Jangan Diabaikan! 7 Cara Menjaga Kesehatan Tubuh di Kantor

menjaga kesehatan di kantor

Sebagai seorang pekerja, pasti kalian sering mengabaikan masalah kesehatan karena terlalu sibuk bekerja. Setiap hari seorang pekerja harus fokus selama 8 jam di kantor. Oleh karena itu, penting bagi seorang pekerja untuk menjaga kesehatan tubuh di kantor.

Menjaga kesehatan tubuh bukan hanya berguna untuk diri sendiri, tetapi juga untuk pekerjaan. Ketika kamu mengalami masalah kesehatan, segala pekerjaan yang menjadi tanggung jawabmu tentu akan terhambat. Oleh karena itu, kamu harus peduli pada kesehatan tubuh ketika bekerja di kantor agar bisa bekerja secara produktif.

Kesehatan pekerja sendiri sebenarnya juga telah diatur pada UU Pokok Kesehatan RI No.9 Th. 1960 BAB I Pasal II yang mengatakan Kesehatan Kerja adalah suatu kondisi kesehatan yang memiliki tujuan agar masyarakat pekerja memperoleh hak kesehatan setinggi mungkin, baik secara rohani, sosial dengan sebuah usaha penceahan dan pengobatan terhadap penyakit atau gangguan kesehatan yang disebabkan karena pekerjaan.

Maka dari itu, penting bagi setiap perusahaan memiliki aware terhadap kesehatan kerja setiap pegawainya. Nah, kamu yang merupakan pekerja juga penting untuk menjaga kesehatan tubuh ketika di kantor. Berikut EKRUTES.ID akan berikan kamu tujuh cara menjaga kesehatan tubuh di kantor. Yuk, di simak!

7 Cara menjaga kesehatan tubuh di kantor

Berikut 7 cara untuk menjaga kesehatan tubuh di kantor yang wajib kamu pahami:

1.  Jaga postur duduk

Ketika kamu bekerja, usahakan untuk duduk dengan posisi yang tepat. Rasa sakit yang kamu rasakan pada leher dan punggung bisa jadi karena kamu terlalu lama duduk di depan laptop atau komputer kerja.

Dengan menerapkan postur duduk yang tepat, kamu akan terhindar dari masalah sakit punggung ataupun leher. Lakukan posisi pundak yang lebih santai dan mundur, lalu posisikan badan tegak dan lengan bawah sejajar dengan permukan meja kerja dan keyboard.

Ketika kamu memiliki posisi kerja yang baik tentu akan membuat kamu lebih nyaman dalam bekerja, dan terhindar dari rasa sakit punggung serta leher.

2. Jangan terlalu sering menggunakan lift atau elevator

Bagi kamu yang memiliki kantor di lantai atas, pasti sering merasa malas untuk menaiki tangga. Padahal dengan berjalan lebih banyak setiap hari dapat membantu kamu menjaga kesehatan tubuh. Berjalan atau menaiki tangga dapat membantu menjaga sirkulasi darah pada otot tubuh.

Terutama bagi kamu yang senang berolahraga, berjalan kaki dapat membantu kamu melatih kardio yang memiliki fungsi penting dalam meningkatkan kinerja jantung dan paru-paru. Sehingga, dapat melancarkan sirkulasi darah dan juga oksigen ke seluruh tubuh.

Namun, jika kamu merasa lelah dan terburu-buru tak apa untuk menaiki lift atau elevator. Gunakanlah tangga ketika kamu tengah berada di jam santai atau ketika kamu datang lebih awal. Jangan lupa juga untuk menjaga keselamatan ketika kamu menaiki tangga, karena jika kamu menggunakan tangga secara terburu-buru sampai tidak memperhatikan anak tangga akan menyebabkanmu terjatuh dan terkilir atau luka.

3. Pastikan letak laptop tepat

Tak hanya posisi duduk, ternyata posisi penempatan laptop juga penting untuk diperhatikan. Penempatan laptop yang terlalu menunduk, akan membuat kamu mengalami permasalahan pada punggung dan leher. Kamu akan sering merasa sakit, hingga tak nyaman ketika bekerja.

Oleh karena itu, penting bagi kamu memperhatikan posisi laptop kerja. Usahakan agar laptop sejajar dengan kepala agar kamu tidak mengalami permasalahan serius pada otot leher dan pundak.

4. Perhatikan asupan air

Dehidrasi saat bekerja ternyata memiliki berbagai perasaan yang sering salah diketahui oleh banyak pekerja, seperti ketika haus kamu malah berpikir bahwa kamu lapar, bahkan ketika kamu mengantuk perasaan tersebut dapat muncul karena perasaan dehidrasi.

Oleh karena itu, penting bagi kamu untuk menjaga asupan air di dalam tubuh. Air merupakan elemen dasar yang dibutuhkan untuk menunjang metabolisme tubuh manusia setiap harinya. Ketika kamu kekurangan air, tentu dapat membuatmu merasa dehidrasi dan menurunkan kinerja tubuh.

Oleh karena itu, usahakan untuk menjaga asupan cairan dengan minum minimal 2 liter perhari. Mengisi air juga dapat membantumu untuk bergerak sejenak untuk mengisi botol air, terutama jika dispenser air berada jauh dari tempatmu duduk.

5. Banyak berkedip

Mungkin hal ini terlihat sepele, namun perlu kamu ketahui mengedipkan mata penting dilakukan ketika kamu berada di depan laptop atau komputer selama 8 jam nonstop. Hal ini karena, banyak orang yang berkedip lebih sedikit dari biasanya ketika berada di depan layar laptop.

Dengan berkedip mata kamu akan terhindar dari kondisi kering dan dapat menjaga kesehatan mata. Selain mengedipkan mata, kamu juga dapat menjaga kondisi mata dengan memejamkannya sebentar. Dengan melakukan gerakan tersebut, kamu akan menjaga kesehatan dan beristirahat sejenak dari laptop.

6. Cuci tangan

Sering mencuci tangan merupakan salah satu cara menjaga kesehatan tubuh, terutama setelah kamu bekerja. Pastikan agar kamu mencuci tangan sebelum dan setelah makan, setelah bersin, batuk dan hal lain sebelum melakukan kegiatan lain.

Mencuci tangan dapat menghindari kamu dari kuman ataupun virus yang dapat menempel ketika kamu bekerja. Dengan melakukan kebersihan ini, akan membantu kamu dari berbagai penyakit yang dapat menyerang tubuh. Selain itu dengan mencuci tangan sesering mungkin akan membuat kamu lebih bersih.

7. Sering berjalan kaki

Berjalan kaki dapat menjadi kegiatan yang bisa kamu lakukan ketika memiliki waktu senggang dalam bekerja. Kamu dapat merenggangkan tubuh secara ringan dan berjalan kecil seperti ke pantry, toilet, dan ke tempat lain.

Hal ini dapat kamu lakukan untuk menghindari permasalahan kesehatan di kantor. Selain itu, dengan berjalan kaki dapat menjadi salah satu alternatif olahraga ringan dan membuat tubuhmu lebih segar. Jika tubuhmu sehat dan bugar, tentunya kamu akan semakin produktif dalam bekerja.

Manfaat menjaga kesehatan tubuh di kantor

Setelah menerapkan cara untuk menjaga kesehatan tubuh di kantor, tentu terdapat beberapa manfaat yang akan kamu rasakan setelahnya. Seperti berikut ini:

1. Terhindar dari penyakit

Manfaat pertama yang dapat kamu rasakan adalah terhindar dari penyakit. Hal ini karena terdapat berbagai macam virus dan bakteri yang dapat menyerang ketika kamu bekerja, jika tidak menjaga kebersihan diri dengan baik.

Oleh karena itu, pastikan bahwa kamu juga menjaga kebersihan diri dengan mencuci tangan sesering mungkin, dan tidak lupa menjaga kebersihan lingkungan tempat kerja agar lebih nyaman. Karena lingkungan kerja yang bersih, juga akan membantu kamu meningkatkan produktivitas dalam bekerja.

2. Mood kerja meningkat

Ketika kamu mengalami permasalahan yang berhubungan dengan kondisi fisik, kamu pasti juga sering merasa tidak mood untuk bekerja. Oleh karena itu, penting bagi kamu untuk menjaga kesehatan tubuh ketika bekerja di kantor.

Selain itu, kamu juga perlu memperhatikan untuk menjaga kesehatan lingkungan kerja. Karena kondisi lingkungan kerja yang kurang baik akan membuat kamu merasa malas untuk bekerja, dan lagi-lagi menjadi tidak mood untuk melakukan pekerjaan. Jadi penting bagi kamu membangun lingkungan kerja yang baik untuk menigkatkan mood.

3. Produktivitas meningkat

Ketika kamu menjaga kesehatan tubuh dengan baik, pastinya produktivitas kerjamu akan semakin meningkat. Berbeda jika kamu merasa sakit atau kondisi badan tidak fit, tentu hal ini akan menjadi hambatan untuk mengerjakan pekerjaan dengan baik.

Sehingga mulailah menjaga asupan yang baik ke dalam tubuh, rutin minum air secara sering, lakukan olahraga ringan sebagai peregangan dan pengganti olahraga di saat kamu istirahat jika kamu merasa malas untuk berolahraga pada hari libur. Dengan begitu kamu akan lebih menjaga produktivitas dalam bekerja dan menjalani tugas tanggung jawabmu.

Itu lah 7 cara untuk menjaga kesehatan tubuh di kantor dan manfaat dari penerapannya. Mulailah menjaga hidup sehat dan menjaga tubuh, karena ketika seorang pekerja merasa sakit makan akan menghambat produktivitas dari pekerjaan tersebut. Yuk, cek blog EKRUTES.ID dan dapatkan informasi seputar dunia kerja lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *