Catat! Ini 7 Cara Agar Fresh Graduate Cepat Kerja

Fresh graduate

Persaingan dunia kerja saat ini memang sangat ketat. Tidak heran jika banyak lulusan baru atau fresh graduate sulit mendapatkan pekerjaan. Belum lagi dalam proses mencari pekerjaan, fresh graduate juga harus bersaing dengan pencari kerja yang telah berpengalaman.

Hal ini jadi kesulitan tersendiri untuk fresh graduate. Apalagi untuk saat ini lowongan kerja yang tersedia lebih sering mencantumkan persyaratan pengalaman minimal 1 tahun bekerja.

Sebetulnya kenapa sih fresh graduate sering dianggap sebelah mata pada saat melamar pekerjaan. Padahal fresh graduate juga memiliki potensi loh. Namun, setiap perusahaan tentu memiliki berbagai macam pertimbangan untuk menerima seorang karyawan yang telah disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan.

Alasan fresh graduate sulit dapat kerja

Dikutip melalui Indeed, ada berbagai alasan yang menjadi penyebab fresh graduate sulit mendapatkan pekerjaan.  Salah satunya adalah permasalahan ekonomi hingga jurusan kuliah yang sebenarnya kurang dipahami. Selain itu ada beberapa alasan lain, seperti:

  1. Merasa salah jurusan
  2. Persaingan kerja yang tinggi
  3. Tidak memiliki pengalaman kerja
  4. Tidak memiliki skill yang dibutuhkan
  5. Kurangnya koneksi
  6. Kurang follow up terkait pekerjaan

Di luar dari faktor ekonomi atau masalah pribadi, sebelum memasuki dunia kerja ada baiknya jika seorang fresh graduate mempersiapkan diri setelah lulus dari kampus. Persiapan ini dapat dimulai dengan menentukan bidang karier apa yang ingin dijalani ke depannya. Dengan begitu akan lebih mudah bagi kamu untuk memperdalam skill yang dibutuhkan oleh bidang tersebut.

Selain itu, dengan mempersiapkan diri kamu akan lebih mudah untuk menentukan pekerjaan pertama apa yang akan kamu ambil. Hal ini karena pekerjaan pertama yang diambil oleh seorang fresh graduate memiliki dampak yang signifikan untuk karier ke depannya. Menurut Indeed, fresh graduate yang mendapatkan pekerjaan tidak relevan dengan jurusan semasa kuliah cenderung bertahan di bidang tersebut selama beberapa tahun.

Hal ini dapat terjadi jika seorang fresh graduate merasa tidak cocok dengan jurusan semasa kuliah atau merasa sulit untuk mendapatkan pekerjaan yang sesuai, sehingga peluang untuk bekerja dengan bidang yang relevan menjadi lebih sulit. Oleh karena itu, kamu tidak perlu mulai bekerja pada bidang karier yang diimpikan. Mulailah mencari pekerjaan yang sesuai dengan skill yang kamu miliki, dengan begitu kamu lebih mudah untuk mempelajari dan berkembang.

Ketika kamu telah siap untuk bekerja namun masih merasa sulit untuk mendapat pekerjaan, EKRUTES.ID akan berikan kamu para fresh graduate cara cepat untuk mendapatkan pekerjaan.

Cara cepat untuk fresh graduate dapat kerja

Sebagai jobseeker, tentunya kita memerlukan cara yang bisa menjadi strategi untuk mendapatkan pekerjaan. Dengan cara ini, tentu kita akan lebih mudah untuk mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan skill yang dimiliki.

1. Tunjukan skill yang dimiliki

Menunjukan skill yang dimiliki perlu dilakukan ketika melamar sebuah pekerjaan. Hal ini sangat berguna sebagai daya tarik untuk rekruter ketika melihat CV atau penjelasan kamu pada tahap interview. Jika kamu merasa tidak memiliki hard skill yang sesuai, kamu bisa mencoba untuk menonjolkan soft skill yang dimiliki seperti kemampuan komunikasi, kerjasama tim, manajemen waktu, dan adaptif.

Selain itu, seorang fresh graduate dengan kemampuan berbicara atau menulis Bahasa Inggris yang baik juga dapat menjadi poin tambahan di mata rekruter. Untuk itu kamu dapat menyertakan bukti nyata kemampuanmu dengan melampirkan sertifikat, seperti TOEFL atau IELTS. Dengan begitu rekruter perusahaan semakin yakin bahwa dirimu capable dan mempertimbangkan untuk menerimamu.

2. Manfaatkan media sosial

Jika sebelumnya melamar pekerjaan biasa dilakukan dengan cara mendatangi perusahaan secara langsung, tetapi saat ini kamu dapat memanfaatkan internet untuk melamar pekerjaan. Para fresh graduate yang membutuhkan informasi lowongan pekerjaan saat ini dapat dengan mudah mencarinya melalui media sosial, dan mengirimkan lamaran tersebut secara langsung.

Dengan cara ini, para jobseeker tentunya lebih dimudahkan untuk menyebarkan puluhan bahkan ratusan lamaran sekaligus. Kamu bisa memanfaatkan berbagai aplikasi pencarian kerja seperrti EKRUTES.ID, LinkedIn, Glints, Jobstreet dan berbagai aplikasi lainnya.

Dengan memanfaatkan internet kamu dapat menghemat biaya fotocopy, karena seluruh dokumen yang dikirimkan untuk melamar pekerjaan biasanya hanya berbentuk soft file. Terlebih jika seluruh proses rekrutmen dijalankan secara online, kamu tidak perlu mengeluarkan biaya untuk ongkos pergi ke perusahaan tersebut.

3. Memperluas networking

Networking atau koneksi merupakan salah satu cara cepat yang dapat memudahkan fresh graduate mendapatkan pekerjaan. Ada banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan jika kamu mampu membuat networking yang luas, salah satunya kemudahan ketika kamu membutuhkan pekerjaan.

Networking yang kamu miliki dapat memberikan informasi terkait lowongan pekerjaan apa yang tengah dibutuhkan oleh perusahaan. Bahkan, networking tersebut juga bisa saja menawarkan pekerjaan yang tersedia saat itu juga tanpa proses yang sulit.

Bukan hanya berguna untuk memberikan informasi terkait perusahaan, melalui networking tersebut kamu dapat menanyakan segala informasi terkait dengan pekerjaan, seperti gaji, job desc dari suatu pekerjaan, kelebihan dan kekurangan, skill yang harus dipelajari dan hal lainnya yang dapat memberikanmu informasi lebih terkait karier.

4. Kirimkan CV online

Banyak perusahaan yang saat ini menerapkan sistem online ketika membuka lowongan pekerjaan. oleh karena itu, fresh graduate bisa membuat dan mengirimkan Curriculum Vitae (CV) secara online. CV online biasanya akan dikirimkan secara langsung ke email perusahaan, untuk nantinya diproses secara langsung oleh human resource development (HRD) perusahaan.

Dengan hadirnya CV online, pelamar tentunya akan lebih dimudahkan karena tidak perlu datang berkunjung ke perusahaan satu per satu. Fresh graduate hanya akan diarahkan untuk mengirim CV melalui email atau form yang disediakan oleh perusahaan.

Oleh karena itu, kamu hanya perlu membuat CV dan surat lamaran kerja yang berbentuk soft file, dengan begitu kamu akan lebih mudah untuk melamar pekerjaan online. Selain itu, kamu juga dapat menyiapkan portofolio jika ingin bekerja pada bidang yang membutuhkan bukti project kerja.

5. Buat CV yang menarik

Untuk melamar sebuah pekerjaan, tentunya kamu membutuhkan sebuah CV yang menarik untuk menambah peluang diterima kerja di perusahaan yang diimpikan. Sebab, ketika kamu melamar pekerjaan tampilan CV merupakan hal yang pertama dilihat oleh perusahaan.

Berikut poin penting yang harus kamu perhatikan ketika mendesain tampilan CV:

  1. Template yang rapi
  2. Pemilihan kata yang tepat
  3. Gunakan font yang sesuai, dapat menggunakan Arial atau Times New Roman
  4. Jika menggunakan warna, gunakan kombinasi warna yang tidak mencolok

Dengan membuat tampilan CV yang baik, HRD tentu akan lebih tertarik untuk membaca dan mempelajari isi yang dijelaskan di dalamnya. Dengan begitu peluang untuk mendapatkan pekerjaan tentunya semakin besar.

6. Ikut pelatihan bersertifikat

Mengikuti pelatihan bersertifikat dapat menjadi salah satu cara untuk fresh graduate mendapatkan pekerjaan dengan cepat. Sertifikat yang kamu dapatkan nantinya dapat berguna sebagai dokumen pendukung dalam CV. Kamu juga bisa mencantumkan keahlian apa saja yang telah kamu pelajari pada kelas pelatihan tersebut.

Selain itu, hasil project yang kamu kerjaan selama pelatihan tersebut juga dapat menjadi portofolio untuk melamar pekerjaan di bidang tersebut. Dengan begitu HRD dan user perusahaan dapat mengetahui hasil kerjamu sesungguhnya. Sehingga kemungkinan kamu untuk direkrut dalam perusahaan semakin besar.

7. Ikut job fair

Selain aktif mengirimkan lamaran secara online, sebagai fresh graduate kamu juga dapat mengikuti job fair yang biasa di adakan oleh perusahaan. Pada kesempatan ini, kamu dapat bertemu dengan berbagai perusahaan yang menawarkan lowongan pekerjaan.

Job fair sendiri biasanya diadakan secara online atau offline, kamu dapat mencari informasi job fair melalui akun pencarian kerja atau disnaker kota tempat kamu tinggal agar acara tersebut memang terpercaya. Ketika kamu mengikuti job fair, usahakan untuk aktif bertanya dengan PIC perusahaan yang mengikuti acara tersebut agar mereka merasa kamu tertarik dengan perusahaan mereka.

Nah, itulah 7 cara yang dapat fresh graduate lakukan agar segera mendapat pekerjaan. Dengan memanfaatkan cara-cara di atas kamu akan lebih mudah untuk segera mendapatkan pekerjaan impianmu. Selain itu, teruslah berlatih untuk mengembangkan skill yang kamu miliki sebagai bekal ketika kamu memasuki dunia karier.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *