Manajemen Stres: Pengertian, Strategi, dan Tipsnya

Manajemen stres

Dalam menjalani kegiatan sehari-hari, setiap pekerja pasti memiliki permasalahan masing-masing di tempat kerja seperti deadline yang menumpuk, pekerjaan yang salah dan lainnya. Hal ini yang membuat para pekerja lebih mudah untuk mengalami kondisi stres akibat pekerjaan. Stres yang diakibatkan oleh pekerjaan tentu memiliki dampak yang negatif untuk fisik dan mental seorang pekerja. Oleh karena itu, sebagai seorang pekerja penting bagi kamu untuk mengetahui apa itu manajemen stres.

Meski sering diabaikan oleh para pekerja, ternyata manajemen stres sendiri berguna untuk mengelola pikiran dan mental seorang pekerja agar lebih terjaga. Seorang pekerja yang memiliki manajemen stres yang baik, tentunya akan lebih produktif dalam menjalani pekerjaan sehari-hari.

Berikut EKRUTES.ID telah merangkum informasi mengenai manajemen stres untuk kamu ketahui lebih jauh. Yuk, di simak!

Pengertian manajemen stres

Manajemen stres adalah cara bagaimana seorang pekerja melakukan suatu tindakan yang melibatkan aktivitas dari pikiran, emosi, perencanaan, pelaksanaan, serta penyelesaian dari sebuah masalah yang dialaminya.

Manajemen stres digunakan untuk mengurangi efek negatif seseorang terhadap stres yang akan berpengaruh pada kesehatan fisik dan mental. Tujuan melakukan manajemen stres sendiri untuk membentuk coping skill dalam diri ketika mengalami hal-hal yang dapat membuat pekerja stres.

Dengan memiliki cara mengelola pikiran yang baik, kamu tentu tidak akan merasa kewalahan ketika mengalami stres ataupun burnout ketika bekerja. Sehingga kamu tidak akan mengalami permasalahan kecemasan ataupun masalah kesehatan lainnya.

Strategi manajemen stres

Dalam menghadapi manajemen stres, terdapat strategi yang dapat dilakukan untuk menyelesaikan masalah secara efektif, seperti berikut:

1. Mengubah kondisi situasi dengan menghindari sebuah permasalahan

Meski tak semua orang dapat mengubah situasi masalah, namun kita dapat mengatasinya dengan bersifat adaptif. Hal ini kerena cara cepat untuk mengatasi stres adalah melakukan pencegahan dengan menhindari permasalahannya.

2. Mengubah reaksi terhadap sumber penyebab stres

Strategi selanjutnya yang dapat kita ubah adalah mengubah reaksi terhadap penyebab stres. Meski memang tak mudah untuk melihat sisi positif dan negatif dari masalah yang dialami, namun cara ini mampu untuk menjadi strategi manajemen stres. Kamu dapat berusaha untuk menerima seluruh situasi yang tidak menyenangkan dari situasi tersebut, dengan menurunkan standar pribadi mengenai suatu hal.

Tips manajemen stres

Berikut tips manajemen stres yang dapat kamu lakukan, untuk mengelola dampak dari stres yang kamu alami.

1. Menjaga pola makan

Dalam mengelola stres yang baik, kamu pelu mengatur pola makan agar kondisi fisik mu juga terjaga dengan baik. Sebab kondisi fisik juga memiliki pengaruh terhadap mood seorang, mengurangi dampak dari stres, menjaga imun tubuh, dan menjaga kesehatan tubuh lainnya.

Selain itu, mulai lah dengan mengkonsumsi makanan yang tinggi protein seperti telur, kacang-kacangan, daging ayam atau sapi dan ikan. Dengan mengkonsumsi makanan yang baik dan seimbang, tentu dapat memberikan nutrisi yang lebih untuk tubuh.

Kurangi konsumsi makanan siap saji dan makanan manis yang mengandung gula tinggi, kamu bisa menggantinya dengan sayur-sayuran dan juga buah sebagai cemilan.

2. Tidur cukup

Tidur adalah cara yang tepat untuk mengistirahatkan tubuh setelah menjalani aktivitas. Oleh karena itu, pola tidur yang baik dapat menjadi salah satu tips dalam mengelola pikiran agar terhindar dari stres. Penting bagi seorang pekerja memiliki durasi serta kualitas tidur yang baik.

Pasalnya, ketika seorang pekerja mengelami kekurangan tidur dapat berpengaruh pada tingkat fokus dan lebih mudah mengalami stres. Hal ini dapat terjadi karena tubuh merasakan kelelahan akibat terlalu banyak bekerja tanpa istirahat.

Jika kamu sering mengalami kesulitan tidur, mulailah untuk mengurangi konsumsi kafein. Kafein sendiri dapat menghambat kerja dari senyawa adenosin dalam tubuh, sehingga membuat tubuh tidak merasakan kantuk.

3. Rutin berolahraga

Olahraga merupakan salah satu cara untuk membantu dalam mengurangi stres akibat pekerjaan. Kamu dapat melakukan olahraga pada pagi hari sebelum berangkat bekerja atau setelah pulang kantor.

Dengan melakukan olahraga secara rutin, kamu tentu akan lebih mudah untuk mendapatkan kualitas tidur yang baik. Sehingga kamu dapat mengontrol pikiranmu dari stres pekerjaan sehari-hari. Perlu kamu ketahui dengan berolahraga tubuh akan mengeluarkan hormon endorphin yang membuat seorang akan lebih merasa senang.

Kamu juga dapat memilih berbagai olahraga yang kamu senangi, seperti jogging, bersepeda, aerobik, Zumba, gym workout dan lainnya.

Itulah informasi mengenai manajemen stres yang penting untuk kamu ketahui. Jika kamu merupakan seorang pekerja, yuk mulai terapkan strategi serta tips di atas untuk membantu kamu terhindar dari masalah kesehatan mental atapun fisik akibat lelah bekerja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *