5 Profesi Di Industri Kreatif

Kalau aku cuma kuliah di jurusan seni rupa, aku bisa kerja apa ya? Bisa jadi orang sukses gak?

Baru-baru ini tingkat kesuksesan seseorang tidak lagi dilihat dari dimana dia pekerja atau lulusan apa. Mungkin dulu seseorang dikatakan sukses ketika dia berprofesi sebagai dokter, atau seorang pegawai negeri sipil. Nyatanya, maraknya industri kreatif yang mulai bertebaran cukup berhasil menghapus stigma kesuksesan hanya berdasarkan profesi yang itu-itu saja.

Baca Juga : Apa Yang Harus Aku Lakukan Kalau Dapat SP?

Industri kreatif saat ini sedang berkembang pesat. Pada tahun 2019, industri kreatif di Indonesia menunjukkan eksistensinya dengan barhasil menyerap 17 juta tenaga kerja. Dalam industri kreatif, mayoritas tenaga kerja yang dibutuhkan adalah anak – anak muda yang memiliki daya kreativitas dan imajinasi yang tinggi. Penasaran apa saja profesi dalam industri kreatif yang bisa kamu pelajari lebih dalam?

Ini dia 8 profesi seru dan asyik di industri kreatif ;

unsplash.com
1. Desainer Grafis

Siapa nih yang waktu sekolah suka banget sama pelajaran seni rupa? Atau yang punya hobi menggambar? Sebaiknya mulai selami pengetahuan tentang desain grafis deh! Pekerjaan ini memungkinkan kamu untuk membantu perusahaan dalam mendesain logo, menggambar elemen dan ikon untuk kepentingan website atau desain publikasi, dan masih banyak lagi pekerjaan yang membutuhkan daya imajinasi. Posisi ini sangat memungkinkan kamu memiliki karir professional yang cemerlang.

unsplash.com
2. Creative Director

Buat kamu yang memiliki latar belakang desain, komunikasi, atau periklanan, posisi ini merupakan posisi eksekutif yang bisa kamu incar sebagai jenjang karir. Creative director merupakan kunci akhir dalam proses kreatif. Apakah hasil produksi sudah sesuai dengan keinginan klien, apakah jadwal promosi dan campaign sudah berjalan sesuai tujuan perusahaan, segala keputusan ada di tangan creative director.

unsplash.com
3. Foley Artist

Mungkin dari kalian ada yang masih asing dengan profesi ini. Tapi, kalau kamu memiliki latar belakang di dunia tarik suara, musik, coba deh mulai cari tau profesi ini. Foley artist merupakan orang yang bertanggung jawab untuk membuat semua suara yang ada dalam film atau pertunjukkan menjadi terdengar lebih realistis. Contohnya, dalam film membutuhkan suara angin gemuruh, maka tugas foley artist membuat suara angin menggunakan berbagai macam peralatan agar dapat membuat suara yang serupa.

4. Animator

Siapa disini alumni anak DKV jurusan animasi? Harusnya profesi ini nggak asing ya. Animator merupakan seseorang yang membuat rangkaian gambar menjadi sebuah animasi untuk tujuan film, iklan, serial tv, dan video games. Profesi ini masih banyak dibutuhkan, mengingat saat ini dunia digital terus berkembang pesat.

unsplash.com
5. Fotografer/Videografer

Buat kamu yang hobi hunting foto, yuk mulai tekuni dan seriusin. Di Indonesia cukup banyak insititusi Pendidikan jurusan fotografi, videografi atau multimedia. Industri kreatif membuka peluang karir yang menjanjikan untuk profesi ini. Profesi ini yang akan mengeksekusi pembuatan iklan komersial, film, video clip, dll.

Definisi sukses saat ini tidak harus kamu yang paham ilmu eksak. Kamu yang punya daya imajinasi, kreativitas, inovasi dan keterampilan juga memiliki jalan kesuksesan sendiri. Nggak ada lagi tuh anak pintar dan sukses kalau niai matematikanya bagus. Kamu punya nilai bagus di pelajaran seni rupa, olahraga, atau musik juga seseorang yang cerdas. Yuk, mulai cari jalan kesuksesanmu sendiri sesuai kemampuan, bakat dan minat kamu!

Informasi seputar lowongan kerja terbaru, tips karir dan pengembangan diri serta psikotes gratis kunjungi EKRUTES.ID disini ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published.