Telatkah Umur 25 Tahun Baru Memulai Karier? Lakukan Cara ini

25 tahun

Memang apanya yang salah kalau kamu baru memulai karier di usia 25? Pernah dengar kan kalau setiap orang memiliki start dan timeline masing-masing, begitu juga dengan kamu. Padahal dalam kenyatannya, hidup tidak selalu berjalan seperti apa yang orang lain atau diri kita sendiri inginkan. Jika orang lain telah memiliki karier yang bagus di umur 25 tahun, bukan berarti kita buruk karena baru memulai karier di umur tersebut. Terus, gimana cara kamu percaya diri untuk memulai karier di umur 25 tahun? EKRUTES.ID berikan tipsnya untuk kamu.

Cara memulai karier di umur 25 Tahun

1. Mulai dengan rencanamu

Ketika kamu ingin melakukan suatu hal, penting bagi kamu untuk merencanakannya dengan matang. Begitu juga ketika kamu tengah mempersiapkan karier, penting bagi kamu untuk mempersiapkan apa saja yang ingin kamu lakukan.

Kamu dapat memulai untuk menjalankan rencana karier yang telah kamu buat. Meski mungkin kamu akan merasa takut untuk menjalani hal tersebut, tapi mungkin rencana tersebut dapat berjalan dengan baik.

Jadi, janganlah ragu untuk memulai hal yang telah kamu rencanakan atau impikan termasuk dalam hal karier. Karena jika kamu tidak mencobanya, maka akan sulit untuk kamu ketahui apakah hal tersebut dapat berhasil atau tidak.

2. Perluas koneksi

Di umurmu yang semakin dewasa, menjalin pertemanan menjadi hal yang seharusnya bisa menguntungkan bagimu. Kamu dapat berbagi dengan temanmu terkait mimpi atau bagaimana cara kamu untuk meraih karier impian.

Tak hanya itu, menjalin pertemanan dengan banyak orang juga membantu kamu dalam memperluas koneksi kerjamu. Teman-temanmu mungkin dapat membantu kamu dalam memberikan rekomendasi pekerjaan, menjadi tempat sharing, ataupun hal lainnya.

Kamu juga tidak perlu merasa segan untuk meminta bantuan, ketika kamu tengah merasa kesulitan dalam masalah pekerjaan. Karena jika kamu terlalu gengsi ketika meminta bantuan, hal tersebut tentu akan merugikan dirimu sendiri.

3. Yakinkan dirimu

Mungkin, kamu seringkali merasa goyah ketika melihat teman-temanmu yang telah lebih dulu berhasil membangun karier di umur 25 tahun. Padahal hal tersebut seharusnya menjadi penyemangat untukmu agar lebih baik lagi.

Yakinkan dalam dirimu, bahwa setiap orang memilik waktunya masing-masing untuk sukses termasuk kamu. Jangan mudah goyah dengan godaan untuk menyerah ketika kamu merasa sulit.

Berikan keyakinan kuat dalam dirimu bahwa kamu bisa mendapatkan hal tersebut. Jika kamu tengah merasa menyerah, ada baiknya untuk beristirahat sejenak agar kamu merasa lebih segar ketika ingin mulai berjuang kembali.

4. Mencari mentor

Dalam memulai karier, penting bagi kamu untuk mendapatkan motivasi atau masukan dari seseorang yang lebih berpengalaman di bidang tersebut.

Seorang mentor dapat kamu temui di berbagai tempat dan kapan saja. Sehingga, penting bagi kamu untuk menjalin hubungan yang baik dan relasi dengan orang banyak.

Jangan merasa sombong dengan dirimu karena merasa mampu untuk memulai karier sendiri. Meski kamu telah memiliki berbagai pengetahuan mengenai skill yang dibutuhkan, tetapi dengan merendahkan hati untuk selalu belajar dari orang yang lebih berpengalaman dapat memotivasimu.

Kamu juga dapat bertanya ketika merasa bingung atau kesulitan dalam bidang tersebut, sehingga kamu akan lebih mudah untuk mendapatkan insight baru tentang bidang karier yang ingin kamu jalankan.

5. Pikirkan saran dan kritikan yang kamu dapatkan

Ketika kamu mendapatkan kritik atau saran, pikirkan kembali apakah masukan tersebut dapat membantu kamu atau tidak. Hal ini karena kamu lah yang paling berhak dalam memutuskan hal yang ingin kamu ambil.

Mendapatkan masukan pendapat memang baik untuk dirimu, tetapi jangan sampai pendapat tersebut mengubah pandanganmu secara signifikan. Kamu hanya perlu mempertimbangkan pendapat apa saja yang harus kamu ambil untuk kariermu ke depan.

Itulah cara yang bisa kamu lakukan di umur 25 tahun ketika baru memulai karier. Jangan malu karena kamu merasa telat dalam memulai karier. Percayalah bahwa setiap orang memiliki jalan dan waktunya tersendiri.

Jika kamu ingin mencari lowongan pekerjaan yang sesuai dengan bidang karier impian kamu, download aplikasi EKRUTES.ID dan dapatkan berbagai lowongan pekerjaan terbaru dari berbagai perusahaan ternama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *