Tips Produktif Selama Bulan Puasa

Nggak bisa ngemil dan ngopi disela-sela jam kerja karena puasa, ngantuk nggak sih?

Memasuki bulan puasa tentu kebiasaan ngopi dan ngemil untuk semantara waktu nggak bisa kamu lakukan. Selama puasa, kurangnya asupan karbohidrat dan protein saat sahur dapat membuatmu menjadi lemas, ngantuk sehingga mempengaruhi konsentrasi kamu saat kerja.

Baca Juga : Enaknya Remote Working!

Lalu, apa saja yang bisa kita lakukan agar kita bisa tetap produktif walaupun sedang puasa?

1. Buat To-do-list

Usahakan untuk list dan cek email kamu sebelum pulang kerja. Susun rencana kerja yang akan kamu lakukan di kemudian hari. Menyusun jurnal membantu kamu untuk dapat menggunakan waktu sebaik mungkin agar tidak terbuang sia-sia. Kamu bisa menggunakan Google Calendar untuk membantumu dalam mengingat agenda penting yang harus kamu lakukan.

2. Buat Skala Prioritas

Sebelum kamu merasa lelah, lemas, dan ngantuk, ada baiknya kamu memprioritaskan pekerjaan yang penting. Manfaatkan waktu sebaik mungkin agar kamu dapat mengerjakan yang penting dalam kondisi yang prima.

3. Gunakan Jam Istirahatmu Untuk Power Nap

Jika tidak puasa, kamu mungkin akan sibuk mencari jam makan siang di jam istirahat. Namun, gunakan jam istirahat kamu untuk tidur siang sejenak selama 15 – 30 menit atau sering disebut power nap. Tidur siang tentu dapat membantumu untuk mengembalikan energi dan mood kamu.

4. Hindari Lembur

Buat kamu yang saat bulan puasa harus bangun pagi karena sahur, sebaiknya hindari lembur kerja. Hal ini dapat memungkinkan kamu menjadi kurang waktu untuk istirahat. Alhasil, membuatkan melewatkan waktu sahur atau jadi mengantuk ketika jam kerja. Pintar-pintarlah untuk menggunakan waktu bekerjamu secara efektif sehingga dapat mengindar dari lembur.

5. Sahur dan Berbuka Dengan Makanan Bergizi

Sadarkah kalian bahwa makanan yang kamu konsumsi saat sahur juga dapat mempengaruhi energi kita dalam menjalankan aktivitas? Sebaiknya cukupi karbohidrat dan protein seperti susu, sayur, buah, daging, dan ikan saat sahur dan berbuka puasa. Hindari makanan ringan dengan bumbu karena memungkinkan kamu menjadi haus saat sahur.

Jangan sampai puasa menghambat produkivitasmu saat bekerja. Tips-tips diatas setidaknya bisa membantumu untuk meminimalisir konsentrasimu yang menurun akibat lemas dan mengantuk. Buat kamu yang sedang menjalankan ibadah puasa, semoga lancar sampai akhir ya.

Informasi seputar lowongan kerja terbaru, tips pengembangan karir dan psikotes gratis kunjungi EKRUTES.ID disini ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published.