8 Skill yang Dibutuhkan agar Sukses di Bidang Advertising

skill di bidang advertising

Advertising selalu hadir, meskipun orang mungkin tidak menyadarinya. Di dunia sekarang ini, periklanan menggunakan setiap media yang memungkinkan untuk menyampaikan pesannya.

Hal ini dilakukan melalui televisi, cetak (surat kabar, majalah, jurnal dll), radio, pers, internet, penjualan langsung, kontes, sponsorship, poster, pakaian, acara, warna, suara, visual, dan banyak lagi.

Hal ini juga memungkinkan munculnya peluang kerja di bidang advertising.

Industri advertising terdiri dari perusahaan yang mengiklankan, agensi yang membuat iklan, media yang membawa iklan, dan sejumlah orang.

Seperti editor fotokopi, visualisator, manajer merek, peneliti, kepala kreatif, dan desainer yang bekerja keras hingga akhir. pelanggan atau penerima.

Perusahaan yang perlu mengiklankan dirinya dan/atau produknya menyewa biro iklan.

Dunia periklanan memang sudah menjadi keseharian yang muncul di sekitar kita. Hal ini yang menjadikan bidang ini sebagai bidang yang paling banyak diminati.

Apa itu Periklanan (Advertising)?

skill di bidang advertising 3

Jika kamu suka mencari tahu apa yang membuat orang tergerak dan menunjukkan keterampilan kreatif dan analitis kamu pada saat yang bersamaan, maka jurusan periklanan bisa menjadi pilihan yang tepat untuk kamu.

Sederhananya, periklanan adalah tentang mencari tahu cara menjual produk dan layanan ke demografis tertentu. Kamu perlu tahu siapa audiens kamu.

Apa yang mereka suka dan tidak suka dan apa yang akan menonjol bagi mereka di atas kebanyakan iklan lain di luar sana.

Karena itu, periklanan membutuhkan perpaduan yang menarik antara keterampilan kreatif dan kuantitatif.

Jurusan periklanan memadukan bidang kreatif seperti seni dan desain dengan bidang studi yang lebih kuantitatif seperti psikologi. Kedua hal ini harus dapat kamu manfaatkan untuk menciptakan iklan yang menarik.

Apa perbedaan terbesarnya?

Pemasaran adalah tentang setiap bagian dari proses menciptakan dan menjual produk, mulai dari bagaimana produk dirancang hingga bagaimana produk itu dikemas, dijual, dan ditingkatkan untuk promosi lebih lanjut.

Advertising, sebaliknya, berfokus terutama pada promosi.

Jika diibaratkan sebagai benda, maka bidang pemasaran sebagai wadah yang kamu gunakan untuk menampung makanan. Sedangkan iklan adalah makanan yang kamu taruh ke dalam wadah tersebut.

Skill Yang Dibutuhkan untuk Dapat Sukses di Bidang Advertising

Di dunia digital yang selalu berlomba-lomba untuk menarik perhatian kita, industri periklanan menjadi sangat menguntungkan.

Seiring kemajuan media sosial dan cara kita mengonsumsi iklan terus berkembang, sektor ini menjadi lebih menguntungkan.

Namun, untuk mengambil langkah pertama kamu di bidang ini dan berhasil, kamu harus memiliki berbagai keterampilan.

1. Kreativitas

Kamu harus memiliki lebih dari sekarung kreativitas untuk dapat menciptakan ide-ide yang cemerlang dan dapat menarik perhatian banyak orang.

Memiliki kepribadian kreatif dan ide-ide imajinatif akan memungkinkan kamu untuk membuat konten yang dapat menarik perhatian konsumen di pasar yang sering jenuh.

Baca juga: Bagaimana Cara Mengasah Kreativitas dan Produktivitas?

2. Teamwork

Membuat kampanye iklan yang sukses membutuhkan tim profesional yang berbakat, jadi memiliki kemampuan untuk bekerja sebagai bagian dari tim sangat penting.

Account manager, materi iklan, dan marketing executive akan diminta untuk secara rutin menyatukan pikiran mereka dan mengembangkan konten imajinatif sambil juga memastikan bahwa kebutuhan klien terpenuhi.

Upaya kolaboratif dari mereka yang terlibat dalam sebuah proyek pada akhirnya akan menentukan keberhasilannya.

Memiliki kemampuan untuk menerima kritik (bahkan ketika kamu menganggap idemu luar biasa) dan memasukkan ide orang lain ke dalam visi kamu sendiri adalah bagian tak terpisahkan dari bekerja sebagai bagian dari tim kreatif.

3. Keterampilan Komunikasi

Keterampilan komunikasi yang efektif sangat penting, terutama pada saat kamu berkomunikasi dengan tim untuk menyampaikan ide yang kamu punya.

Namun, menjadi komunikator yang baik tidak hanya penting untuk dialog internal tim.

Karena tentu saja kamu akan bertemu dengan banyak klien yang memiliki kepribadian berbeda.

Kamu harus selalu bisa menempatkan diri kamu baik dalam segi profesionalitas maupun fleksibilitas.

Hal ini akan membantu klien untuk dapat percaya pada kemampuan yang kamu miliki.

Tak jarang juga ketika kamu sedang berdiskusi atau mempresentasikan idemu di depan tim, atau berhadapan dengan klien.

Memiliki kemampuan untuk menyampaikan informasi dengan jelas sangat penting, terutama dalam industri advertising

4. Mendengarkan secara Aktif

Sementara keterampilan komunikasi memang penting, kemampuan untuk mendengarkan secara aktif juga penting.

Bekerja di bidang periklanan akan secara teratur membawa kamu berhubungan dengan berbagai orang, termasuk kolega dan klien kamu, yang akan menyampaikan detail proyek atau menyampaikan ide mereka kepada kamu.

Sebagai pengiklan, kamu tidak boleh mengabaikan atau salah menafsirkan klien atau rekan kerja kamu, terutama bila detail sangat penting untuk keberhasilan penyelesaian proyek.

Baca juga: 16 Hard Skill Paling Dicari Perusahaan, Kamu Bisa yang Mana?

5. Keterampilan Komputer

Memiliki keterampilan komputer yang memadai adalah wajib dalam industri yang cepat menjadi fokus hanya pada pemasaran digital.

Bergantung pada peran atau tugas utama kamu, sebagian besar tugas tentu akan melibatkan bekerja dari komputer sambil menggunakan perangkat lunak seperti Adobe Photoshop dan Adobe Illustrator.

Terlepas dari itu, memiliki kemampuan bekerja dengan teknologi sangat penting. Karena dengan seiring berjalannya waktu, kemampuan ini bisa terus dikembangkan untuk meraih karir yang semakin gemilang.

6. Keterampilan Media Sosial

Memahami media sosial akan membantu kamu untuk tetap bisa mengikuti tren dan perkembangan online terbaru.

Terlebih lagi, klien pada zaman modern ini sebagian besar mencerna konten melalui platform media sosial.

Konten yang sedang diminati tergantung pada apa yang muncul di umpan berita mereka. Memiliki pemahaman yang baik tentang berbagai aplikasi dan alat ini akan meningkatkan kinerja kerja kamu.

7. Keterampilan Penelitian

Berbicara tentang penelitian, memiliki kemampuan untuk menyisir berbagai sumber untuk menemukan inspirasi akan terbukti sangat berguna bagi kamu.

Ini akan terbukti bermanfaat ketika kamu mengembangkan ide hebat berikutnya untuk klien dari perusahaan yang besar.

8. Keterampilan Multitasking

Bekerja di bidang advertising sering kali berarti mengharuskan kamu untuk berani memakai banyak topi yang berbeda.

Mampu secara aktif menyeimbangkan anggaran sambil menafsirkan informasi yang kompleks hanyalah beberapa tugas yang diharapkan untuk dapat bisa lakukan saat mengelola suatu proyek iklan.

Bekerja pada proyek yang berbeda dapat menjadi rumit dan cukup menuntut, karena melibatkan serangkaian tugas seperti riset pasar, koordinasi metrik, pengujian produk, dan umpan balik klien.

Baca juga: Kenali Apa Itu Multitasking Serta Tips untuk Meningkatkan Skill Ini

Mengetahui bagaimana caranya menyeimbangkan tugas-tugas ini tanpa mengorbankan detail yang lebih baik akan menjadi kunci dalam memastikan kesuksesan.

Demikian beberapa keterampilan atau skill yang dapat kamu pelajari agar bisa meraih kesuksesan di bidang periklanan atau advertising.

Jika kamu tertarik untuk mempelajari lebih lanjut kira-kira pekerjaan apa yang bisa kamu tekuni di bidang periklanan, Ekrutes.id hadir untuk kamu. Manfaatkan fitur Job Portal untuk mengetahui pekerjaan apa yang cocok untuk kamu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *