Kenali Perusahaan Big 4 KAP, Anak Akuntansi Wajib Tahu!

perusahaan big 4 kap

Buat kamu calon fresh graduate dan memiliki karir cemerlang di bidang akuntansi, wajib banget nih tahu tentang Big 4 KAP.

Jika kamu belum pernah mendengarnya, Big 4 KAP merupakan empat firma akuntansi terbesar dan ternama di dunia.

Kabar baiknya, bukan cuma lulusan akuntansi saja yang dapat bekerja di sana, namun jurusan ekonomi dan jurusan lain pun juga bisa ikut berkarir di empat perusahaan tersebut.

Lalu, perusahaan mana saja yang termasuk dalam jajaran perusahaan akuntansi terbesar di dunia?

Serta, bagaimana profil perusahaan dan cara kerjanya? Langsung saja kepoin penjelasannya di artikel berikut ini!

Apa yang Dimaksud dengan Big 4 KAP?

KAP yang merupakan kependekan dari Kantor Akuntan Publik, adalah suatu badan usaha resmi dan mengantongi izin dari Menteri Keuangan.

Badan usaha ini telah menjadi tempat bagi para akuntan publik untuk menawarkan jasanya kepada pihak-pihak yang membutuhkan.

Di antaranya jasa menganalisis laporan keuangan, audit pajak, audit laporan keuangan, dan lain sebagainya.

Kemudian, ada Big 4 yang berarti empat perusahaan terbesar di dunia dalam bidang akuntansi dan audit.

Empat perusahaan tersebut adalah PwC, Deloitte, E&Y, serta KPMG.

Perusahaan-perusahaan tersebut memiliki KAP yang telah memperoleh sertifikat dan berhasil menangani urusan audit di sebagian besar perusahaan di Amerika Serikat.

Untuk rinciannya, empat perusahaan ini akan dibahas lebih lanjut pada penjelasan berikutnya tentang daftar perusahaan yang termasuk dalam jajaran BIG 4 KAP.

Perlu kamu ketahui bahwa BIG 4 Kantor Akuntan Publik bukan merupakan perusahaan milik individu, tapi suatu kelompok jaringan perusahaan dengan pelayanan yang profesional.

Perusahaan-perusahaan tersebut bekerjasama serta memiliki standar dan brand yang sama, yaitu Big 4, namun tetap independen dalam hal pengelolaan perusahaan.

Baca juga: Peluang Kerja Jurusan Akuntansi, Cek 5 Profesi Ini!

Sejarah Singkat Terbentuknya Big 4 KAP

perusahaan big 4 kap 2

Sebelum menjadi Big 4, sebenarnya dulu terdapat delapan KAP besar berskala internasional yang dikenal dengan sebutan Big 8 pada tahun 1979.

Ada Touche Ross, Ernst & Whinney, KPMG, Arthur Andersen, Price Waterhouse, Deloitte Haskins & Sells, Arthur Young & Company, dan Coopers & Lybrand.

Namun, seiring berjalannya waktu beberapa perusahaan tersebut memutuskan untuk membentuk koordinasi atau bergabung menjadi satu perusahaan.

Sebut saja perusahaan Ernst & Whinney bergabung dengan Arthur Young pada tahun 1989 sehingga menjadi perusahaan Ernst & Young (E&Y) seperti sekarang.

Adapun perusahaan Deloitte, Hanskin & Sells memutuskan untuk bergabung dengan Touche Ross membentuk perusahaan Deloitte & Touche.

Disusul oleh Price Waterhouse yang bergabung dengan kantor akuntan Coopers & Lybrand sehingga membentuk perusahaan Price Waterhouse Coopers (PwC) pada tahun 1998.

Alhasil, tersisa 5 perusahaan yang kemudian disebut Big 5, yang terdiri dari Arthur Andersen, E&Y, Deloitte & Touche, PwC, dan Kynveld Peat Marwick Goerdeler (KPMG).

Namun sayangnya pada tahun 2001, Arthur Andersen terkena kasus yang bernama Skandal Enron

Kantor akuntan tersebut didakwa karena menghancurkan dokumen-dokumen penting yang berhubungan dengan pengauditan Enron serta berusaha menutup-nutupi kerugiannya.

Karena peristiwa tersebut akhirnya kantor Arthur Andersen mengalami kebangkrutan dan dijual seluruhnya.

Sejak saat itu hingga sekarang hanya tersisa empat perusahaan yang kemudian dikenal dengan sebutan Big 4.

Daftar Perusahaan Big 4 KAP

Apakah kamu sudah paham tentang Big 4 Kantor Akuntan Publik beserta sejarahnya?

Selanjutnya mari bahas lebih lanjut mengenai empat perusahaan tersebut!

1. EY (Ernst & Young)

Sebagai salah satu jajaran perusahaan KAP terbesar di dunia, EY telah membuktikan kredibilitasnya dengan melayani berbagai perusahaan Fotune dan Forbes Global.

Kerjasamanya dengan lebih dari dua ratus ribu klien di seluruh dunia menjadi bukti bahwa EY memiliki layanan yang unggul, mulai dari jasa konsultasi hingga audit.

Selain itu, EY juga berkontribusi tinggi dalam menciptakan layanan perintis dengan dukungan dari berbagai teknologi seperti AI, cybersecurity, blockchain, dan lain-lain.

Tak heran jika banyak orang yang memiliki impian untuk meniti karir di perusahaan ini. Selain jenjang karir yang menjanjikan, gaji yang ditawarkan pun juga tinggi.

Rata-rata pegawai di EY menerima gaji mulai dari 3 hingga 78 juta rupiah setiap bulannya tergantung dari bidang pelayanan dan jabatannya.

Dan lagi, EY dikenal sebagai perusahaan yang sangat menghargai kerjasama tim, dampak sosial, dan perkembangan karir berkelanjutan bagi pegawainya.

Bagi kamu yang ingin berkarir di sini, harus pandai-pandai dalam mempersiapkan diri, karena EY menargetkan lulusan sarjana dan master sebagai kandidat pegawai.

Jika kamu mempunyai mimpi bekerja di tempat terbaik untuk meluncurkan karir kamu, maka EY lah jawabannya!

2. Deloitte

Buat kamu yang memiliki impian untuk bisa bekerja di Deloitte, perusahaan ini menargetkan lulusan MBA dan sarjana, tidak harus dari perguruan tinggi ternama.

Tips yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan peluang kamu untuk bisa diterima di perusahaan ini adalah dengan mengikuti program magang yang mereka tawarkan.

Perlu untuk kamu ketahui, bahwa Deloitte merupakan perusahaan yang sangat menghargai kode etik, integritas dan kualitas dalam pekerjaan.

Baca juga: Jenis Akuntan Serta Tugas dan Tanggung Jawab Kepada Perusahaan

3. Price Waterhouse Coopers (PwC)

Seperti halnya dua perusahaan di atas, PwC juga merupakan perusahaan terbaik untuk kamu memulai karir dan mengembangkan skill kamu.

Melalui program part-time internship PwC membantu peserta para peserta magang agar siap berkarir di perusahaan sesuai dengan bidangnya.

Jadi, buat kamu yang ingin memulai karir di bidang akuntansi bersama PwC, kamu harus update jika sewaktu-waktu mereka membuka lowongan internship. 

Bersamaan dengan itu, alangkah baiknya jika kamu juga mempersiapkan diri semaksimal mungkin agar terpilih menjadi kandidat yang sesuai kualifikasi PwC.

4. Klynveld Peat Marwick Goerdeler (KPMG)

Bagi kamu yang ingin berkarir di KPMG wajib tahu bahwa sebagian besar bidang pekerjaan di perusahaan ini berbasis teknis dan analitis.

KPMG biasanya membuka lowongan untuk lulusan S1 dan S2.

Salah satu keuntungan yang bisa kamu dapat jika berhasil diterima di sini adalah kamu bisa berkesempatan untuk mengikuti Pendidikan Profesional Berkelanjutan.

Selain itu, kamu juga berpeluang besar untuk melanjutkan karir di perusahaan-perusahaan Fortune. Menarik, bukan?

Baca juga: 9 Rekomendasi Pekerjaan dengan Gaji Tinggi dan Menggiurkan

Tips Berkarir di Big 4 KAP

Untuk bisa berkarir di salah satu dari empat perusahaan ternama di atas, terutama di bidang akuntansi, tentu diperlukan tekad, usaha, dan komitmen yang tinggi.

Umunya, perusahaan-perusahaan tersebut mempertimbangkan beberapa hal dari kandidat pegawai, seperti nilai akademik, bakat dan minat kerja, serta keterampilan wawancara.

Untuk itu, sebaiknya kamu mulai melatih dan mengasah kemampuan sedari dini dengan sering melakukan update terhadap perusahaan incaran kamu.

Perhatikan bagaimana budaya kerja mereka dan pertimbangkan mana yang cocok dengan kamu.

Ikuti juga program magang yang dibuka perusahaan jika terdapat kesempatan. Dengan begitu, kamu akan mendapat banyak ilmu, baik itu bersifat teoritik maupun praktik.

Hal itu tentu akan sangat menguntungkan dan meningkatkan peluang untuk bisa diterima di perusahaan tersebut jika kinerjamu bagus saat program magang.

Nah, demikianlah serba serbi tentang Big 4 KAP yang wajib kamu tahu, mulai dari pengertian, sejarah, hingga tips berkarir di salah satu perusahaan tersebut.

Apakah kamu berminat? Jika iya, persiapkanlah dirimu mulai dari sekarang!

Kenali bakat dan minat kerjamu, perluas wawasanmu, dan asah keterampilanmu!

Salah satu persiapan yang bisa kamu lakukan adalah dengan melakukan tes asesmen di Ekrutes.id untuk mengetahui talenta, bakat, dan minatmu dalam dunia kerja.

Langsung saja download aplikasinya dan rasakan betapa mudah, cepat, dan efektifnya melakukan tes asesmen secara online untuk persiapan memulai karirmu!

Hi, I’m EkrutesID

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *