Persiapkan Jawaban Ini Saat Ditanya Alasan Melamar Pekerjaan

Template pertanyaan interview untuk setiap posisi dan perusahaan pasti berbeda-beda. Namun, pertanyaan seperti “apa alasan kamu melamar pekerjaan ini?” jarang sekali terlewatkan. Hal ini dilakukan karena perusahaan ingin tahu motif, tujuan dan ekspektasi kamu terhadap posisi yang kamu lamar diperusahaan tersebut.

Baca Juga : Apa Alasan HRD Nge-Ghosting Kamu?

Tujuan bekerja dari setiap orang pasti berbeda-beda. Tetapi ada beberapa alasan tepat buat kamu yang masih bingung menjawab pertanyaan tersebut. Siapa tahu alasan ini bisa menjadi insight buat kamu.

1. “Perusahaan ini merupakan leading company di sektornya”

Proses seleksi karyawan tentu menjadi hal yang kompetitif. Dapat memiliki kesempatan sampai tahap interview saja sudah sulit sehingga jangan sampai disia-siakan. Kamu pasti mengusahakan untuk dapat memberi jawaban terbaikmu. Salah satu alasan yang bisa kamu berikan adalah keunggulan dari perusahaan tersebut dibandingkan dengan kompetitornya. Kamu juga bisa menambahkan, selama kamu menunggu jadwal interview, kamu juga memperhatikan bagaimana progres dinamika perusahaan tersebut.

2. “Saya ingin ikut mengambil peran sesuai dengan value dan program yang dilaksanakan”

Tentu mendapatkan kerja sesuai harapan kamu, merupakan rezeki. Namun, kebutuhan, value, program setiap perusahaan beragam dan tidak semuanya bisa sesuai dengan harapanmu. Maka dari itu, kebanyakan perusahaan mencari calon karyawan yang fleksibel dan bersedia untuk mengikuti value dan program yang dijalankan oleh perusahaan seperti bersedia tugas ke luar kota, dll.

3. “Posisi yang ditawarkan bisa memberikan ruang untuk berkarya”

Tujuan perusahaan menanyakan alasan melamar pekerjaan yaitu ingin mengetahui seberapa besar keinginan kandidat untuk berkontribusi pada perusahaan. Maka dari itu, berikanlah jawaban karena posisi yang ditawarkan dapat memberikan ruang bagi kamu untuk berkarya dibidang tersebut. Hal ini menunjukkan bahwa kamu merupakan kandidat yang mandiri dan dapat berkontribusi secara kreatif dan inovatif.

4. “Bidang ini menantang untuk saya terlebih karena adanya target yang harus dicapai”

Kamu bisa memberikan jawaban ini karena perusahaan membutuhkan kandidat yang antusias. Perusahaan menyukai kandidat yang berani mengambil resiko dan keluar dari zona nyaman. Jawaban seperti membuat perusahaan melihatmu sebagai kandidat yang teratur dan dapat mencapai target bisnis.

unsplash.com
5. “Saya ingin berkarier dalam bidang ini karena sesuai dengan keahlian saya”

Kamu bisa meyakinkan perusahaan dengan menjelaskan kemampuan dan keahlian kamu yang selaras dengan bidang yang kamu lamar. Kamu bisa memaparkan skill yang kamu miliki salama kamu kuliah atau magang.

Info terbaru seputar lowongan kerja terbaru, tips pengembangan diri, dan psikotes gratis kunjungi EKRUTES.ID disini ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published.