Kondisi Kerja Yang Bikin Nggak Betah!

Dunia kerja memang selalu punya tantangan tersendiri. Baik itu dari segi budaya, kebiasaan, ataupun kebijakan yang mungkin menjadi beban tesendiri untuk kamu yang bekerja didalamnya. Alhasil, pilihan aksi “resign” pun kerap menjadi penyelesaiannya.

Nah.. berikut beberapa kondisi yang sering bikin nggak betah karyawan sehingga memutuskan untuk resign;

Baca Juga : Tips Menghadapi Client, Dijamin Sukses!

1. Minim Kesempatan Mengembangkan Diri

Salah satu tujuan kita terjun ke dunia kerja adalah untuk mengasah kompetensi. Ketika perusahaan kurang memberikan kesempatan untuk pengembangan diri karyawan, maka para karyawan cenderung memiliki keputusan untuk mengundurkan diri, mencari perusahaan yang dapat memfasilitasinya untuk berkembang. Perusahaan memiliki tugas untuk memahami karyawannya sehingga dapat memberikan gambaran jenjang karir yang akan dilalui dan memberikan pemahaman kebutuhan kompetensi apa saja yang akan diperlukan karyawan.

2. Kurang “Challenging”

Karyawan yang cerdas dan aktif selalu ingin terlibat dalam pekerjaannya. Ketika karyawan selalu dilibatkan, mereka merasa didukung untuk selalu belajar. Perusahaan dapat menciptakan tantangan dan tujuan baru sehingga membantu karyawan merasa berguna dan membuat mereka tetap tertarik untuk bekerja di perusahaan.

unsplash.com
3. Merasa Tidak Dihargai

Bagaimanapun visi misi perusahaan tidak dapat tercapai jika tidak ada andil kinerja dari para karyawan. Para karyawan juga butuh pengakuan atas pencapaiannya. Tidak ada salahnya mengucapkan terima kasih atas kinerja karyawan ataupun memberikan penghargaan ketika mereka berhasil atas pencapaian kinerja mereka.

4. Budaya Perusahaan Tidak Sehat

Cukup wajar jika dalam dunia kerja terdapat persaingan, tetapi jika persaingan yang ada dalam perusahaan itu penuh dengan kecurangan maka akan menimbulkan ketidaknyamanan. Budaya perusahaan yang tidak sehat, penuh dengan fitnah dan kecurangan merupakan perilaku yang tidak terpuji. Pentingnya sebuah perusahaan untuk membangun budaya perusahaan yang sehat dan selalu diterapkan dalam lingkup pekerjaan sehingga para karyawan didalamnya akan merasa aman dan nyaman.

5. Gaji Tidak Sesuai

Gaji menjadi alasan yang paling sering kita dengar dari karyawan yang mengajukan resign. Hal ini sering terjadi karena karyawan pasti banyak mendapatkan informasi penghasilan dari rekan-rekan mereka di perusahaan lain. Menawarkan gaji yang kompetitif dan tunjangan lainnya dapat memotivasi karyawan untuk tetap bertahan di perusahaan.

Tidak ada salahnya jika kamu mengajukan resign untuk keluar dari lingkup kerja yang memang sudah membuatmu tidak nyaman. Jika kamu benar mengajukan diri untuk resign, maka ajukanlah dengan baik-baik, ikuti prosedur pengunduran diri sesuai dengan peraturan perusahaan. Kamu juga dapat mengatakan yang sebenarnya alasan pengunduran diri kamu. Siapa tahu alasanmu bisa menjadi masukan dan bahan evaluasi perusahaan sehingga dapat menjadi lebih baik lagi.

Hi, I’m Ekrutes Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *