Tertarik Bergabung dalam Agency? Kenali Dulu Seluk-Beluknya

karir di bidang agency 1

Bagi kaum millennial maupun generasi Z, bekerja dengan fleksibel, suasana yang tidak formal, serta project yang beragam menjadi tantangan yang harus ditaklukkan. Tidak heran jika kemudian banyak dari mereka yang ingin berkarir di dunia agency.

Namun sebelum memutuskannya, ada baiknya kamu benar-benar pahami dulu apa itu agency.

Sebab suasana kerja yang jauh dari kata formal, bukan berarti tanpa tekanan.

Setiap bidang pekerjaan tentu memiliki tantangan tersendiri. Oleh karena itu, sangat penting untuk paham terlebih dahulu tentang bidang yang ingin kamu geluti.

Pengertian Agency

Agency adalah perusahaan yang menyediakan jasa pengerjaan suatu proyek yang berkaitan dengan segala bentuk kegiatan industri kreatif.

Mulai dari brand development, pemasaran hingga kebutuhan iklan.

Alasan para klien menyerahkan project mereka pada agency adalah demi kualitas juga efektifitas.

Dalam sebuah agency berisikan para profesional di bidangnya, sehingga pengerjaan proyek akan lebih cepat dan sesuai ekspektasi.

Jenis-Jenis Agency

karir di bidang agency 2

Meski istilah agency cukup familiar di telinga kita, ternyata tidak semua orang tahu jika ada banyak jenis agency yang berbeda.

Umumnya mereka langsung fokus pada periklanan atau entertainment.

Padahal, dunia ini amat luas dan membuka peluang lebar bagi kamu yang ingin berkarir di sana.

Berikut ini adalah beberapa diantaranya.

1. Advertising Agency

Untuk jenis yang pertama dan paling akrab di telinga masyarakat adalah advertising agency.

Perusahaan independen yang menyediakan jasa terkait periklanan.

Mereka biasanya memberikan layanan mulai tahap perencanaan, penyusunan, hingga penempatan iklan dalam media yang disetujui oleh klien.

Untuk bisa bergabung dengan jenis ini, setidaknya kamu harus memiliki skill di bidang desain grafis.

Selain itu kamu juga harus kreatif, mampu bekerja dalam tim dan juga berpacu dengan kejaran deadline.

Baca juga: 8 Skill yang Dibutuhkan agar Sukses di Bidang Advertising

2. Entertainment Agency

Jenis yang kedua juga tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia.

Dunia hiburan tanah air seolah memiliki magnet tersendiri bagi mereka yang ingin meraih popularitas.

Untuk bisa memperoleh bakat-bakat baru serta wajah baru di dunia entertainment, keberadaan mereka sangat dibutuhkan.

Hal ini dikarenakan mereka layaknya jembatan penghubung antara talent dengan rumah produksi yang tengah mencari bibit artis baru.

Oleh karena jenis agency ini bekerja untuk mencari mereka yang memiliki bakat juga potensi di bidang entertainment, maka kamu harus memiliki kemampuan analisa karakter seseorang.

Selain itu juga paham dengan selera pasar.

Entertainment agency bukan hanya menjadi jembatan antara penyanyi, grup band, aktor/aktris dengan pihak production house.

Mereka juga yang memoles para talent tersebut agar bisa meraih kesuksesannya di panggung hiburan.

3. Marketing Agency

Jenis ketiga ini berkaitan dengan proyek pemasaran produk yang dimiliki klien.

Mereka memasarkan melalui media sosial, website, SEO dan berbagai media digital lainnya.

Kinerja mereka membutuhkan skill di bidang digital marketing yang mumpuni.

Jadi, jika kamu berencana untuk berkarir dalam jenis yang satu ini tingkatkan kemampuan digital marketing yang kamu miliki.

4. Branding Agency 

Selanjutnya yaitu branding agency. Masih berhubungan dengan kegiatan pemasaran yang sudah kita bahas sebelumnya.

Namun untuk jenis yang keempat ini pengerjaan proyeknya lebih spesifik.

Mereka fokus untuk menciptakan, mengelola juga menguatkan branding.

Dengan kata lain, kewajiban mereka adalah membuat rencana dan juga strategi branding yang spesifik bagi klien. Bahkan beberapa branding agency sampai menciptakan branding avatar bagi klien mereka.

Baca juga: Mengulik Lebih Dalam Profesi Digital Marketing dan Kualifikasinya

5. Creative Agency

Yang kelima adalah creative agency. Sesuai dengan nama atau sebutannya, pekerjaan mereka berhubungan dengan segala kegiatan di industri kreatif.

Oleh karena bidang industri kreatif begitu luas, maka layanan yang diberikan oleh jenis agency ini pun beragam.

Mereka membantu produksi konten, memberi arahan kreatif dan juga menciptakan image brand.

Untuk bisa mengerjakan berbagai proyek, pekerjaan ini memerlukan beberapa keahlian berbeda untuk bisa saling bersinergi.

Mereka mengkolaborasikan skill art director dengan designer graphic juga videografer dan creative director untuk bisa menyelesaikan proyeknya.

Maka kamu harus memiliki salah satu skill tersebut untuk bisa bergabung di dalamnya.

6. Digital Agency

Untuk jenis keenam ini merupakan perpaduan antara kreativitas dan digital marketing.

Tujuannya adalah memberikan hasil yang fresh, kekinian dan efektif sesuai kebutuhan klien.

Hasil kerja mereka biasanya berupa web design, web development, brand development, SEM, SEO dan juga digital campaign.

Kamu yang memiliki skill copywriter, UI/UX, serta marketing, akan sangat cocok berada dalam bidang ini. 

7. Public Relation Agency

Keberadaan seorang public relation atau PR sangat penting untuk bisa membangun citra produk maupun perusahaan dan menjalin customer relationship yang baik.

Sayangnya tidak semua perusahaan memiliki tenaga humas atau PR internal.

Di situlah fungsi dari agency ini. Mereka menyediakan jasa PR untuk bisa memenuhi kebutuhan klien akan fungsi PR, yakni memberikan pelayanan yang terbaik bagi mitra kerja klien tersebut.

Semuanya membutuhkan keahlian di bidangnya masing-masing.

Selain itu juga memiliki tekanan kerja yang berbeda-beda. 

Sekilas bekerja di agency terlihat tanpa beban dan menyenangkan. Waktu kerja yang fleksibel, jaringan yang luas serta kesempatan bekerja bersama expert di bidang yang berbeda.

Namun di balik itu semua ada juga hal yang menjadi tantangan bagi kamu saat berada didalamnya.

Sebut saja seperti risiko mendapat klien yang rewel bahkan menyebalkan, jam kerja yang tidak pasti, termasuk karir dengan high pressure.

Baca juga: Social Media Marketing: Pengertian, Manfaat, dan Strategi

Temukan Lowongan Karir yang Tepat dengan Aplikasi Ekrutes.id

Apabila kamu tetap ingin berkarir di dunia agency, pastikan untuk mendapatkan lowongan yang tepat.

Untuk mewujudkannya, kamu bisa memanfaatkan aplikasi Ekrutes.id.

Aplikasi pencarian kerja cerdas yang menjembatani kamu dengan perusahaan ternama juga memiliki kredibilitas yang terpercaya.

Dengan menggunakan Ekrutes.id, kamu akan lebih mudah mendapat informasi lowongan sesuai karakter juga keahlian kamu.

Hal ini dikarenakan fitur psikotes online yang dimiliki oleh Ekrutes. Fitur tersebut dipakai untuk menganalisa karakter, wawasan, keterampilan juga keahlian dari para talent atau pencari kerja.

Selanjutnya, dengan menggunakan sistem algoritma yang canggih, aplikasi ini akan menyaring lowongan yang sesuai dengan profil kamu menurut hasil psikotes online sebelumnya.

Ekrutes.id memberikan kamu pengalaman baru mencari kerja tanpa ribet, mudah dan aman pastinya. Jadi jangan ragu lagi untuk menggunakan aplikasi pintar ini.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *