Mau Kerja Sambil Kuliah? Lakukan 5 Tips Berikut ini

kerja sambil kuliah

Apakah kamu adalah pekerja keras yang sedang kerja sambil kuliah? Biasanya keputusan kerja sambil kuliah dibuat karena ingin meningkatkan peluang karir ke depannya. Selain itu dengan menempuh pendidikan yang lebih tinggi pekerja akan lebih memiliki kesempatan untuk mendalami skill yang dimiliki di dunia kerja. Meskipun terkadang merasa melelahkan, namun hal ini memiliki manfaat yang berguna untuk karirmu ke depan loh. Nah, berikut ini EKRUTES.ID akan berikan kamu tips kuliah namun tetap fokus untuk bekerja. Yuk, di simak!

Apa saja tips kerja sambil kuliah yang bikin karir makin moncer?

1. Pilih jurusan yang sesuai dengan bidang pekerjaan

Ketika kamu memutuskan untuk kuliah, pertimbangkanlah untuk memilih jurusan yang se-linear dengan bidang pekrejaanmu. Hal ini akan menguntungkan bagimu, karena akan memudahkanmu untuk  fokus pada kuliah dan pekerjaan.

Selain itu, memilih jurusan yang sesuai dengan bidang pekerjaan akan memudahkan kamu untuk mendapatkan kenaikan jabatan karena dianggap memiliki kemampuan yang lebih baik lagi. Kamu bisa memanfaatkan materi yang kamu dapatkan selama berkuliah dalam pekerjaan, sehingga pekerjaanmu akan mendapat peningkatan lebih baik lagi.

2. Manajemen waktu

Ketika kamu mengambil keputusan untuk bekerja sambil berkuliah, tentu kamu akan mendapatkan tanggung jawab yang lebih besar. Oleh karena itu, penting bagi kamu untuk membuat manajemen waktu yang baik. Manajemen waktu ini dapat membantu kamu dalam membagi prioritasmu dalam bekerja dan berkuliah.

Penting bagi kamu untuk menahan godaan bermalas-malasan seperti scroll media sosial, bermain game, nongkrong bersama teman dan lainnya. Hal ini karena akan membuatmu mengabaikan pekerjaan atau tugas kuliahmu. Sebenarnya tak masalah untuk mengambil waktu sejenak, namun pastikan bahwa tugas dan pekerjaanmu telah selesai.

Buatlah jadwal untuk mengatur kegiatan sehari-hari agar teratur dengan baik. Selain itu, pastikan bahwa jadwal perkuliahan dan waktu pekerjaanmu tidak bertabrakan agar kamu tidak bingung menentukan prioritas tugas yang harus dikerjakan terlebih dulu.

3. Pertimbangkan jarak rumah dengan kantor dan kampus

Jika kamu masih memikirkan kampus mana yang akan dipilih, pertimbangkan jarak antara rumah atau tempat tinggalmu dengan kantor dan kampus. Hal ini berguna agar kamu tidak merasa lelah dalam menempuh perjalanan sehari-hari dari kantor menuju kampus, atau sebaliknya.

Kamu juga akan lebih mengefisiensi waktu dan tenaga, sehingga kamu bisa mengerjakan tugas lainnya dengan baik. Karena perjalanan jauh akan membuatmu menghabiskan tenaga dan waktu, sehingga kamu menjadi tidak fokus menjalankan kegiatan sehari-hari.

4. Menjaga kesehatan mental dan fisik

Menjalani dua kegiatan yang menguras tenaga dan pikiran, pasti akan membuatmu merasa lelah. Oleh karena itu, penting bagi kamu menjaga kesehatan baik secara fisik maupun mental. Mulailah dengan menjaga pola tidur dan makan, minum vitamin, makan-makanan sehat bergizi, sesekali kamu juga dapat berolahraga di sela-sela aktivitas.

Selain itu, untuk menjaga pikiran dari stres kamu dapat meluangkan waktu untuk berlibur atau bermain dengan teman. Sempatkan waktu  di hari weekend untuk berolahraga, serta buatlah cara untuk mengelola manajemen stresmu dengan baik. Dengan begitu kamu dapat kembali produktif ketika kembali untuk menjalani rutinitasmu.

5. Berikan penjelasan pada pihak terkait

Ketika kamu memutuskan untuk berkuliah, penting untuk memberitahu atasan di kantor bahwa kamu ingin berkuliah. Sehingga, mungkin kamu akan mendapat keringanan terkait tanggung jawab yang harus kamu lakukan di kantor.

Sedangkan di kampus kamu dapat memberitahukan dosen pembimbing agar dapat memahami kesibukanmu, serta jika kamu membutuhkan bimbingan lebih kamu dosenmu dapat memberi waktu yang sesuai dengan jadwal di luar kantor.

Itulah tips yang dapat kamu gunakan ketika memutuskan untuk kuliah sambil bekerja. Pastikan kamu telah membuat pertimbangan yang matang mengenai waktu dan tanggung jawab yang akan kamu jalani. Sedangkan bagi kamu yang ingin mencari pekerjaan, yuk pantengin job portal EKRUTES.ID! Kamu juga bisa ikutan Virtual Job Fair yang akan diadakan di tanggal 20-21 Juli, akan ada ratusan lowongan pekerjaan dari berbagai perusahaan ternama. Yuk, ikutan!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *