. Saat SMP, kamu sudah harus mengetahui minat bidang karir yang disukai. Hal ini dikarenakan saat kamu berada di sekolah kejuruan, pelajaran yang kamu dapat berfokus pada bidang yang kamu pilih saja. Tentunya, kamu akan sangat menguasai bidang tertentu secara mendalam.

unsplash.com
2. Bukan Hanya Teori

Tidak hanya mempelajari teorinya saja tetapi juga prakteknya. Kamu sebagai lulusan dari sekolah kejuruan memiliki ilmu pengetahuan yang lengkap. Kelebihan ini yang membedakan kamu dengan lulusan lainnya. Keadaan ini memungkinkan kamu untuk dapat mengaplikasikan teori ke dalam sebuah aksi, sehingga kamu unggul dalam praktek.

3. Mental Siap Kerja

Lulusan sekolah kejuruan rata-rata sudah memiliki mental siap bekerja. Fokus pembelajaran pada bidang tertentu dan memiliki kelebihan dalam praktek, kamu memang disiapkan untuk dapat langsung terjun ke dunia kerja setelah lulus. Semakin sering praktek, kamu menjadi paham betul bagaimana sebuah tugas atau pekerjaan harus diselesaikan dengan berbagai macam resikonya.

unsplash.com
4. Keterampilan Tambahan

Siapa disini yang mendapatkan pelatihan soft skill dari sekolahnya? Kamu lulusan SMK pasti akan dibekali dengan keterampilan tambahan diluar materi pelajaran. Pelatihan soft skill ini seperti public speaking, entrepreneurship, leadership, dll. Ini menjadi poin plus bagi kamu lulusan sekolah kejuruan.

5. Memiliki Pengalaman

Rata-rata kamu lulusan sekolah kejuruan pasti memiliki pengalaman magang. Hal ini karena magang menjadi syarat wajib dari sekolah kejuruan. Jika kamu memiliki pengalaman ini sebelum lulus, maka ini bisa menjadi portofolio kamu ketika kamu mencari kerja.

Bagaimana? Apakah kamu masih minder karena kamu lulusan SMK? Intinya, apapun lulusan kamu, tetap munculkan semangat untuk terus belajar untuk mengembangkan pengetahuan dan keterampilan kamu.

Informasi seputar lowongan kerja terbaru, tips pengembangan diri dan psikotes online gratis, kunjungi EKRUTES.ID disini ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published.