7 Tanda Kamu Cocok Bekerja Sebagai Sales

Setiap orang tentu memiliki kemampuannya masing – masing. Termasuk kemampuan untuk dapat bekerja sebagai sales. Walau terkadang pekerjaan ini dipandang sebelah mata dan sering dihindari, nyatanya bekerja menjadi sales bukanlah hal yang mudah. Hanya beberapa orang saja yang punya keterampilan atau kemampuan khusus yang bisa menjadi sales loh!

Baca Juga : Lengkapi Kemampuan Salesmu Dengan Sales Proposal

Jika kamu punya 7 tanda ini, cobalah peruntunganmu untuk bekerja sebagai sales;

unsplash.com
1. Percaya Diri

Salah satu hal kamu dirasa cocok sebagai sales, karena kamu adalah seseorang yang percaya diri. Konsumen akan tertarik untuk melakukan pembelian dengan sales yang percaya diri. Hal ini dikarenakan kepercayaan diri membuatmu menjadi mampu menyampaikan penawaran dengan yakin. Degan begitu, konsumen merasa kamu bersikap jujur tentang produk yang kamu tawarkan.

unsplash.com
2. Bekerjasama Dengan Baik

Katanya posisi sales harus memilik jiwa yang kompetitif. Memang “iya sih” karena kamu akan bersaing dengan produk lain untuk mendapatkan klien. Namun, seorang sales juga harus memiliki kemampuan untuk dapat bekerjasama dengan baik. Kemampuan bekerjasama dibutuhkan karena seorang sales akan bekerjasama dengan tim lain seperti teknisi, finance, dll. Selain itu, kemampuan ini juga dibutuhkan agar sales dapat menjalin hubungan kerjasama dengan klien.

unsplash.com
3. Memiliki Wawasan Yang Luas

Jangan dikira seorang sales hanya tahu tentang menjual produk. Pernyataan tersebut salah. Melakukan penjualan tidak semudah itu. Perlu adanya pendekatan dengan klien agar sales dapat menjual produknya. Pendekatan yang dilakukan adalah mengobrol. Sales harus memiliki wawasan yang luas agar dapat membuka topik obrolan dengan klien. Harus bisa menyamakan frekuensi atau tema obrolan agar klien merasa nyaman dan dimengerti.

unsplash.com
4. Mampu Menghadapi Penolakan

Tidak semua orang dapat menghadapi situasi dengan penuh tekanan dan penolakan. Memiliki mental yang kuat untuk bisa menerima berbagai macam penolakan adalah kemampuan yang harus dimiliki seorang sales. Harus memiliki daya juang agar tidak mudah menyerah begitu saja ketika penawarannya ditolak. Bersikap dengan tenang dan optimis menghadapi penolakan merupakan keahlian sales.

5. Seseorang Yang Persuasif

Jika kamu sosok yang persuasif bisa jadi kamu seseorang yang cocok sebagai sales. Kunci sukses menjadi seorang sales adalah mampu mempengaruhi klien untuk dapat membeli produk/layananmu. Jika kamu mampu membuat orang lain tertarik dengan produk yang kamu gunakan atau jual, maka itu menjadi tanda bahwa kamu memiliki kemampuan persuasif.

unsplash.com
6. Kemampuan Komunikasi Yang Baik

Kemampuan bahasa dan komunikasi yang baik sangatlah diperlukan jika bekerja sebagai sales. Tidak hanya berkomunikasi dengan rekan kerja, namun dengan banyak orang yang mungkin mereka merupakan target klienmu. Kemampuan komunikasi dibutuhkan agar kamu dapat menyampaikan pesan dengan jelas sehingga menghindarkan dari miskomunikasi.

unsplash.com
7. Bisa Bekerja di Lingkungan Yang Cepat

Apabila kamu dapat bekerja dengan deadline dan tekanan, bisa jadi kamu cocok sebagai sales. Industri sales terkenal dengan sistem kerja yang dinamis dengan goals dan tantangan yang terus berubah. Sales dituntut untuk harus bisa bekerja dengan cepat, bersaing dengan kompetitor.

Informasi seputar lowongan kerja terbaru, tips pengembangan diri dan psikotes online gratis kunjungi EKRUTES.ID disini ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published.