Efek Samping Menatap Laptop Terlalu Lama bagi Kesehatan Mata

efek samping

Penggunaan laptop sebagai alat kerja adalah yang biasa dalam kehidupan sehari-hari. Pasalnya laptop merupakan alat yang dapat membantu mempermudah pekerjaan dalam sebuah perusahaan, sehingga seorang karyawan biasanya mampu untuk menatap laptop hingga lebih dari 8 jam sehari.

Padahal, kebiasaan menatap laptop yang terlalu lama dapat memberikan efek samping yang buruk khususnya pada kesehatan mata. Hal ini karena mata terlalu lelah fokus pada satu objek hingga menyebabkan berbagai efek samping yang buruk.

Berikut ini EKRUTES.ID akan memberikan kamu informasi, terkait efek samping menatap laptop terlalu lama. Yuk, disimak!

Efek menatap laptop terlalu lama

Kebiasaan para pekerja yang menatap laptop atau gadget secara terus menerus tanpa beristirahat dapat memberikan efek yang buruk kepada kesehatan mata. Adapun beberapa efek sampingnya, seperti berikut:

1. Mata cepat kering

Terlalu lama menatap layar laptop ternyata memiliki efek samping yakni mata menjadi kering. Sebab, tanpa kamu sadari ketika kamu tengah fokus menatap layar laptop ketika bekerja, matamu menjadi jarang mengedip sehingga menjadi kering.

Ketika mata menjadi kering, kamu akan merasa gatal dan membuat penglihatan menjadi buram. Untuk itu kamu dapat mengatasinya dengan menggunakan obat tetes mata atau kamu dapat mulai biasakan untuk mengedip lebih sering ketika melihat layar laptop.

2. Mata menjadi lelah

Tak hanya membuat matamu menjadi kering, menatap layar laptop terlalu lama juga dapat memberikan efek samping mata menjadi lebih mudah lelah. Ketika matamu menjadi lebih lelah, kamu dapat merasakan beberapa gejala lain seperti pandangan kabur, mata terasa berat untuk membuka mata, mengantuk.

Selain merasa sakit di bagian penglihatan, efek dari mata lelah dapat membuat kamu merasa sakit di leher hingga ke bahu. Kamu akan merasa nyeri yang parah hingga perasaan yang tidak nyaman lainnya pada bagian kepala, bahu, hingga leher.

3. Pembulu darah mata pecah

Efek samping lainnya dari menatap layar laptop adalah pecahnya pembulu darah mata. Hal ini dapat terjadi, karena jika kamu menatap layar laptop terlalu lama akan membuat otot pada bola mata menjadi tegang dan mengakibatkan pembuluh darah menjadi pecah.

Meski pecahnya pembulu darah tidak berbahaya bagi fungsi mata, namun kamu tetap perlu memperhatikan hal ini. Oleh karena itu, untuk mengatasi masalah ini kamu bisa mengistirahatkan sejenak matamu dengan cara memejamkan mata atau menggunakan obat tetes mata untuk menghilangkan kemerahan.

4. Mata minus

Jangka panjang dari efek samping menatap laptop terlalu lama yakni mata minus atau yang dikenal juga dengan miopia (rabun jauh). Dalam kondisi ini mata tidak mampu untuk melihat objek yang berada jauh. Efek samping ini tentu membuat mata menjadi tidak nyaman, karena penglihatan menjadi terganggu.

Jika kamu telah mulai menunjukan gajala ini, segeralah periksakan ke dokter spesialis mata agar kamu mendapatkan penanganan lebih lanjut. Selain itu, biasanya jika penglihatanmu semakin parah maka kamu perlu menggunakan kacamata minus untuk membantu penglihatan.

5. Kebutaan

Efek paling parah dari terlalu lamanya menatap layar laptop adalah kebutaan. Pasalnya jika kamu telah mengalami efek ini, maka kamu benar-benar tidak akan mampu untuk melihat kembali. Hal ini, disebabkan karena sinar biru yang dipancarkan oleh layar laptop dapat merusak retina mata jika ditatap secara terus menerus tanpa berhenti.

Paparan sinar biru ini akan membuat kamu mengalami kehilangan penglihatan bahkan sampai pada tahap kebutaan yang permanen. Oleh karena itu, penting bagi kamu untuk mulai membatasi penggunaan laptop dalam waktu yang lama. Mulailah untuk memberikan waktu istirahat untuk mata agar otot mata beristirahat.

Cara menjaga kesehatan mata

Terdapat beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kesehatan mata. Salah satunya seperti berikut:

1. Mengatur jarak laptop dengan mata, kamu dapat mengatur jarak sejauh 50-70 cm dari posisi wajah

2. Berikan waktu untuk mata beristirahat sejenak, kamu bisa menagtur dengan tempo waktu 20 detik per 20 menit sekali

3. Mulai mengkonsumsi makanan yang sehat dan memiliki gizi yang baik, khususnya untuk kesehatan mata seperti wortel yang memiliki vitamin A

4. Jika kamu telah selesai bekerja, hindarilah bermain ponsel secara berlebihan atau ditempat gelap. Sebab layar biru yang dipancarkan oleh ponsel juga dapat memberikan efek buruk terhadap kesehatan mata.

Itulah tips dan cara menjaga kesehatan mata dari efek samping menatap laptop terlalu lama. Jilka kamu mulai merasakan hal tersebut, yuk segera periksakan kesehatan mata sebelum terlambat. Kamu juga perlu untuk merubah kebiasaan buruk menatap layar laptop ketika kamu bekerja, agar terhindar dari efek samping yang tidak diinginkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *