Catat! ini 6 Skill yang Harus Dimiliki Fresh Graduate di Dunia Kerja

Kalian para fresh graduate, pasti sering merasa sangat sulit untuk mencari pekerjaan bukan? Terlebih lagi setiap tahunnya, banyak lulusan baru dari berbagai perguruan tinggi ataupun sekolah. Hal ini tentu membuat persaingan kerja semakin sulit, karena para fresh graduate harus memiliki skill yang lebih unggul untuk bersaing dengan para pencari kerja lainnya.

Oleh karena itu seorang fresh graduate harus terus melakukan evaluasi diri, khususnya mengenai skill yang dimiliki untuk bersaing di dunia kerja. Dengan mengetahui skill yang dimiliki, seorang fresh graduate tentu akan semakin percaya diri dalam mempromosikan diri Ketika sesi rekrutmen berlangsung.

Nah, di sini EKRUTES.ID akan bantu kamu untuk mengetahui 6 skill penting yang harus kamu miliki sebagai seorang fresh graduate. Apa saja ya? Yuk, disimak!

6 Skill yang harus dimiliki  fresh graduate

1. Komunikasi

Komunikasi merupakan skill utama yang harus kamu miliki sebagai seorang fresh graduate. Pasalnya, dalam dunia kerja skill komunikasi yang baik akan membantu kamu untuk membuat sebuah relasi baru. Selain itu jika kamu memiliki kemampuan komunikasi yang baik, kamu akan lebih mudah untuk bekerja sama dalam sebuah tim untuk menyelesaikan suatu pekerjaan.

Jika kamu memiliki skill komunikasi yang baik, tak menutup kemungkinan kamu juga akan memiliki skill public speaking yang baik. Oleh karena itu, kalian sebagai seorang fresh graduate wajib untuk melatih kemampuan komunikasimu agar lebih baik ya.

2. Kerja sama tim ataupun individual

Dalam dunia kerja, seorang pekerja harus fleksibel di tempatkan di mana saja. Sehingga seorang fresh graduate, wajib memiliki skill kerja sama tim ataupun individual yang baik. Hal ini tentunya berguna untuk membantu kamu menyelesaikan pekerjaan dengan baik. Pada kerja sama tim, kamu diharuskan memiliki skill komunikasi yang baik khususnya dalam berdiskusi. Namun, meskipun kamu bekerja secara individual biasanya kamu harus tetap melakukan koordinasi terkait pekerjaan mu dengan atasan.

3. Problem solving

Ketika seseorang bekerja, tak mungkin setiap hari akan berjalan dengan lancar, pasti akan terdapat beberapa masalah yang akan muncul terkait pekerjaan. Oleh karena itu, seorang fresh graduate wajib untuk memiliki skill problem solving untuk menyelesaikan permasalahan yang terjadi ketika bekerja. Selain itu, dengan memiliki skill problem solving yang baik perusahaan pasti akan berpikir bahwa kita merupakan orang yang profesional.

4. Berpikir kreatif

Berpikir kreatif juga penting untuk dimiliki seorang fresh graduate, pasalnya perusahaan pastinya ingin memiliki karyawan yang mampu memberikan ide-ide baru. Selain kreatif, seorang pekerja harus mampu berpikir inovatif dalam menyelesaikan sebuah project. Sehingga kalian bisa memulai untuk melatih pemikiran kreatif dan inovatif dalam dirimu sebelum mulai mencari pekerjaan.

5. Manajemen waktu

Dalam bekerja tentu kita harus mampu mengatur waktu dengan baik, hal ini juga merupakan bagian dari kedispilinan seorang pekerja. Perlu untuk fresh graduate ketahui, penilaian terkait skill manajemen waktu dapat dinilai Ketika seseorang mengikuti proses interview. Biasanya ketika pelamar terlambat menghadiri proses interview, HRD akan berpikir orang tersebut tidak memiliki manajemen waktu yang baik.

6. Kepemimpinan

Saat ini banyak perusahaan yang menawarkan posisi management trainee untuk para fresh graduate. Management trainee sendiri merupakan program dari perusahaan yang setara dengan posisi manajerial. Sehingga, para kandidatnya dipastikan harus memiliki skill kepemimpinan yang baik untuk berada di posisi ini. Biasanya pada proses rekrutmen yang dilakukan, para kandidatnya akan melakukan proses FGD (focus group discussion) untuk melihat skill kepemimpinan kandidat.

Nah, itu dia skill dasar yang harus dimiliki seorang fresh graduate sebelum mulai melamar pekerjaan. Selain itu, kamu juga bisa loh ikutan jobfair EKRUTES.ID yang akan dilaksanakan secara virtual! Terdapat puluhan perusahaan ternama yang akan berpartisipasi dengan berbagai posisi yang ditawarkan, yuk infonya cek di sini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *