Cara Mencari Peluang Kerja Di Era Digital

Kerja Digital

Udah nggak jaman kirim lamaran kesana-sini pakai amplop coklat!

Awal tahun 2000an menjadi permulaan perubahan gaya hidup. Perubahan ini menuju gaya hidup serba digital, termasuk bagaimana cara untuk mendapatkan pekerjaan. Sudah tidak jaman lagi tuh kamu ngumpulin koran, terus lamar kerjaan satu per satu menggunakan amplop kirim ke perusahaan. Namun di era digital ini kamu harus mulai menyesuaikan diri untuk mencari peluang kerja dan menarik perhatian rekruter menggunakan platform digital.

Baca Juga : Cek Golongan Darahmu Untuk Ketahui Kepribadianmu!

Lalu, apa saja yang bisa kamu siapkan untuk melamar kerja di era digital ini?

1. Upgrade Resume

Jangan pernah lupa untuk upgrade resume kamu setiap akan melamar pekerjaan. Setiap perusahaan membuka lowongan pekerjaan, disitu pula rekruter akan menuliskan requirement kandidat yang diinginkan. Nah…hal tersebut bisa jadi clue besar buat kamu loh! Baca setiap deskripsi lowongan kerja, pikirkan apa saja requirement yang sesuai dengan kemampuanmu, tuliskan poin tersebut di resume kamu. Keadaan ini berlaku setiap kamu melamar ingin melamar kerja ya.

2. Input Software Yang Kamu Ketahui

Walaupun kamu merasa posisi yang kamu lamar tidak sesuai, perusahaan akan tertarik dengan kandidat yang tech savvy loh! Coba tulis software apa saja yang kamu kuasai dan yang kamu ketahui di resume kamu. Ini akan memungkinkan rekruter tertarik dengan kemampuan kamu dibidang teknologi.

3. Cek Social Media

Di era serba digital, rata-rata para rekruter akan mencari profilmu di sosial media. Coba cek google dan sosial media kamu, apakah ada informasi atau foto-foto yang kurang baik. Ini menjadi pelajaran buat kamu untuk lebih bijak dalam bermedia sosial.

4. Perluas Networking

Agar kamu mendapatkan banyak informasi tentang peluang kerja, ada baiknya kamu memperluas networking kamu. Sering-seringlah bertemu dengan temanmu yang sudah bekerja, ikuti seminar ataupun kelas pelatihan. Jangan lupa juga, kamu harus sering memperluas koneksimu di sosial media seperti Instagram, facebook, linkedin dengan para professional.

5. Ikuti Perusahaanmu

Ikuti perusahaan tersebut di sosial media. Jika kamu benar tertarik, cobalah menggunakan produknya dan engage dengan customer servicenya. Sehingga kamu dapat mengenal perusahaan tersebut dengan cara berinteraksi langsung dengan mereka.

Nah.. kurang lebih seperti itulah hal-hal yang bisa kamu lakukan untuk dapat bersaing mencari kerja di era digital. Yuk mulai beradaptasi untuk bisa mencari peluang kerja dan menarik perhatian para rekruter di dunia digital!

Informasi seputar lowongan kerja terbaru, tips pengembangan diri, dan psikotes online, kunjungi EKRUTES.ID disini ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *