Bidang Kerja Untuk Lulusan Sastra Bahasa Asing

Tahu nggak sih mayoritas kebanyakan lapangan pekerjaan di Indonesia mencari lulusan Akuntasi dan Manajemen? Diikuti dengan jurusan-jurusan popular lainnya seperti Teknik, Psikologi, atau Hukum. Namun, gimana kalau kamu nggak berasal dari jurusan populer seperti Sastra Bahasa Inggris? Eitsss… jangan khawatir dulu, masih banyak kok lapangan pekerjaan untuk kalian yang gajinya juga tidak kalah menjanjikan dari lulusan juruan populer.

Baca Juga : Yakin Mau Kerja di Industri Perbankan?

1. Kerja di Kedutaan Besar

Kalian yang belum punya kesempatan ikutan tes CPNS Kementerian Luar Negeri jangan kawatir, tanpa menjadi Diplomat atau Konsulat kalian juga bisa bekerja di Kantor Kedutaan Besar. Tidak hanya kantor kedutaan besar asing di Indonesia, tapi kalian juga bisa melamar pekerjaan di Kantor Kedutaan Besar Indonesia di luar negeri lho! Rata-rata banyak yang membutuhkan lulusan Sastra Bahasa Asing. Hal ini membuat kalian memiliki kesempatan untuk bekerja di lingkungan multi-cultural dengan gaji dollar, sangat menarik ya.

unsplash.com
2. Bekerja Sebagai Penerjemah

Kalau kalian menggeluti dunia translator, gaji yang didapat tidak main-main. Terlebih, jika kalian menjadi penerjemah yang telah disumpah atau yang sudah bersertifikat. Kalian yang sudah cukup berpengalaman dapat dipekerjakan sebagai penerjemah bahasa saat pertemuan-pertemuan kenegaraan. Menjadi penerjemah berpengalaman, bisa kalian mulai dari rumah. Dengan keadaan pandemi seperti sekarang banyak perusahaan yang membutuhkan penerjemah untuk website, webnovel, yang tentunya  bisa kalian kerjakan dari rumah dan mendapatkan gaji yang cukup besar.

3. Editor dan Proofreader

Selain menjadi translator atau penerjemah, kalian juga bisa menjadi editor dan proofreader. Saat ini banyak perusahaan asing yang membutuhkan posisi ini. Bedanya apa sih editor dengan proofreader?  Proofreader memiliki tugas untuk mengecek terjemahan dari Bahasa Asing ke Bahasa Indonesia dengan ejaan dan tanda baca yang sesuai dengan KBBI. Sedangkan, editor bertugas untuk melakukan ulasan kosakata dan pola kalimat. Hal ini bertujuan untuk memudahkan pembaca dalam memahami suatu materi.

unsplash.com
4. Virtual Assistant

Mungkin beberapa dari kalian masih asing dengan kata virtual assistant. Virtual assistant biasanya bertugas untuk mengelola media sosial, membalas email, membalas komentar atau hal-hal yang bersifat administratif terkait media sosial atau website milik perusahaan. Nah saat ini banyak banget perusahaan asing yang menggunakan jasa virtual assistant ini. Biasanya selain memiliki kemampuan bahasa asing, kamu juga dituntut untuk dapat aktif mengikuti trend di sosial media.

5. Bekerja di Perusahaan Asing

Perusahaan-perusahaan asing di Indonesia banyak yang membutuhkan lulusan-lulusan Sastra atau Bahasa Asing. Posisi tersebut dibutuhkan untuk mengisi posisi sekretaris atau administrasi. Contohnya di daerah Cikarang dan Jakarta banyak perusahaan asing Jepang, Taiwan, India yang membutuhkan pegawai yang tentunya fasih berbahasa asing.

Sekarang kamu tidak perlu minder lagi nih… lulusan sastra bahasa asing nyatanya memiliki banyak sekali peluang kerja yang menjanjikan kok.

Informasi seputar lowangan kerja terbaru, tips pengembangan diri, dan psikotes gratis, kunjungi EKRUTES.ID disini ya!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *