Lakukan 6 Hal ini Agar Lolos Psikotes, Jobseeker Wajib Tahu!

Tips lolos psikotes

Psikotes merupakan tes dasar yang biasa dilakukan oleh perusahaan pada saat proses rekrutmen kerja berlangsung. Sehingga, lolos pada tahapan psikotes merupakan hal begitu diharapkan oleh para pencari kerja ketika mengikuti proses rekrutmen perusahaan. Biasanya, para pencari kerja akan mempelajari berbagai soal contoh psikotes sebelum mengerjakan pada waktu yang telah ditentukan.

Soal yang diberikan pada psikotes, biasanya berguna untuk menyeleksi karyawan sebelum resmi direkrut oleh perusahaan. Dengan melakukan psikotes, perusahaan dapat melihat sifat kandidat seperti attitude, interest, intelejensi, dan personality. Tahapan psikotes biasanya diterapkan di berbagai perusahaan, mulai dari perusahaan besar hingga startup.

Nah, bagi kalian para jobseeker yang akan menghadapi tahap psikotes, berikut EKRUTES.ID akan berikan kamu tips agar lolos psikotes kerja. Yuk, di simak!

6 Tips lolos psikotes kerja

1. Perhatikan intruksi

Ketika kamu hendak mengerjakan psikotes, mulailah dengan membaca instruksi yang diberikan dari awal hingga akhir tes. Hal ini karena dalam mengerjakan psikotes, kamu harus teliti pada setiap langkah untuk menjawab soal tersebut.

Dalam mengerjakan psikotes, penting bagi kamu untuk memperhatikan cara mengerjakan soal. Dengan begitu, kamu dapat dengan mudah menyelesaikan seluruh soal yang ada. Jadi wajib simak seluruh intruksi dengan baik dan teliti ya.

2. Datang tepat waktu atau lebih awal

Sebagai langkah awal dalam mempersiapkan psikotes, kamu dapat datang lebih awal agar tidak terlambat mengikuti proses rekrutmen tersebut. Dengan datang lebih awal, kamu dapat menenangkan diri terlebih dahulu dan dapat merasa lebih percaya diri.

Jika kamu telah merasa percaya diri, tentunya akan lebih mudah bagi kamu untuk mengerjakan apapun yang diberikan oleh rekruter. Begitu pula dengan jawaban yang kamu  berikan dapat lebih tepat dan menunjukan dirimu dengan baik.

3. Berikan jawaban konsisten

Biasanya dalam sebuah psikotes, biasanya terdapat soal yang ditanyakan secara berulang-ulang, atau kalimat yang diganti namun masih memiliki makna yang sama. Soal seperti ini biasanya berguna bagi rekruter dalam melihat kejujuran kamu. Selain itu, rekruter juga dapat melihat seberapa konsisten kamu atau keyakinan kamu dalam dengan suatu hal.

Kamu bisa coba memulai konsisten dalam menjawab pertanyaan yang sama, seperti contoh jika kamu mendapatkan soal mengenai membantu teman kerja, cobalah untuk selalu konsisten dengan jawaban yang sama. Namun, beberapa pertanyaan dapat disesuaikan dengan konsistensinya.

4. Jangan buru-buru

Jika kamu mengerjakan suatu ujian pasti merasa ingin cepat selesai, padahal jawaban yang kamu berikan bisa saja belum tepat. Berusahalah untuk fokus dan tenang dalam mengerjakan sebuah psikotes. Meski memang beberapa tes kepribadian memang diberikan waktu dalam pengisiannya, usahakan untuk tetap tenang.

Perlu kamu ketahui, dilansir dari Inside Careeers mengerjakan soal kepribadian dengan terburu-buru dan cepat, akan memberikan hasil yang kurang masksimal.

5. Jujur namun tetap pertimbangkan

Dalam mengerjakan sebuah psikotes, kamu memang harus jujur dalam mengerjakan soal yang diberikan. Hal ini berguna dilakukan oleh perusahaan untuk menilai kejujuran calon karyawannya. Dengan melalui tes kepribadian ini, perusahaan dapat mengetahui apakah kamu merupakan sosok yang ideal untuk bekerja di perusahaan.

Untuk menjawab secara jujur dalam tahap psikotes, berikanlah jawaban yang sesuai dengan diri kalian dan posisi yang kamu lamar. Kamu dapat mempertimbangkan jawaban profesional yang dapat menguntungkan perusahaan jika menerima kamu sebagai karyawan. Pastikan bahwa kamu tidak mengganti jawaban secara terus-menerus, hal ini dapat berpengaruh pada penilaian rekruter mengenai diri kamu karena dianggap sudah tidak akurat lagi.

6. Siap untuk menjawab sial integritas

Dalam tahapan psikotes nantinya kandidat akan diberikan beberapa jenis soal yang berbeda, salah satunya integritas. Soal integritas dapat membantu rekruter untuk mengetahui kepribadian, khususnya mengenai kejujuran dalam bekerja.

Dalam dunia pekerjaan, sikap integritas merupakan hal yang tidak dapat diganggu gugat, hal ini karena integritas menggambarkan bagaimana sikap dalam menjalani tugas sehari-hari di kantor. Sehingga penting bagi kalian memiliki integritas yang baik agar dapat bekerja dalam sebuah perusahaan.

Dalam mengerjakan soal psikotes integritas, berikan jawaban jujur mengenai bagaimana dirimu jika menjadi seorang pekerja dalam sebuah perusahaan. Kamu dapat mempertimbangka berbagi aspek mulai dari sikap kepada rekan kerja, ketepatan mengerjakan tugas, dan lainnya.

Itulah 6 tips yang dapat kamu lakukan supaya lolos psikotes kerja. Usahakan untuk memberikan gambaran terbaik mengenai dirimu, supaya rekruter semakin tertarik untuk menerima kamu dalam perusahaan ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *