Persiapan Bekerja Ke Luar Negeri

Siapa disini yang pengen banget punya pengalaman kerja di luar negeri? Tapi bingung gimana cara untuk mendapatkan informasi pekerjaan di luar negeri?

Beberapa dari kalian pasti ingin punya pengalaman bekerja di luar negeri, tapi merasa takut ribet segala urusannya. Sebenarnya ketika kalian benar-benar ingin bekerja di luar negeri, urusannya tidak serumit yang kalian bayangkan. Dokumen yang diperlukan sepertiĀ  paspor, surat keterangan status perkawinan, surat izin dari pasangan/orang tua, surat keterangan sehat, visa kerja, surat perjanjian dan penempatan kerja, dan sertifikat kompetensi kerja.

Baca Juga : 7 Kesalahan Anak Magang!

Cara agar kamu dapat bekerja di luar negeripun terdapat beberapa cara ;

  1. Melalui Program Magang

Kalau anda masih berumur dibawah 30 tahun, kamu bisa mengikuti program magang di website resmi kementerian luar negeri, atau informasi dari sekolah maupun universitas kamu. Beberapa perusahaan terkadang membuka program magang untuk pertukaran pekerja asing.

  1. Melalui Perusahaan

Ini merupakan cara yang paling sering digunakan untuk bisa mendapatkan kesempatan bekerja di luar negeri. Banyak negara yang memberikan kesempatan pada perusahaan-perusahaan untuk menerima pekerja asing. Negara yang sering menerima pekerja asing, khususnya dari Indonesia adalah Taiwan, Jerman, Korea, dll. KamuĀ  bisa langsung mencari informasi kerja melalui platform pencarian kerja atau melalui website resmi Kementerian Luar Negeri.

unsplash.com

Nah untuk lebih lengkapnya lagi, berikut beberapa tips untuk persiapan kamu sebelum benar-benar memutuskan bekerja di luar negeri;

1. Cari Tahu Tentang Negara Tujuan

Penting bagi kamu untuk mencari tahu negara tujuan untuk tempat kamu bekerja. Adanya perbedaan budaya dan bahasa, membuatmu harus memahami negara tujuanmu. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir culture shock. Hanya perlu melakuka riset kecil tentang negara tujuanmu, iklim disana, bahasa yang digunakan, kebiasaan orang-orang diasana, lokasi yang akan menjadi tempat tinggalmu dan juga riset tentang perusahaan yang kamu lamar.

2. Persiapkan Mental dan Perdalam Keterampilan

Persiapan yang matang adalah poin penting ketika kamu ingin bekerja di luar negeri. Persiapkan mentalmu karena tentu kamu akan menghadapi lingkungan, budaya dan tekanan yang sangat berbeda dari di Indonesia. Selain itu perdalam juga keterampilan kamu. Hal ini perlu kamu lakukan agar kamu dapat mengikuti dinamikan bekerja disana.

3. Siapkan Biaya

Apakah kamu sudah terpikirkan untuk menyiapkan biaya? Biaya ini terhitung dari kamu saat memutuskan untuk terbang keluar negeri, biaya visa, paspor, tempat tinggal, kebutuhan bulanan, dan biaya tak terduga lainnya. Terkadang beberapa perusahaan juga menyediakan fasilitas mess untuk para karyawannya. Maka dari itu, penting mengetahui biaya yang akan dikeluarkan selama tinggal di luar negeri

Setelah kamu membaca tips diatas pasti sekarang kamu menjadi lebih siap untuk bekerja di luar negeri. Tidak ada keraguan untuk terkena tipu atau terbebani karena kamu sudah memiliki persiapan yang matang sebekum berangkat.

Untuk info seputar lowongan kerja, pengembangan diri, dan tips dapat kunjungi EKRUTES.ID disini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *