Pentingnya Me Time Setelah Bekerja, Ternyata ini Faktanya!

me time

Setelah  lelah bekerja, tidak ada salahnya untuk meluangkan waktu untuk me time dan beristirahat. Perlu kamu ketahui, me time ternyata memiliki berbagai manfaat setelah kamu lelah bekerja selama seharian penuh.

Me time setelah bekerja juga berguna agar kamu terhindar dari burnout di kantor, sehingga membuat pekerjaanmu jadi terhambat. Lantas, seberapa pentingkah me time bagi para pekerja? Berikut EKRUTRES.ID berikan kamu fakta mengenai me time setelah bekerja. Yuk, disimak!

Fakta Pentingnya Me Time Bagi Pekerja

Ketika kamu merasa lelah, tubuhmu pasti akan memberikan tanda bahwa kamu memerlukan waktu untuk beristirahat. Kamu bisa meluangkan waktu untuk me time, dengan melakukan berbagai aktivitas yang kamu bisa membuatmu rileks.

Berikut fakta pentingnya me time setelah bekerja:

1. Lebih fokus pada pekerjaan

Me time berguna untuk meredakan stres sebelum kamu kembali ke rutinitas bekerja, dengan pikiran yang lebih jernih. Seperti yang telah banyak diketahui, seorang pekerja dapat lebih mudah stres dan sulit bekerja jika mengalami kehilangan fokus karena terlalu lelah.

Bahkan, pekerjaan mudah akan terasa menjadi sulit untuk dikerjakan secara cepat, jika orang tersebut kehilangan fokus akibat kelelahan bekerja. Oleh karena itu, luangkan waktu untuk beristirahat sejenak untuk mengembalikan fokusmu.

2. Meningkatkan fungsi pikiran dan tubuh

Ketika tubuhmu merasa lelah dari pekerjaan di kantor, itu menandakan bahwa kamu harus meluangkan waktu untuk me time. Hal ini dapat membantu otak dan tubuhmu beristirahat setelah mengerjakan tugas sehari-hari.

Jika kamu mulai merasa lesu, kamu harus mengisi ulang kembali tenaga tubuh dan pikiranmu. Sehingga, bisa diibaratkan me time seperti mengisi baterai barang elektronikmu.

3. Dapat membuat keputusan yang tepat

Ketika kamu melakukan me time, kamu dapat lebih fokus dan santai untuk memikirkan segala hal yang belum pernah dipikirkan sebelumnya. Oleh karena itu, ketika kamu ingin memutuskan sesuatu hal, maka penting bagi kamu memilih saat yang tepat.

Saat kamu melakukan me time, kamu akan lebih mudah untuk mempertimbangkan keputusan apa yang ingin kamu ambil terkait pekerjaan. Sehingga, kamu tidak perlu merasa bersalah karena menjadwalkan atau meluangkan waktu untuk me time di tengah jadwal bekerjamu.

Me time juga dapat membantumu merawat diri sendiri, dengan berbagai cara guna meningkatkan produktivitas pada saat bekerja. Sehingga kamu akan lebih fresh saat kembali ke kantor untuk bekerja.

4. Berkesempatan untuk intropeksi diri

Ketika kamu tengah melakukan me time, terdapat banyak hal yang bisa kamu renungkan. Kamu dapat memahami dirimu sendiri dengan baik, sehingga kamu bisa menentukan hal apa yang baik untukmu dan tidak.

Dengan begitu, kamu bisa menilai dirimu sendiri dan mulai mengurangi hal-hal yang negatif pada pikiranmu. Sehingga kamu akan menjadi pribadi yang jauh lebih positif dalam menjalani hari.

5. Lebih produktif

Istirahat sejenak bisa membuat kamu menjadi lebih produktif dalam menjalani kegiatan, sehingga membuatmu lebih mudah untuk mencapai sebuah tujuan. Oleh karena, tidak ada salahnya jika kamu meluangkan waktu sejenak untuk me time.

Meluangkan waktu sendiri dapat membantu kamu meniliai kembali kualitas diri kamu, dan tugas-tugas yang harus kamu kerjakan. Dengan begitu kamu akan lebih siap untuk menyelesaikan tugas tersebut secara lebih optimal.

Bagaimana Cara Untuk Me Time?

Jika kamu ingin me time setelah bekerja, terdapat berbagai cara yang bisa kamu lakukan untuk merelaksasikan diri atau pikiran. Berikut beberapa kegiatan yang bisa kamu lakukan untuk me time:

  1. Menonton film
  2. Mengikuti kelas olahraga atau gym
  3. Pergi berbelanja
  4. Jalan-jalan
  5. Melakukan perawatan ke salon
  6. Detoks sosial media atau menjauhi gadget digital
  7. Perawatan kulit
  8. Melakukan refleksi atau pijat
  9. Berendam di air hangat, dll.

Itulah informasi yang bisa kamu ketahui mengenai pentingnya me time setelah bekerja. Me time penting kamu lakukan, untuk menghindari masalah kesehatan fisik dan mental karena terlalu lelah bekerja.

Jika kamu ingin mendapatkan informasi seputar dunia kerja, download aplikasi EKRUTES.ID dan dapatkan juga berbagai lowongan pekerjaan terbaru dari berbagai perusahaan ternama di Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *