5 Tips Interview Pertama, Fresh Graduate Auto Lolos Kerja!

interview pertama

Kalian fresh graduate yang akan melakukan interview pertama? Tak perlu khawatir, terdapat berbagai tips yang bisa kalian lakukan untuk dapat lolos di pekerjaan pertama kalian tersebut.

Interview pertama merupakan kesempatan yang begitu dinantikan oleh para fresh graduate. Tak heran jika pada proses ini, banyak fresh graduate yang sangat berjuang untuk dapat lolos pada proses interview tersebut.

Untuk dapat lolos pada proses interview pertama, fresh graduate wajib untuk mengetahui 7 tips yang telah EKRUTES.ID rangkum khusus untuk kalian. Yuk, di simak!

7 Tips interview pertama

1. Lakukan riset untuk posisi yang dilamar

Ketika kamu mendapatakan interview kerja pertama, yang harus kamu lakukan adalah mencari segala informasi terkait posisi yang kamu lamar. Hal ini sangat penting, karena dapat membantu kamu menjawab pertayaan yang diberikan HRD atau user pada saat sesi interview.

Penting untuk kamu mencari tahu mengenai informasi jobdesk pada posisi yang dilamar, serta tanggung jawabnya di dalam perusahaan tersebut. Selain itu, kamu juga bisa mencari informasi terkait perusahaan tersebut, seperti bergerak di bidang apa, kapan berdiri, media sosial perusahaan tersebut dan lainnya.

Biasanya informasi seputar jobdesk posisi yang dilamar ataupun informasi perusahaan, dapat diakses melalui website resmi ataupun media sosial perusahaan.

2. Pelajari pertanyaan interview

Dalam proses interview para rekruter pastinya akan memberikan berbagai pertanyaan seputar diri kalian. Sehingga sebelum melakukan sesi interview, kalian harus mempelajari segala pertanyaan yang biasanya akan ditanyakan oleh rekruter. Berikut pertanyaan interview yang sering ditanyakan:

  1. Boleh perkenalkan diri anda?
  2. Apa yang membuat anda tertarik berada di posisi ini?
  3. Apa yang anda ketahui tentang perusahaan ini?
  4. Apa kelebihan dan kekurangan kamu?
  5. Apa rencana anda lima tahun ke depan?
  6. Apakah anda siap jika harus ditempatkan di luar kota?
  7. Berapa gaji yang kamu harapkan?
  8. Apakah terdapat pertanyaan yang ingin ditanyakan?

3. Berpenampilan rapih dan menarik

Ketika menghadiri sesi interview, berikanlah penampilan yang menarik dan rapih ketika hendak menemui rekrukter perusahaan. Personal grooming atau penampilan memiliki peran penting pada saat menghadiri proses sesi interview kerja karena dapat meningkat rasa percaya diri.

Selain itu, pelamar dapat mempersiapkan pakaian terbaik dengan warna dan pola yang tidak mencolok dan sepatu yang sesuai dengan persyaratan perusahaan. Selain pakaian, rambut juga memiliki peran penting untuk menunjang penampilan seseorang. Kalian bisa menata rambut  dengan rambut sebelum menghadiri sesi interview.

4. Fokus dan percaya diri ketika menjawab pertanyaan interview

Pada saat melakukan sesi interview pertama, wajar jika seorang fresh graduate merasakan gugup atau grogi ketika menjawab pertanyaan yang diberikan rekruter. Kamu bisa mengalihkan pikiran tersebut, agar tetap tenang dan fokus dalam menjawab setiap pertanyaan yang diberikan oleh rekruter.

Dalam sesi interview, biasanya rekruter akan memberikan pertanyaan seputar dirimu. Jelaskan dengan baik mengenai latar belakang pendidikan, pengalaman yang pernah dilakukan semasa kuliah, serta skill yang dimiliki. Namun, usahakan untuk tetap terlihat rendah hati dan tidak sombong dengan kemampuan yang kalian miliki ya.

5. Berprilaku sopan dan beretika

Penting bagi para fresh graduate yang menghadiri interview pertama, untuk mengetahui etika dan bersikap sopan ketika bertemu rekruter. Usahakan untuk jangan terlalu banyak tertawa pada saat menjawab pertanyaan interview yang diberikan rekruter, karena akan membuatmu terlihat tidak profesional dan berpengaruh pada penilaian rekruter.

Selain itu pada saat proses sesi interview tengah berlangsung, kamu bisa mengheningkan mode telponmu agar tidak mengganggu proses interview yang berlangsung. Jangan lupa juga untuk mengucapkan salam pembuka dan terima kasih kepada rekruter ketika proses interview berakhir.

Itu dia 5 tips yang bisa kamu lakukan ketika menghadiri proses interview pertama. Bagi para fresh graduate, pastikan untuk mempelajari pertanyaan serta profil perusahaan sebelum menghadiri interview pertama ya. Download apps EKRUTES.ID, lengkapi profil, kerjakan basic test, dan temukan karier yang tepat untuk kamu di EKRUTES.ID.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *