Public Relation Perusahaan: Pengertian, Fungsi dan Skill Wajib

public relation

Public relation menjadi salah satu posisi yang penting dalam sebuah perusahaan. Tetapi, ternyata untuk menjadi seorang public relation kamu tidak harus berlatar belakang pendidikan ilmu komunikasi, lho!

Saat ini, terdapat banyak lembaga khusus yang mengadakan pelatihan di bidang public relation, baik secara online maupun offline. Nantinya, sertifikat yang didapatkan dari pelatihan bisa kamu manfaatkan ketika melamar pekerjaan di bidang public relation.

Menjadi seorang public relation, menandakan bahwa kamu harus mampu menunjukan branding yang baik di depan publik. Hal ini, karena public relation merupakan jembatan penghubung antara perusahaan dengan target sasarannya.

Jika kamu tertarik mengetahui informasi seputar public relation lebih lanjut, berikut EKRUTES.ID akan berikan informasinya khusus untuk kamu. Yuk, di simak!

Pengertian Public Relation

Public relation atau hubungan masyarakat merupakan suatu proses perusahaan yang bertujuan untuk menanamkan citra positif kepada khalayak publik.

Salah satu proses dari kegiatan yang dilakukan, seperti menciptakan opini positif di publik, menumbuhkan rasa motivasi, dan menanamkan pengertian mengenai perusahaan.

Khalayak yang menjadi sasaran dari PR sendiri, yaitu kumpulan orang yang berada di dalam ataupun di luar perusahaan dan memiliki kepentingan khusus dengan bisnis tersebut.

Oleh karena itu, untuk menerapkan proses tersebut perusahaan perlu memiliki seseorang yang mampu menjembatatani kegiatan tersebut dengan target sasarannya.

Fungsi Public Relation

Jika kamu tertarik menjadi seorang public relation, terdapat beberapa fungsi public relation yang harus kamu ketahui. Seperti, berikut ini:

1. Publicity

Salah satu fungsi dari public relation yakni melakukan publisitas dan menanggapi ketertarikan publik dengan menggunakan media massa sebagai mitra.

Fungsi ini juga memiliki tujuan untuk menyampaikan pesan yang lebih terencana, sehingga dapat menarik minat publik kepada perusahaan.

2. Media relation

Media relation merupakan bagian fungsi dari seorang public relation, sebagai alat untuk melakukan proses komunikasi.

Dalam proses komunikasi perusahaan, public relation harus mampu bekerjasama dengan berbagai media massa untuk kepentingan publikasi perusahaan.

3. Research

Research merupakan bagian dari kegiatan public relation, untuk mengetahui perilaku publik terkait dengan kebutuhan target perusahaan.

Data dari perilaku tersebut akan berguna untuk perusahaan dalam merancang strategi, demi meningkatkan kepercayaan publik terhadap perusahaan.

4. Marketing communication

Salah satu fungsi public relation juga harus membangun citra positif perusahaan, untuk meningkatkan aktivitas pemasaran.

Fungsi ini memiliki tujuan untuk mengubah persepsi publik terhadap perusahaan dan juga meningkatkan penjualan produk.

5. Issues Management

Issue management atau mengelola isu merupakan bagian dari fungsi dari public relation. Dalam penerapan fungsi ini, memang hampir sama dengan manajemen krisis.

Hal ini karena, public relation memiliki tugas untuk melakukan identifikasi sebuah masalah dan harus mampu membuat evaluasi secara tepat. Sehingga, permasalahan yang terjadi dalam perusahaan dapat teratasi dengan baik.

6. Event planning

Seorang public relation juga memilki fungsi untuk membuat event planning. Dengan membuat sebuah event, public relation akan lebih mudah untuk menarik perhatian publik kepada perusahaan atau produk yang ditawarkan.

Dengan begitu, perusahaan akan lebih mudah untuk melakukan promosi untuk menaikan penjualan agar lebih luas lagi.

Skill Public Relation

Sebagai seorang public relation, berikut skill yang harus kamu miliki:

1. Komunikasi

Sebagai seorang public relation, komunikasi merupakan skill yang wajib harus kamu miliki sebagai seorang public relation. Komunikasi sendiri dalam hal ini, merupakan bagaimana cara pembawaan ketika menyampaikan sebuah pesan.

Seperti penggunaan bahasa yang tepat dan struktur kalimat. Tak hanya itu, kemampuan interpersonal juga penting dimiliki untuk menjalin relasi dengan pihak eksternal dan terhindar dari kesalahpahaman yang menyebabkan konflik.

2. Sosial media dan jurnalistik

Sebagai seorang public relation, penting bagi kamu memiliki skill mengelola sosial media yang baik. Dengan pesatnya kemajuan teknologi saat ini, memilki skill sosial media yang dapat menunjang aktivitas branding.

Kemampuan jurnalistik juga harus dimiliki oleh seorang public relation. Hal ini akan berguna bagi kamu untuk membuat artikel, advertorial, siaran pers, ataupun kebutuhan penulisan lainnya.

3. Public management

Dalam sebuah bisnis, tentu terdapat persaingan yang ketat. Tak hanya dari persaingan, pengaruh negatif juga dapat hadir dari publik.

Maka dari itu, seorang public relation penting untuk memiliki public management yang harus dikuasai agar mempermudah pelaksanaan bisnis ke berbagai segmentasi.

Itulah pengertian, fungsi dan skill yang harus kamu ketahui sebagai seorang public relation. Dengan mengetahui informasi tersebut, tentunya akan lebih mudah bagi kamu untuk mempelajari bidang tersebut baik lagi.

Yuk, download aplikasi EKRUTES.ID dan dapatkan berbagai informasi seputar dunia kerja yang akan membantu kamu meraih karier impian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *