Kamu Seorang Introvert? Berikut 6 Cara Untuk Bergaul di Kantor

Tips untuk introvert

Bagi kamu yang memiliki kepribadian introvert, pasti sering merasa bingung untuk berkomunikasi dengan orang baru di kantor. Terlebih jika kalian merupakan orang yang pendiam, pastinya semakin bingung topik apa yang harus dibicarakan. Meski begitu, orang yang memiliki kepribadian introvert bukan berarti mereka tidak bisa diajak berkomunikasi. Kamu hanya perlu mengetahui cara untuk dapat membuka diri, terutama pada dunia kerja.

Dengan mengetahui cara berkomunikasi yang baik, tentunya dapat memudahkan kamu untuk mendapatkan komunikasi yag efektif dengan atasan maupun rekan kerja. Komunikasi efektif ini bukan hanya berlaku untuk orang introvert saja, orang dengan kepribadian ekstrovert juga penting untuk mengetahui bagaimana cara menyampaikan pesan dengan efektif. Sebelum membahas mengenai cara komunikasi yang efektif di kantor, berikut ini EKRUTES.ID akan kasih kamu informasi apa sih introvert itu? Yuk, di simak!

Apa sih introvert?

Dikutip melalui UNISMUH, introvert merupakan seorang yang memiliki perasaan tertutup dan tidak terikat dengan hubungan, orang yang memiliki kepribadaian introvert biasanya menjaga energinya dengan menyendiri, enggan berinteraksi dan malas berbagi apa yang menjadi pemikirannya dengan orang lain.

Biasanya, orang dengan kepribadian introvert merupakan tipe individu berpikir seluruh hal berpusat pada dirinya, begitu juga dalam menentukan perilaku diri dan hal yang dimau. Oleh karena itu, banyak orang yang berpikir akan sulit untuk berkomunikasi dengan introvert. Dalam dunia kerja sendiri, orang dengan kepribadian introvert lebih senang dengan pekerjaan-pekerjaan yang tidak membutuhkan banyak interaksi dengan orang ramai.

Oleh karena itu, membangun komunikasi efektif dengan orang yang berkepribadian introvert dan ekstrovert tentu akan berbeda. Kamu harus mengetahui cara bagaimana menyampaikan pesan dengan baik agar tercapai komunikasi efektif di kantor, seperti berikut.

6 Cara membangun komunikasi efektif

Bagi kamu yang memiliki sifat introvert, jangan merasa khawatir ketika kamu mendapat kesempatan bekerja di perusahaan baru. Kamu hanya perlu melakukan ini untuk membangun komunikasi efektif bersama rekan kerja atau atasan kalian di kantor.

1. Mulai menyapa lebih dulu

Seorang introvert yang berada di lingkungan dengan orang baru, pasti sering merasa malu untuk mencoba menyapa rekan kerjanya, padahal hal tersebut bisa membuatmu terlihat sangat ramah. Dengan menyapa dan mengucapkan kata “selamat pagi” atau “halo”, akan memudahkan jalan kamu untuk memulai hubungan pertemanan di kantor.

Mungkin pada awalnya kamu akan merasa sulit karena canggung dan takut tidak direspon, namun dengan melaukan yang sama berulang kamu akan lebih mudah melakukannya sehari-hari. Jadi mulailah untuk membuka dengan sapaan lebih dahulu ya.

2. Buka dengan obrolan kecil

Untuk menghandari suasana canggung, kamu dapat mencoba dengan membuka obrolan kecil seperti basa-basi. Meski bagi seorang introvert basa-basi merupakan hal yang tidak penting, namun cara ini ampuh untuk membantu kamu memulai sebuah komunikasi.

Namun jika kamu belum berani melakukan hal tersebut, kamu dapat mencoba dengan menyapa rekan kerjamu pada saat bertemu. Dikutip dari Huffpost, cara termudah bagi seorang introvert bergaul di kantor untuk membuka diri adalah dengan obrolan ringan yang diberikan oleh rekan kerja.

Obrolan ringan yang diberikan bisa berupa sapaan selamat pagi, menanyakan menu makan siang, mengajak istirahat dan lainnya. Dengan begitu akan lebih mudah bagi kamu untuk memulai percakapan ke depannya.

3. Menjadi diri sendiri

Ketika kamu berkenalan dengan orang baru, mulailah dengan menjadi diri sendiri pada saat memulai pertemanan dengan rekan kerja. Seorang dengan kepribadian introvert biasanya sering merasa malas untuk berinteraksi dengan orang lain. Dengan mencoba menjadi dirimu sendiri, tentu dapat membantu kamu dikenali dengan baik oleh orang lain.

Meski terdengar mudah, nyatanya sifat ini sering dilupakan oleh orang dengan kepribadian introvert. Hal ini karena kebanyakan introvert berusaha untuk menunjukan pribadi yang lain demi bisa berteman dengan orang lain. Padahal dengan menjadi diri sendiri tentu akan membuatmu lebih nyaman untuk berinteraksi dengan rekan dan atasan kerja.

4. Jauhi media sosial

Di era yang serba media sosial saat ini, pastinya memudahkan orang untuk berbincang melalui layar handphone. Padahal ketika kamu fokus berbincang dengan orang lain di handphone, kamu telah melewatkan kesempatan untuk bergaul dengan lingkungan sekitarmu.

Ketika kamu berada di kantor dan hanya fokus pada media sosial, kamu akan melewatkan kesempatan untuk mengobrol atau berinteraksi secara langsung dengan rekan kerjamu. Hal ini tentu akan membuatmu semakin sulit membuka diri di kantor.

Oleh karena itu, mulailah untuk merubah kebiasaan dengan menjauhi media sosial ketika kamu berada di kantor. Kamu dapat mulai untuk fokus berinteraksi dan memulai obrolan dengan rekan kerja, dengan begitu akan lebih mudah membangun hubungan pertemanan.

5. Hilangkan perasaan takut penolakan

Ketika seorang introvert mulai membangun hubungan dengan orang lain, pasti terdapat rasa takut jika rekan kerjanya tidak bisa menerimanya. Sebenarnya, hal tersebut biasa dirasakan oleh semua orang ketika ingin memulai pertemanan dengan orang baru.

Meski begitu, perlu diketahui bahwa semua orang berbeda. Beberapa orang mungkin memang memiliki sikap terbuka untuk menerima pertemanan, namun tak jarang terdapat orang yang menunjukan penolakan ketika kita mencoba menjalin pertemanan.

Oleh karena itu, perlu dipahami bahwa penolakan merupakan hal yang wajar. Tetapi, penolakan ketika memulai pertemanan bukanlah akhir dari segalanya. Hal tersebut bisa saja karena rekan kerja kalian tengah merasa bad mood sehingga keliru ketika menilai dirimu.

Jadi jangan menyerah ya ketika kamu mencoba untuk memulai hubungan pertemanan dengan rekan kantor ya, tetaplah memberikan sapaan atau membuka obrolan kecil ketika tengah istirahat.

6. Percaya diri

Meski kamu seorang introvert, namun kamu perlu tetap merasa percaya diri pada saat menjalin hubungan dengan orang baru. Sebab, dengan memilki rasa percaya diri kamu akan lebih mudah untuk terbuka dengan orang baru.

Percaya diri dapat membantumu untuk berpikir positif dan percaya pada kemampuan yang kamu miliki. Selain itu, kamu dapat merasa nyaman untuk menunjukan dirimu di depan orang lain ketika kamu merasa percaya diri.

Kamu tak perlu merasa bingung harus bersikap seperti apa ketika bertemu dengan rekan kantor, karena kamu dapat menjadi dirimu sendiri ketika mencoba membangun hubungan pertemanan dengan rekan kerja.

Itulah 6 cara untuk bergaul di kantor bagi orang dengan kepribadian introvert. Meski begitu, sebagai seorang introvert tentu terdapat kelebihan dan kekurangannya masing-masing baik dalam bersosialisasi ataupun bekerja. Oleh karenanya, penting bagi kamu seorang introvert untuk mengetahui hal apa yang bisa kamu lakukan.

Mulailah dengan membangun rasa percaya diri agar dapat menunjukan dirimu sesungguhnya. Selain itu, dengan membangun rasa percaya diri kamu juga akan lebih mudah untuk menunjukan siapa dirimu sebenernya tanpa perlu menjadi orang lain ketika membangun hubungan pertemanan dengan orang lain.

Mulailah membuka obrolan santai dengan rekan kantor ketika pertemu pada saat pagi hari ataupun ketika kalian tengah berada di jam istirahat. Membangun relasi baik dengan rekan kerja, dapat membantumu mewujudkan komunikasi efektif di lingkungan kantor.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *