Ini Yang Harus Kamu Lakukan Saat Mendapat Surat Peringatan Dari Kantor

Apa yang harus aku lakukan ya kalau dapat surat peringatan dari kantor? Takut!

Ketika bekerja, bisa jadi kamu akan mendapatkan tindakan disipliner. Tindakan disipliner ini dilakukan oleh perusahaan untuk mengoreksi performa kerja, perilaku dan menegur tindakan yang tidak pantas.

Baca Juga : Apa Itu CRM Specialist?

Biasanya ada dua jenis peringatan yang diberikan oleh perusahaan yaitu secara lisan dan tulisan. Saat kamu mendapatkan peringatan, maka sebagai karyawan kamu harus bisa memberikan tanggapan yang tepat namun tetap hati-hati.

Nah… berikut tanggapan professional yang bisa kamu lakukan saat mendapatkan peringatan dari kantor;

unsplash.com
1. Pahami Situasi

Saat pertama kali mendapatkan peringatan, kamu harus bersikap tenang. Walau kamu pasti kaget, gugup, takut dan kesal, usahakan tidak terbawa emosi sehingga bersikap defensif. Carilah tempat yang tenang agar kamu dapat memahami situasi yang sedang kamu hadapi. Hindari meninggikan suara, berteriak, atau nangis kencang di kantor.

2. Lakukan Konfirmasi

Setelah kamu menerima peringatan, baca dengan teliti dan pahami suratnya. Apabila terdapat peringatan yang mengganjal dan tidak adil, tentu kamu bisa mengkonfirmasinya. Apabila peringatan yang dituliskan tidak benar, maka kamu bisa mengajukan bantahan dengan menunjukkan bukti – bukti yang memperkuat argumenmu. Buat janji bertemu dengan atasan atau divisi terkait yang mengeluarkan surat peringatan untuk dapat menyampaikan sanggahanmu. Jangan lupa untuk membuat sanggahan tertulis dengan lampiran bukti-bukti ya.

unsplash.com
3. Introspeksi Diri

Sebenarnya ketika kamu mendapatkan surat peringatan dari kantor, kamu bisa memanfaatkannya agar dapat menjadi karyawan yang lebih baik lagi. Tidak mudah memang menerimanya, ada rasa kesal, malu, sedih dan kecewa. Maka dari itu, penting untuk meluangkan waktu agar bisa introspeksi diri. Kesalahan apa yang sudah kamu perbuatan dan apa dampak yang dihasilkan untukmu atau bahkan untuk rekan dan perusahaanmu.

4. Minta Masukkan dan Jangka Waktu Untuk Berubah

Jika kamu sudah melakukan introspeksi diri, langkah selanjutnya adalah bertanya pada atasan apa yang harus dilakukan untuk berubah sesuai harapan perusahaan. Untuk perbaikan ini kamu bisa meminta waktu kepada atasan atau pihak manajemen. Disini kamu harus bisa menerima konsekuensi apabila jangka waktu kesempatan tersebut telah habis dan tidak ada perubahan performa kerjamu.

unsplash.com
5. Jadikan Pembelajaran

Nggak salah kalau setelah mendapatkan peringatan dari kantor, kamu merasa stress. Namun, coba pahami keadaan dan nasehat atasan kamu. Kantor memberikan peringatan agar kamu tidak melakukan kesalahan yang bisa merugikan dirimu sendiri atau banyak orang. Pakai kesempatan ini untuk belajar agar tidak melakukannya lagi di perusahaan sekarang atau ketika nanti di perusahaan baru.

Info seputar lowongan kerja terbaru, tips pengembangan diri dan psikotes online gratis kunjungi EKRUTES.ID disini ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published.