Tips Meningkatkan Kerjasama Tim

Bagi kamu yang mungkin bekerja di industri startup, tentu membentuk dan meningkatkan kekompakan adalah hal penting. Hal ini dikarenakan kekompakan tim dapat menjadi salah satu kunci kesuksesan sebuah perusahaan. Meningkatkan kerjasama atau kekompakan tim akan membantu dalam peningkatan performa kinerja, efektifitas komunikasi, dan mengurangi stress.

Baca Juga : Ini Teknik Dasar Public Speaking!

Untuk dapat meningkatkan kekompakan tim tidak harus dimulai dari atasan loh… Kamu sebagai karyawan juga bisa mulai membangun kekompakan tim. Berikut cara-cara yang bisa kamu lakukan;

1. Tentukan Tujuan Bersama

Jika tim sudah terbentuk maka tentukan tujuan apa yang ingin dicapai. Pastikan kalian memiliki tujuan dan cara pandang yang sama untuk dapat mencapainya. Kalian bisa mulai dengan membagi tugas dan tanggung jawab yang akan dipegang masing-masing anggota tim. Hal ini dapat kalian diskusikan agar mendapat kesepakatan bersama.

2. Kenali Karakter Anggota Tim

Kalian tidak akan bisa kompak jika tidak mengenal satu dengan yang lainnya. Mengenal karakter dengan setiap anggota tim membantumu untuk dapat berkomunikasi. Ketika kamu mengenal anggota tim kamu, maka kamu akan menemukan cara terbaik untuk dapat berkomunikasi efektif dengan mereka.

3. Lakukan Komunikasi Rutin

Komunikasi secara rutin ini dapat kamu lakukan ketika dalam ruang lingkup kantor maupun aktivitas diluar kantor. Komunikasi secara rutin tentu saja dapat kamu lakukan ketika makan siang, saat evaluasi , atau saat nongkrong diluar setelah jam kerja. Ketika komunikasi terjalin, maka tim akan lebih siap untuk dapat menyelesaikan masalah.

4. Buat Suasana Kerja Senyaman Mungkin

Selain menentukan tujuan, tim juga harus menentukan dinamika seperti apa yang diharapkan dalam sebuah tim. Biasanya kekompakan akan terwujud dengan dinamika kerja tim yang nyaman. Keadaan ini sangat mendukung anggota tim untuk memiliki kebebasan dalam berpendapat dan mengekspresikan apa yang dirasakan. Dengan begini tidak ada kesalahpahaman ataupun rasa curiga satu sama lain yang dapat berimbas pada performa kinerja.

5. Hargai Privasi Setiap Anggota

Sedekat-dekatnya kamu dengan rekan kerjamu, menghargai privasi orang lain adalah hal yang utama. Contoh paling sederhana yaitu tidak perlu menanyakan apa dan kenapa mereka mengambil cuti. Menghargai privasi akan membantu perusahaan berkembang dengan budaya kerja yang sehat.

Agar tim kamu lebih kompak, tidak ada salahnya untuk mencoba dan membagikan tips ini ya. Kekompakan dalam tim tidak bisa hanya dilakukan satu orang, tetapi atas dasar kemauan dan kesepakatan semua anggota tim.

Informasi lengkap seputar lowongan kerja terbaru, tips karir dan pengembangan diri serta psikotes gratis kunjungi EKRUTES.ID disini ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published.