5 Alasan Mengapa Fresh Graduate Sulit Mendapatkan Kerja, Kamu yang Mana?

Alasan fresh graduate sulit mendapat kerja

Bagi kamu para lulusan baru atau yang biasa disebut dengan fresh graduate, pasti sering merasa mendapatkan pekerjaan merupakan hal yang sulit, bukan? Bahkan tak jarang fresh graduate sering merasa putus asa pada fase ini. Meski telah merasa melakukan usaha yang terbaik, nyatanya para fresh graduate tetap gagal bersaing dalam mencari pekerjaan pertamanya. Coba deh cek kenapa fresh graduate sulit dapat kerja?

Alasan mengapa fresh graduate sulit dapat kerja

1. Kurangnya networking

Bagi sebagian fresh graduate masih sering mengabaikan hal ini, padahal membangun networking itu penting loh untuk membangun karir! Networking sendiri merupakan proses membangun relasi dengan orang lain. Biasanya networking dapat dibangun dengan megikuti organisasi atau event mengenai bidang yang diminati. Tapi di era teknologi saat ini, membangun networking juga dapat dilakukan secara online melalui sosial media.

2. Tidak memiliki pengalaman kerja

Ketika seseorang baru saja lulus kuliah atau sekolah, pasti akan merasa sulit mencari pekerjaan karena tidak memiliki pengalaman bekerja. Namun, hal ini dapat disiasati dengan menambahkan pengalaman magang atau praktik kerja lapangan. Tapi jika kamu juga tidak memiliki pengalaman tersebut, kamu bisa menggantinya dengan pengalaman organisasi atau pelajaran yang relevan dengan bidang pekerjaan tersebut.

3. Persaingan kerja yang sengit

Dalam mencari pekerjaan pastinya para fresh graduate juga harus bersaing dengan banyak orang, terlebih orang yang memiliki pengalaman di bidang tersebut. Pasti sangat terasa begitu sulit bukan? ini juga yang menjadi alasan mengapa fresh graduate sulit mendapatkan pekerjaan pertamanya. Tapi tenang, kamu harus tetap percaya diri terutama dalam memperkenalkan diri kamu ketika menjalani sesi interview.

4. Kemampuan komunikasi yang kurang

Meski sering disepelekan, ternyata kemampuan komunikasi juga memiliki pengaruh besar loh dalam mendapatkan pekerjaan. Dengan kemampuan komunikasi yang baik, seorang fresh graduate tentu mampu untuk mempresentasikan diri dan pencapaiannya ketika menjalani proses interview. Tak hanya itu, komunikasi juga merupakan skill yang dibutuhkan dalam dunia bekerja loh khususnya dalam membangun relasi.

5. Tidak memiliki skill

Seringnya lembaga pendidikan hanya memberikan pelajaran umum, tanpa disertai dengan pelatihan skill untuk bekerja. Sehingga fresh graduate sering merasa bingung ketika memasuki dunia kerja, karena merasa tak memiliki keahlian untuk mengerjakan pekerjaan dengan baik. Tapi tenang, di era teknologi saat ini banyak bootcamp dan kelas webinar yang dibuat untuk melatih skill dalam mempersiapkan diri dalam menghadapi dunia kerja.

Hal yang harus dipersiapkan oleh seorang fresh graduate

  • Melakukan personal branding secara profesional
  • ¬†Memperluas networking terutama di sosial media
  • Belajar untuk membuat CV yang baik
  • Melatih kemampuan komunikasi atau public speaking
  • Meningkatkan skill dengan mengikuti bootcamp atau kelas pengembangan karir yang bersertifikat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *