6 Aplikasi yang Wajib Dimiliki Jobseeker, Kamu Punya yang Mana?

Aplikasi wajib Jobseekera

Perkembangan teknologi yang semakin canggih saat ini, terdapat berbagai aplikasi yang membantu para jobseeker dalam mencari lowongan pekerjaan. Saat ini, para jobseeker tak perlu bersusah payah untuk mencari lowongan pekerjaan dengan mendatangi perusahaan satu persatu. Karena lowongan pekerjaan saat ini dapat dengan mudah diakses melalui di media sosial.

Aplikasi pencari kerja dapat dengan mudah kamu akses melalui smartphone ataupun laptop/PC. Sehingga jika kamu seorang jobseeker, kamu bisa memilih aplikasi yang dapat kamu gunakan untuk membantu mencari lowongan pekerjaan.

Berikut EKRUTES.ID akan berikan informasi 6 aplikasi yang wajib untuk jobseeker miliki. Yuk, di simak!

6 Aplikasi yang wajib dimiliki jobseeker

1. LinkedIn

Bukan hanya berfungsi sebagai media sosial, LinkedIn juga memiliki fungsi untuk mencari lowongan pekerjaan. LinkedIn biasanya digunakan sebagai media sosial profesional oleh para penggunanya. Kamu dapat menemukan berbagai lowongan pekerjaan, rekomendasi kerja, dan lainnya.

LinkedIn juga memiliki fitur yang berguna untuk mencocokan pekerjaan sesuai dengan skill yang kamu miliki. Kamu hanya perlu mengisi data diri dan skill yang kamu miliki, setelahnya sistem LinkedIn akan memberi kamu notifikasi terkait pekerjaan apa yang cocok dengan skill.

Selain berfungsi untuk mencari pekerjaan, kamu juga dapat membuat branding diri kamu secara profesional. Kamu bisa menulis informasi terkait pekerjaan atau skill yang harus dimiliki, lalu mempostingnya agar dapat dibaca oleh pengguna lainnya. LinkedIn juga dapat berguna untuk memperluas networking kamu, khusunya dengan para HR/rekruter perusahaan.

2. Indeed Job Search

Indeed Job Search merupakan aplikasi pencari kerja yang menyediakan berbagai lowongan perkerjaan. Tak hanya di Indonesia, Indeed Job Search juga menyediakan berbagai lowongan dari 60 negara di dunia. Sehingga aplikasi ini cocok bagi kamu yang ingin mencoba bekerja di luar negeri.

Selain itu, Indeed Job Search juga dapat membantu kamu menemukan lowongan pekerjaan yang dekat dengan tempat tinggalmu. Kamu hanya perlu mengaktifkan fitur lokasi yang tersedia pada smartphone dan secara otomatis langsung terkonek dengan Indeed Job Search.

3. Glints

Glints merupakan aplikasi pencari kerja yang menyediakan banyak lowongan terbaru dari berbagai perusahaan di Indonesia. Kamu hanya perlu mengisi data diri dan skill yang kamu miliki, setelah itu aplikasi Glints akan secara otomatis memberikan kamu rekomendasi pekerjaan yang sesuai.

Selain itu, Glints juga memberikan berbagai artikel dan informasi seputar dunia kerja yang dapat kamu baca. Informasi tersebut berguna untuk menembah pengetahuan kamu dan mempersiapkan karirmu di dunia kerja.

4. JobStreet

Siapa yang tidak kenal dengan jobstreet? Aplikasi pencari kerja yang dapat kamu gunakan untuk mendapatkan berbagai posisi lowongan pekerjaan. Tak hanya di Indonesia, kamu juga dapat mencari pekerjaan di negara lain seperti Malaysia, Filipina, Singapura, dan Vietnam. Kamu juga akan mendapatkan berbagai rekomendasi pekerjaan, sesuai dengan minat dan skill yang telah kamu masukan pada bagian data diri.

Selain itu, kamu juga akan mendapatkan berbagai notifikasi lowongan pekerjaan ataupun informasi yang berhubungan dengan dunia kerja, melalui email atau notifikasi di smartphone. Hal ini tentunya dapat memudahkan kamu mencar pekerjaan yang kamu inginnya segera mungkin.

5. KitaLulus

KitaLulus merupakan aplikasi pencari kerja yang saat ini juga banyak digunakan. Memiliki berbagai fitur, ketika kamu masuk ke dalam aplikasi tersebut kamu akan menemukan berbagai lowongan pekerjaan yang telah dipisahkan menjadi beberapa kategori yang berbeda.

Di aplikasi ini, kamu juga dapat memilih kategori yang sesuai dengan background pendidikan kalian. Misal kalian berpendidikan terakhir SMA/SMK maka kalian akan mendapat rekomendasi yang sesuai dengan pendidikan tersebut, begitu pula bagi lulusan S1, fresh graduate, ataupun berpengalaman.

6. EKRUTES.ID

EKRUTES.ID merupakan platform HR management system yang berfokus untuk menghubungkan talent pencari kerja dengan perusahaan. Oleh karena, EKRUTES.ID berusaha untuk memberikan inovasi terbaik melalui kegiatan pelatihan webinar oleh pembicara profesional. Tak hanya pelatihan, EKRUTES.ID juga memberikan kamu kesempatan untuk mencoba psikotes gratis yang dapat kamu kerjakan secara online.

Selain itu, EKRUTES.ID juga memiliki portal job posting yang aktif memberikan lowongan pekerjaan terbaru, dari berbagai perusahaan ternama yang ada di Indonesia tanpa dipungut biaya apapun. Tak hanya aktif pada job posting, kamu juga dapat mengikuti berbagai kelas self development yang berguna untuk perkembangan karirmu ke depannya.

Bagi kamu para jobseeker, di tanggal 20 Juli 2023, EKRUTES.ID bakal mengadakan Virtual Job Fair loh! Akan ada banyak lowongan pekerjaan dari berbagai perusahaan di Indonesia, yang dapat kamu apply. Seluruh proses rekrutmen ini bersifat online dan pastinya gratis. Yuk segera daftarkan diri kamu, cek infonya di sini.

Nah, itulah 6 aplikasi yang wajib jobseeker miliki untuk mendapatkan pekerjaan. Kamu udah punya yang mana nih?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *