4 Detail yang Perlu Diperhatikan Ketika Menerima Offering Letter

offering letter

Menerima offering letter pasti menjadi hal yang paling membahagiakan untuk para jobseeker. Kalau sudah mendapatkan Offering letter artinya kamu telah berhasil melewati fase pencarian kerja yang sulit. Offering letter sendiri merupakan dokumen penting perusahaan yang berisi detail penawaran kerja yang kamu terima. Surat ini sendiri biasanya diberikan sebelum kamu resmi bergabung dalam perusahaan tersebut.

Ketika kamu mendapatkan offering letter, penting bagi kamu untuk membaca secara teliti isi di dalam surat tersebut. Hal ini berguna ketika ada detail yang tidak sesuai dengan kamu, kamu bisa diskusikan secara langsung. Berikut EKRUTES.ID akan berikan kamu informasi 4 hal yang harus kamu perhatikan ketika menerima offering letter.

4 hal yang harus kamu perhatikan dari offering letter

1. Detail pekerjaan

Pada offering letter, akan ada detail pekerjaan yang ditawarkan. Detail pekerjaan ini bisa mencakup posisi pekerjaan, tugas yang akan dijalankan, lokasi kantor, jam kerja, gaji per bulan, dan informasi yang berhubungan dengan pekerjaan lainnya.

Sehingga jika kamu tidak memperhatikan dengan baik setiap detail pada offering letter tersebut, tentu dapat merugikan dirimu sendiri. Misalnya, lokasi kantor ternyata berbeda dengan tempatmu tinggal. Sehingga, membuatmu kesulitan untuk pergi bekerja ke kantor, tetapi terlanjur menyetujui isi offering letter tersebut. Oleh karena itu, untuk mengatasi hal tersebut ada baiknya untuk kamu mempelajari isi dokumen tersebut dengan teliti.

2. Gaji

Gaji merupakan hal yang penting dalam perjanjian kerja, sehingga penting untuk memberikan perhatian yang lebih pada detail gaji. Hal ini penting untuk menghindari terjadinya konflik dengan pihak perusahaan karena tidak teliti pada detail gaji yang diberikan di offering letter.

Kamu bukan hanya perlu untuk melihat nominal gaji, tetapi juga kompenen dari gaji tersebut terdiri dari apa saja. Misalnya, terdiri dari gaji pokok, tunjangan utama dan lain-lain. Kamu juga bisa mempertimbangkan benefit lainnya yang ditawarkan oleh perusahaan, seperti asuransi kesehatan, BPJS Ketenagakerjaan, makan siang gratis, dan fasilitas lainnya.

Kamu juga perlu untuk menanyakan apakah gaji yang kamu dapatkan merupakan nominal gaji bersih atau masih terdapat potongan, yang tentunya dapat mengurangi nominal angka kesepakatan gajimu. Tidak salah juga jika kamu menanyakan potongan apa saja dan berapa persen yang akan dipotong dari gajimu.

3. Status kepegawaian

Hal detail delanjutnya yang penting untuk kamu teliti adalah status kepegawaianmu. Jangan sampai ketika kamu nanti mulai bekerja tidak mengetahui apa statusmu dalam perusahaan. Misalnya, kamu merupakan karyawan kontrak, maka harus dijelaskan berapa tahun masa kontrakmu ataupun jika kamu probation, berapa lama masa probation-mu sebelum akhirnya diangkat menjadi pegawai tetap.

Dengan status kepegawaian yang jelas, tentu akan lebih mudah bagi kamu mengetahui tunjangan dan fasilitas apa saja yang memang berhak untuk kamu dapatkan. Hal ini juga berguna untuk kamu melakukan perencanaan jika nantinya kontrak kerja atau probation-mu habis dan tidak ingin dilanjutkan.

4. Peraturan perusahaan

Dalam sebuah perusahaan, pasti ada aturan yang harus diikuti oleh pekerja. Sehingga, penting bagi karyawan untuk mengetahui peraturan yang berlaku dalam perusahaan. Kamu juga dapat melakukan cross check terkait peraturan tersebut, apakah terdapat peraturan yang ternyata tidak dapat kamu penuhi. Misalnya, ternyata kamu tidak diizinkan menikah selama masa tertentu atau perusahaan akan menahan ijazah kamu.

Jika terdapat peraturan yang tidak kamu mengerti, kamu juga bisa langsung mengkonsultasikannya dengan atasan atau HR perusahaan tersebut. Sehingga lebih mudah bagi kamu untuk mendapatkan solusi terkait peraturan tersebut, dan akan membuatmu semakin yakin untuk menerima pekerjaan tersebut.

Nah, itulah 4 detail yang harus kamu perhatikan ketika mendapatkan offering letter dari perusahaan. Menerima offering letter di tengah pencarian kerja memang merupakan hal yang membahagiakan. Namun, usahakan untuk tidak lengah dalam meneliti offering letter yang diberikan oleh perusahaan. Hal ini berguna agar kamu tidak mengalami kerugian untuk dirimu ke depan nantinya selama bekerja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *