Berminat Bekerja di Jakarta? Berikut Panduan untuk Merantau

Kerja di jakarta

DKI Jakarta masih menjadi kota yang banyak diminati para jobseeker di Indonesia. Kebanyakan orang menganggap jika Jakarta adalah pusat bisnis dan industri, tak heran banyak jobseeker mencoba peruntungannya untuk merantau ke Jakarta. Sebagai pusat bisnis dan industri, terdapat banyak lowongan berbagai posisi yang ditawarkan oleh perusahaan untuk berbagai lulusan.

Jakarta juga menjadi salah satu kota dengan UMR tertinggi yakni 4.901.798 rupiah/bulan pada tahun 2023. Tak heran jika angka pendatang jobseeker di Jakarta tinggi, di kutip melalui Medcom.id pada tahun 2022 terdapat 151.725 pendatang ke Jakarta, diantaranya 71.859 berjenis kelamin pria dan 77.687 berjenis kelamin Wanita.

Jika kamu merupakan seorang jobseeker yang berminat untuk mencari pekerjaan di Jakarta, penting bagi kamu memiliki panduan untuk bertahan hidup di Jakarta. Berikut ini EKRUTES.ID akan berikan kamu panduan lengkap untuk merantau ke Jakarta.  Yuk di simak infonya!

Panduan merantau di Jakarta

Sebelum memutuskan untuk pindah ke Jakarta, penting bagi kamu untuk mengetahui panduan berikut ini:

1. Mempertimbangkan kekurangan dan kelebihan

Ketika memutuskan untuk merantau ke kota lain, penting untuk kamu mengetahui apa saja yang menjadi kelebihan dan kekurangan untuk menjadi bahan pertimbangan sebelum memutuskan mencari kerja di kota lain. Hal ini karena setiap kota pastinya memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing, baik dalam infrastruktur maupun kondisi kota tersebut.

Jika kamu berkunjung ke Jakarta, kamu akan mendapat kelebihan berupa mudahnya transportasi umum, fasilitas lengkap, UMR yang tinggi dan lainnya. Sedangkan, untuk kekurangan yang dapat dirasakan yakni macet, banjir, mahalnya biaya hidup, persaingan kerja yang sulit, rawan tindak kejahatan dan lainnya.

2. Memilih tempat tinggal

Sebelum memutuskan untuk merantau, penting bagi kalian memutuskan tempat tinggal selama berada di Jakarta. Untuk menemukan tempat tinggal yang tepat, kamu bisa mempertimbangkan beberapa hal berikut :

  • Jarak kantor dari tempat tinggal
  • Lokasi tempat tinggal, apakah di tengah Jakarta atau pinggir Jakarta (Tangerang, Bogor, Bekasi, Depok)
  • Berapa budget yang ditentukan untuk tempat tinggal
  • Jenis tempat tinggal, seperti kosan, rumah kontrakan, atau apartement
  • Swalayan atau tempat makan terdekat dari tempat tinggal
  • Kendaraan pribadi, jika tempat tinggal jauh dari kantor
  • Tinggal sendiri atau sharing dengan teman
  • Berapa jauh tempat tinggal dari transportasi umum
  • Lama tinggal di tempat tersebut
  • Lingkungan tempat tinggal, ramai seperti perkampungan atau tenang seperti komplek
  • Aman dari banjir atau tidak bila musim hujan tiba
  • Jika kamu bekerja dengan sistem WFH, pastikan sinyal komunikasi mu di tempat tersebut aman
  • Lingkungan yang dijaga dari tindak kejahatan

3. Memilih transportasi

Ketika kamu memutuskan untuk merantau ke Jakarta, penting bagi kamu memikirkan transportasi apa yang akan kamu gunakan sehari-hari. Terutama jika kamu tidak memiliki kendaraan pribadi, kamu dapat memilih menggunakan ojek online ataupun transportasi umum yang tersedia di Jakarta.

Terdapat beberapa jenis transpotasi umum yang dapat kamu gunakan di Jakarta, seperti bus transjakarta, commuter line, MRT, LRT ataupun mikrolet. Selain itu, dengan menggunakan transportasi umum kamu juga dapat menghemat pengeluaran karena harga yang ditawarkan jauh lebih murah dari ojek online.

4. Hitung budget hiburan

Ketika kamu memutuskan untuk merantau ke Jakarta, kamu pastinya akan mendapat kemudahan dalam mendapatkan tempat hiburan. Pasalnya, Jakarta yang merupakan kota metropolitan pastinya menawarkan berbagai macam tempat hiburan untuk melepas penat dari padatnya pekerjaan.

Kamu dapat memilih mulai dari tempat hiburan perbelanjaan seperti mall, taman bermain, taman kota, tempat nongkrong, dan lainnya. Jika kamu menginginkan live music, kamu dapat mengunjungi hollywings ataupun coffe shop yang memiliki acara live music. Namun, banyaknya tempat rekreasi yang akan kamu kunjungi, tentu dapat membuat biaya bulanan kamu semakin membengkak.

Oleh karena itu, penting bagi kamu untuk menghitung budget pengeluaran untuk hiburan. Hal ini penting dilakukan, karena jika budget hiburanmu melebihi biaya bulanan maka kamu dapat kekurangan biaya untuk sehari-hari.

Nah, itu dia pedoman bagi kamu yang ingin merantau ke Jakarta. Jika kamu berminat untuk pindah ke Jakarta, pastikan untuk kamu mempertimbangkan segala kebutuhan dan biaya sehari-hari selama di Jakarta ya. Bagi kamu yang ingin mencari pekerjaan di Jakarta, kamu bisa banget untuk ikut Virtual Job Fair yang diadakan oleh EKRUTES.ID loh! Akan terdapat puluhan perusahaan di Jakarta yang berpartisipasi untuk berbagai posisi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *