Perhatikan Bahasa Tubuh Ini Saat Wawancara

Tahukah kamu bahwa ketika wawancara berlangsung, mereka tidak hanya peduli dengan jawabanmu, tetapi juga memperhatikan bahasa tubuhmu?

Saat wawancara kerja pasti kamu merasa gugup, khawatir dan bingung. Semua keadaan tersebut bisa diketahui tidak hanya dari jawaban kamu, tapi juga dari bahasa tubuhmu. Menurut David Cohen, dalam buku Body Language: What You Need To Know, bahasa tubuh mampu mengungkapkan topeng-topeng yang kita pakai atau sering dianggap sebagai “isyarat bocor”. Isyarat yang sebenarnya tidak ingin kita berikan namun tidak dapat terkontrol dan terlepas dengan sendirinya.

Baca Juga : Tips Dapat Uang Dari Sosial Media

Penggunaan bahasa tubuh saat wawancara menunjukkan penekanan ekspresi pesan yang akan kamu sampaikan. Sehingga pesan yang dikirim menjadi lebih mudah dimengerti terutama saat mengirimkan pesan yang mengandung sebuah perasaan. Nah… berikut bahasa tubuh yang perlu kamu perhatikan saat wawancara kerja.

1. Berjabat Tangan

Berjabat tangan menjadi salah satu sikap yang diperhatikan saat wawancara. Melalui jabatan tangan, kamu dapat menunjukkan bagaimana ketegasan, keinginan, dan kepercayaan diri. Usahakan kamu menggenggam tangan dengan erat dan yakin. Hindari genggaman tangan yang terlalu lemah atau terlalu kuat.

unsplash.com
2. Kontak Mata

Mungkin beberapa dari kamu merasa malu ketik harus melakukan kontak mata. Namun usahakan kamu tetap melakukan kontak mata saat berbicara dengan pewawancara. Tidak perlu kontak mata yang intens, boleh sesekali menatap ke arah lain bila kamu merasa sudah tidak nyaman atau khawatir pewawancara menjadi tidak nyaman juga. Tips kontak mata untuk kamu yang pemalu, kamu bisa menatap di area T Zone, yaitu area tengah hidung antara mata kanan dan kiri.

3. Duduk Tegak

Perhatikan postur duduk saat wawancara. Jangan asal duduk, tunggu pewawancara mempersilakanmu untuk duduk. Mengutip The Balance Careers, sangat tidak diperbolehkan untuk duduk terlalu rileks dan membungkuk. Usahakan punggung untuk lurus, tidak bersandar dan condongkan ke depan dan jangan menyilangkan kaki. Posisi ini menunjukkan bahwa kamu dalam posisi siap, terbiuka dan tertarik dengan wawancara ini.

unsplash.com
4. Mengangguk

Tegang saat wawancara? Hal wajar, namun jangan membuatmu menjadi terlihat kaku dan kikuk. Coba sedikit rileks dan gunakan gerakan-gerakan kecil ketika wawancara seperti mengangguk. Kamu bisa mengangguk saat sedang mendengarkan pertanyaan, penjelasan, atau merespon pewawancara. Kamu bisa mengangguk saat benar-benar mengerti apa yang sedang dibicarakan pewawancara. Hal ini menunjukkan bahwa kamu bisa menerima pesan dengan baik.

5. Gerakan Tangan

Memberikan Gerakan tangan ketika wawancara menunjukkan bahwa kamu adalah pribadi yang ekspresif dan terbuka. Menggunakan Gerakan tangan ketika menjelaskan sesuatu sebenarnya membantumu untuk lebih rileks loh! Tapi perlu diingat membuat Gerakan tangan yang berlebihan dan terus berulang juga bisa mengganggu. Usahakan secukupnya saja. Pastikan kamu juga tidak menyilangkan kedua tanganmu di depan dada karena akan terlihat defensive dan arogan.

Bahasa tubuh ini dapat kamu pelajari. Mempelajari bahasa tubuh ini bukan berarti membuatmu menjadi memanipulasi dirimu. Namun bahasa tubuh ini juga merupakan bentuk dari tata krama dan bentuk kesopanan ketika berkomunikasi dengan orang lain.

Informasi seputar lowongan kerja terbaru, tips pengembangan diri dan psikotes online kunjungi EKRUTES.ID disini ya!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.