Social Media Marketing: Pengertian, Manfaat, dan Strategi

strategi social media marketing

Menjadi seorang pengusaha atau pebisnis harus pintar dalam hal marketing. Nah, salah satu cara yang bisa kamu lakukan yaitu dengan menggunakan social media marketing.

Pemasaran dengan cara menggunakan media sosial cocok sekali buat kamu yang memiliki produk dengan target pasar usia remaja hingga dewasa.

Hal ini karena pengguna media sosial adalah sebagai besar remaja dan orang dewasa.

Nah, buat kamu yang masih belum terlalu paham tentang pemasaran menggunakan media sosial, berikut penjelasan lengkapnya.

Pengertian Social Media Marketing

Sosial media marketing merupakan pemasaran digital dengan memanfaatkan adanya media sosial dan website dengan tujuan promosi produk atau jasa, baik itu promosi berbayar maupun promosi organik.

Dengan menggunakan pemasaran jenis ini, penjual dan pembeli bisa berinteraksi secara langsung melalui media sosial tersebut.

Selain itu, kamu juga bisa menjawab pertanyaan dan keluhan dari pembeli. Manfaat lainnya yaitu penjual juga bisa mempromosikan produk atau jasa terbaru kepada calon pembeli.

Pemasaran menggunakan media sosial juga termasuk kegiatan seperti membangun komunitas di jejaring sosial, mengarahkan lalu linta ke situs web kamu, membangun kesadaran merek, dan meningkatkan prospek penjualan melalui konten.

Sementara itu, tugas dari pemasar yaitu harus menggunakan platform media sosial populer, kemudian menjangkau calon pelanggan dan pelanggan, serta melakukan promosi produk atau jasa yang melibatkan audiens.

Strategi Social Media Marketing

Agar kamu bisa mendapatkan hasil yang memuaskan dengan menerapkan social media marketing, ada sejumlah strategi yang harus kamu gunakan.

Apa saja strateginya? Berikut penjelasan lengkapnya.

1. Pelajari selera audiens

Strategi yang pertama yaitu kamu harus mempelajari selera atau preferensi dari audiens. Hal ini berfungsi sebagai tolak ukur kecocokan dari produk atau jasa yang kamu buat.

Selain itu, hal ini juga berfungsi untuk menentukan konten apa yang menarik untuk disajikan di konten media sosialmu.

Nah, jika kecocokan selera audiens dengan kontemu tinggi, maka tingkat engagement pun menjadi semakin besar.

2. Tentukan platform 

Strategi kedua yaitu kamu harus menentukan platform apa yang akan digunakan untuk menjual produk atau jasamu.

Kamu harus memilih jenis platform yang tepat karena setiap platform media sosial memiliki fitur berbeda-beda.

Fitur tersebut memiliki pengaruh terhadap penyajian konten produk atau jasa yang akan kamu jual.

Sebagai contoh, jika kamu menggunakan media sosial Instagram, maka sebaiknya produk yang dijual menggunakan pemasaran bergaya milenial.

Pasalnya, sebagian besar pengguna IG adalah kaum milenial, jadi kamu harus membuat konten se-relevan mungkin.

Baca juga: 5 Langkah Menjadi Copywriter Profesional, Ikuti Tips Ini!

3. Buat konten yang menarik

Strategi social media marketing selanjutnya yaitu kamu harus membuat konten semanarik mungkin agar sharing dan engagement mengalami peningkatan.

Konten yang menarik juga berfungsi untuk membuat pembeli ingin membeli produk yang kamu pasarkan.

Untuk menentukan konten seperti apa yang menarik perhatian audiens, kamu harus melakukan riset terlebih dahulu.

Jika audiensmu lebih suka konten dalam bentuk video, maka buatlah konten video-video menarik yang berisi promosi produk atau jasamu.

4. Jadwalkan Waktu Posting

Selain harus membuat konten yang menarik, kamu juga perlu menjadwalkan waktu posting untuk konten tersebut.

Lihatlah kapan audiens paling aktif di media sosial yang kamu gunakan.

Sebagai contoh, biasanya jam istirahat dan jam pulang kerja adalah waktu ketika orang-orang aktif bermain media sosial

5. Evaluasi

Strategi terakhir dalam social media marketing yaitu lakukanlah evaluasi. Media sosial yang kamu gunakan memiliki data tentang keberhasilan proses pemasaran.

Nah, kamu bisa menggunakan data tersebut untuk mempelajari apa yang harus diperbaiki untuk membuat pemasaran yang lebih baik lagi nantinya.

Manfaat Social Media Marketing

strategi social media marketing 3

Social media marketing memiliki banyak manfaat untuk bisnis kecil maupun bisnis besar. Nah, berikut ini adalah daftar manfaatnya.

1. Hemat biaya

Manfaat yang pertama adalah yaitu kamu tidak perlu mengeluarkan uang yang banyak. Bahkan, pemasaran menggunakan media sosial bisa dijalankan tanpa biaya apapun.

Bagaimana caranya? Kamu bisa membuat akun media sosial secara gratis, memposting konten secara gratis, dan membuat grup jualan secara gratis juga.

Mungkin, kamu hanya perlu mengeluarkan uang untuk membeli paketan internet.

Kamu juga perlu mengeluarkan biaya apabila menggunakan iklan berbayar di atau menggunakan tools tambahan tertentu.

2. Efektif dan efisien

Social media marketing memiliki nilai yang lebih efektif dibandingkan dengan promosi menggunakan baliho atau spanduk.

Hal ini karena kamu bisa mengatur target pasar dengan lebih mendalam, sehingga lebih efektif dalam menjangkau konsumen.

Baca juga: Mengulik Lebih Dalam Profesi Digital Marketing dan Kualifikasinya

3. Meningkatkan brand awareness

Menggunakan media sosial juga bermanfaat dalam meningkatkan brand awareness. Pasalnya, terdapat lebih dari 160 juta orang Indonesia yang menggunakan media sosial.

Hal ini berarti ada 160 juta orang yang berpotensi mengetahui produk atau jasa mu di media sosial, jika kamu menggunakan pemasaran media sosial dengan baik.

Kamu juga bisa membuat produk atau jasa dikenal oleh banyak orang dengan cepat jika postingan menarik dan viral.

4. Memperluas pangsa pasar bisnis

Manfaat menggunakan social media marketing yang selanjutnya yaitu bisa memperluas pangsa pasar.

Hal ini karena pengguna media sosial berada dimanapun dan siapapun bisa menggunakannya.

Dengan demikian, target konsumen tidak hanya terbatas dalam area tertentu. Tapi, kamu bisa membuat target pasar dari seluruh wilayah Indonesia, bahkan ke luar negeri sekalipun.

Namun, syaratnya adalah kamu harus menggunakan pemasaran ini dengan strategi yang benar. misalnya, gunakan hashtag tertentu agar orang lebih mudah mencari bisnismu.

5. Komunikasi ke konsumen mudah  

Membangun komunikasi yang bagus dengan konsumen adalah hal yang penting dalam bisnis.

Nah, jika kamu menggunakan social media marketing, maka kamu bisa membangun komunikasi dua arah yang lebih mudah dan lebih baik dengan konsumen.

Konsumen bisa mengirimkan pertanyaan atau keluhan melalui pesan pribadi di media sosial, memberi komentar di postingan, atau menyebut brand kamu dalam postingan mereka.

Kamu juga bisa langsung memberikan respons terhadap hal-hal tersebut karena media sosial akan memberikan pemberitahuan ke kamu.

Baca juga: Ingin Menjadi Seorang Marketer? Apa Saja Tugas dan Tanggung Jawabnya?

6. Cepat membagi informasi 

Manfaat yang terakhir yaitu kamu bisa memberikan informasi tentang produk atau jasamu dengan cepat jika menggunakan media sosial.

Jadi, konsumenmu bisa langsung tahu jika produk atau jasa kamu sedang mengadakan flash sale, diskon, promo, atau informasi penting lainnya.

Tanpa harus menunggu berjam-jam, hanya dalam hitungan detik konsumenmu bisa langsung tahu tentang informasi tersebut.

Nah, buat kamu yang masih bingung tentang potensi diri atau ingin mengembangkan kemampuan diri, kamu bisa menggunakan tes asesmen dari Ekrutes.id.

Apa itu Ekrutes.id? Ekrutes.id adalah sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang digital talent management platform. 

Platform ini juga dilengkapi dengan jasa lainnya seperti psikotes online dan job portal. Kamu juga bisa mendownload aplikasi Ekrutes.id di Play Store, lho!

Dengan layanan tes asesmen tersebut, kamu bisa lebih mengenali diri kamu dengan mengetahui potensi apa yang ada dalam dirimu. Jadi, yuk kunjungi Ekrutes.id.

Baiklah, demikian penjelasan tentang social media marketing dan semoga artikel ini bermanfaat buat kamu, ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *