Client Communication , Ini Tipsnya!

Jika kamu bekerja sebagai sales, marketing, consultant ataupun customer service, kemampuan komunikasi menjadi poin penting.

Hal ini perlu dilakukan agar komunikasi dengan klien atau customer berjalan dengan baik, meningkatkan kepercayaannya terhadapmu sehingga berpotensi meningkatkan loyalitas mereka terhadap bisnismu.

Baca Juga : Bekerja Ke Luar Negeri, Mungkin Banget!

Komunikasi efektif dengan klien biasa disebut dengan client communication. Client communication merupakan bentuk komunikasi bisnis antara pelaku bisnis dengan kliennya. Dalam client communication, kamu dapat menggabungkan kemampuan berbahasa, interpersonal, dan emosional untuk menyampaikan pesan yang jelas, bermakna, serta tetap menjaga emosi klien. Client communication yang baik adalah yang mendengarkan secara aktif pada apa saja yang disampaikan oleh klien.

Ketika kamu mampu melakukan client communication, maka kamu akan mendapatkan beberapa manfaat seperti mengurangi kesalahpahaman, meningkatkan kepercayaan, membangun ekspektasi yang jelas, meningkatkan kepuasan pelanggan, membuat komunikasi berjalan efektif.

Supaya kamu dapat melakukan client communication, ada baiknya kamu memperhatikan ke 4 hal ini;

1. Bersikap Transparan

Bersikap transparan atau terbuka merupakan salah satu elemen penting dalam client communication. Keterbukaan yang dimaksud adalah memberikan informasi yang jujur. Jika memang terdapat perubahan produk atau kebijakan yang mempengaruhi mereka, adanya masalah yang terjadi, sebaiknya informasikan kepada klien dengan jujur.

2. Tunjukkan Fleksibilitas

Fleksibiltas disini adalah dimana kamu memberikan berbagai pilihan kemudahan kepada klien untuk berkomunikasi denganmu. Jika memang klien lebih mudah berkomunikasi dan cepat merespon menggunakan email, maka sebaiknya kamu juga mulai mebiasakan diri untuk menggunakan email ketika akan berkomunikasi dengan klien. Selain pilihan media berkomunikasi, fleksibiltas juga dapat ditunjukkan dengan berbagai pilihan alternatif yang kamu berikan pada klien ketika sedang ada kendala atau masalah.

unsplash.com
3. Berempati

Kunci dari berempati adalah dengar dan pahami. Biarkan klien mengatakan segala informasi kebutuhan dan keluhannya kepadamu. Cobalah untuk memahami situasinya, sehingga kamu dapat berempati. Ketika kamu dapat berempati maka respon yang kamu tunjukkan pada klien akan membuatnya nyaman dan percaya padamu sehingga dapat meningkatkan loyalitas klien.

4. Bicaralah Dengan Ramah

Terkadang beberapa klien mengungkapkan keluhannya dengan nada marah-marah. Namun, jangan sampai kamu ikutan emosi ya. Pastikan kamu dapat mengontrol emosi, sehingga nada bicaramu tetap tertata dengan baik, ramah dan sopan. Bukan hanya itu saja, kamu juga perlu melihat kondisi dan situasi agar tidak terjadi kesalahpahaman.

Sekarang kamu sudah paham mengenai client communication kan? Semoga setelah ini kamu bisa mempraktekkannya ya. Nah buat kamu yang masih ingin tahu banyak seputar tips karir ataupun lowongan kerja, kamu bisa langsung kunjungi EKRUTES.ID disini ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published.