Ini Waktu untuk Mengirim Lamaran Kerja, Jobseeker Wajib Tahu!

waktu mengirim lamaran kerja

Pasti banyak dari kalian para jobseeker yang mengirim lamaran kerja pada waktu yang tidak tepat. Meski memang tak ditentukan patokan waktu secara pasti, tapi ternyata terdapat waktu yang tepat untuk mengirim lamaran pekerjaan loh. Jobseeker bisa memperhatikan waktu ini ketika hendak mengirimkan lamaran kerja.

Oleh karen itu, di sini EKRUTES.ID akan kasih kamu informasi mengenai waktu yang tepat untuk mengirim lamaran kerja. Kapan ya kira-kira? Yuk, di simak!

Waktu yang tepat untuk mengirim lamaran kerja

Meski tidak terdapat waktu yang tepat untuk mengirim lamaran kerja, namun dikutip dari akun Instagram resmi Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) @kemnaker (12/06/2023), menjelaskan bahwa waktu yang tepat untuk mengirimkan lamaran pekerjaan dimulai hari Senin. Dijelaskan lebih lanjut, para jobseeker akan lebih baik mengirimkan lamaran pekerjaan pada hari dan jam kerja.

Lamaran kerja yang baik dapat dikirimkan pada waktu kerja (Senin—Jumat) di jam 6 sampai 10 pagi, hingga 1 sampai 3 siang setelah jam istirahat, dapat bisa via email ataupun langsung. Waktu ini dapat membantu lamaran yang dikirimkan agar lebih cepat untuk diproses oleh rekrutmen perusahaan tersebut.

Selain itu, Kemnaker juga memberikan saran untuk mengirimkan lamaran pekerjaan di hari yang sama ketika lamaran tersebut dibagikan oleh perusahaan. Hal ini berguna agar lamaran tersebut segera mendapatkan atensi dari HRD perusahaan tersebut.

Dokumen yang harus dipersiapkan ketika melamar pekerjaan

Meski tak semua perusahaan memberikan persyaratan dokumen yang sama, namun para jobseeker dapat mempersiapkan dokumen ini sebelum melamar kerja di sebuah perusahaan.

1. Curriculum vitae (CV)

Nah, para jobseeker sebelum melamar sebuah pekerjaan pastinya wajib memiliki CV yang sesuai untuk posisi yang dilamar.  Tapi ternyata masih banyak jobseeker yang sering mengabaikan isi CV-nya ketika melamar sebuah pekerjaan. Ketika mengirim sebuah lamaran kerja pastikan bahwa CV yang kamu buat telah sesuai dengan posisi yang kamu lamar, sehingga usahakan buat CV yang berbeda ketika kamu ingin melamar pekerjaan dengan posisi yang berbeda ya.

2. Cover letter

Meski tak semua perusahaan memberikan persyaratan cover letter, namun kamu juga bisa mempersiapkannya sebelum mengirimkan lamaran kerja. Biasanya cover letter berisikan keinginan kamu untuk dapat bergabung di perusahaan tersebut. Selain itu, kamu bisa memberitahukan dokumen apa saja yang kamu lampirkan pada lamaran tersebut.

3. Portofolio

Bagi kalian jobseeker yang ingin mengirimkan lamaran pekerjaan di bidang kreatif, pasti tidak asing dengan portofolio. Portofolio biasanya berisikan bukti hasil pekerjaan yang kamu miliki terkait bidang yang kamu lamar, contohnya ketika ingin melamar posisis social media specialist, pelamarnya wajib untuk melampirkan portofolio berupa hasil feed di akun Instagram yang pernah dikelolanya.

4.Dokumen pendukung

Dokumen pendukung yang dibutuhkan ketika melamar pekerjaan biasanya berupa dokumen penting pribadi. Dokumen tersebut dapat berupa Ijazah, Transkrip Nilai, Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga (KK), pas foto 3×6, serta pakalring bagi yang pernah bekerja sebelumnya. Selain itu, biasanya bagi posisi pekerjaan yang diharuskan mengendarai kendaraan wajib untuk mempersiapkan Surat Ijin Mengemudi (SIM).

Nah, itu dia informasi terkait waktu yang tepat untuk mengirim lamaran kerja agar lebih cepat diatensi oleh para HRD perusahaan. Selain waktu, para jobseeker juga perlu memperhatikan dokumen apa saja yang harus dikirimkan ketika melamar sebuah pekerjaan. Jadi, pastikan dokumen yang dikirimkan ke perusahaan tersebut telah sesuai dengan persyaratan yang diberikan oleh perusahaan terkait ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *