Kelebihan dan Kekurangan Bekerja di Bank

Ingin kerja di perbankan? Yuk pertimbangkan kelebihan dan kekurangannya!

Banyak orang yang mendambakan untuk kerja di dunia perbankan karena banyak yang bilang kerja di perbankan itu enak, kerja di ruangan ber-AC, hanya pegang uang, dan digaji cukup besar. Apa betul sih? Yuk kita lihat kelebihan dan kekurangannya dulu.

Baca Juga : Upgrade Bahasa Inggrismu Sekarang!

A. Kelebihan Bekerja di Bank

1. Gaji Relatif Besar

Kalau dibandingkan dengan industri lain, rata-rata gaji pegawai perbankan di tingkatan entry level berada di kisaran diatas UMR. Untuk kamu yang fresh graduate ini merupakan hal yang cukup menarik, karena tanpa pengalaman kerja sebelumnya kamu bisa mendapatkan gaji yang cukup besar.

2. Bonus Tahunan dan Insentif

Biasanya di industri perbankan kamu akan mendapatkan bonus tahunan atau jasa produksi yang merupakan laba perusahaan yang dibagikan kepada karyawan. Untuk Insentif masing-masing perusahaan menerapkan kebijakan yang berbeda-beda, ada yang diberikan karena mencapai target, ada juga yang diberikan setiap 3 bulan.

3. Kemudahan Mengajukan Kredit

Salah satu kelebihan bekerja di perbankan adalah mendapat kemudahan dalam mengajukan kredit, contohnya untuk Kredit Pemilikan Rumah. Nah enaknya lagi, biasanya jika kamu mengajukan kredit ke bank lain juga dipermudah loh!

4. Jam Kerja Relatif Teratur

Karena jam operasional perbankan teratur, maka jam kerja kamu juga akan menyesuaikan jam operasional. Rata-rata jam kerja yaitu Senin sampai Jumat dari jam 8 pagi hingga jam 5 sore.

Melihat banyaknya kelebihan bekerja di industri perbankan sangat menggiurkan ya… Tapi, tentu saja semua pekerjaan memiliki resiko atau kekurangan. Berikut kita lihat apa saja kekurangannya ketika bekerja di industri perbankan,

B. Kekurangan Bekerja di Bank

1. Lembur Itu Pasti

Di waktu-waktu tertentu apalagi di akhir bulan, akhir tahun, atau menuju libur besar jangan harap deh kalian bisa pulang tepat waktu. Terkadang untuk menyelesaikan pekerjaan kalian harus lembur sampai larut malam dan bahkan masuk di hari Sabtu dan Minggu atau Libur Nasional.

unsplash.com
2. Kejar Target

Bekerja di bank tidak semudah itu lho! Ada target yang ditentukan di setiap bagian atau divisi bahkan di tiap orang. Contohnya pada bagian Marketing mereka harus bisa memperoleh target dana tabungan minimal 1 milyar rupiah tiapĀ  bulannya. Tentu bukan hal yang mudah, tapi itulah yang terjadi.

3. Tingkat Stress Lebih Tinggi

Banyaknya pekerjaan dan target, serta dibutuhkan loyalitas yang tinggi untuk dapat memberikan pelayanan yang maksimal, tidak jarang tingkat stress pegawai bank cenderung tinggi. Jadi, untuk bisa bertahan di industri perbankan sebaiknya belajar untuk dapat mengelola emosi dan stress ya.

4. Lingkungan Kerja Kompetitif

Karena adanya target yang harus dicapai sebagai bentuk pencapaian kinerja, maka masing-masing pegawai akan saling bersaing satu sama lain untuk memperoleh nilai kinerja yang baik. Jadi kalian harus siap kerja di lingkungan yang kompetitif nih.

unsplash.com
5. Siap Memberikan Pelayanan

Industri perbankan merupakan industri yang mengedepankan layanan, maka kalian harus tetap melayani nasabah dengan tersenyum dalam keadaan apapun. Kalian juga harus siap menghadapi komplain atau kemarahan nasabah sambil tetap bersikap professional.

Nah, itu tadi kelebihan dan kekurangan bekerja di dunia perbankan, gimana kalian masih tertarik nggak untuk jadi pegawai bank?

Informasi lengkap seputar lowongan kerja terbaru, tips karir dan pengembangan diri, serta psikotes gratis kunjungi EKRUTES,ID disini ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *